B Corp Community Dorong Swasta Lakukan Perubahan Sosial dan Lingkungan

Marketing, Jakarta – B Corp Community di Indonesia yang beranggotakan perusahaan dan organisasi, seperti Danone-AQUA, Prasetya Mulya, Innate Motion, dan SIAP, pada hari ini kembali menyelenggarakan “B Corp Forum 2019 – Dare to Care: Using Business as a Force for Good”. Acara ini digelar menyusul kesuksesan penyelenggaraan tahun 2018 lalu. Forum tahunan ini mengundang lebih dari 200 peserta yang berasal dari berbagai entitas, seperti badan pemerintahan, startups, perusahaan swasta, mahasiswa, dan pelaku usaha sosial.

Forum ini bukan sekadar untuk meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis berkelanjutan demi menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi konsumen dan masyarakat. Secara spesifik, B Corp Forum juga ingin memperkenalkan B Corporation sebagai sertifikasi global yang dapat menonjolkan organisasi/perusahaan yang memiliki standar tinggi dalam menjalankan usahanya, seperti melakukan kinerja sosial dan lingkungan yang terverifikasi, menerapkan transparansi publik, serta memiliki akuntabilitas yang baik dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial.

Dipimpin oleh B Lab, organisasi nirlaba global yang berasal dari Amerika Serikat, sertifikasi B Corp mengajak para pelaku bisnis untuk turut menawarkan solusi bagi tantangan sosial dan lingkungan yang saat ini dihadapi dunia.

Sampai saat ini, sudah lebih dari 3.000 perusahaan yang berhasil mendapatkan sertifikasi dari B Corporations. Perusahaan-perusahaan ini tersebar di lebih dari 70 negara dan bergerak di 150 bidang industri yang berbeda. Di Indonesia, saat ini ada empat perusahaan yang tersertifikasi B Corp, yaitu Danone-AQUA, Beachgold, Mycotech, Innate Motion, dan Indosole.

Pricilla Henriette dari B Corp Community Indonesia mengatakan, sangat penting, baik individu maupun perusahaan, untuk semakin peduli akan dampak yang kita berikan terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar, terutama dengan semakin mendesaknya isu perubahan iklim dan masalah sampah.

B Corp Community beri sertifikasi sektor swasta yang peduli lingkungan dan tantangan sosial

Selain itu katanya perlu diperhatikan perubahan perilaku konsumen seperti yang ditunjukkan Global Consumer Confidence Survey yang dilakukan oleh The Conference Board dan Nielsen pada tahun 2017.

Survei tersebut mengungkapkan, sebanyak 81% responden menyatakan dengan tegas perusahaan harus turut serta dalam usaha menjawab masalah-masalah sosial dan lingkungan.

“Sebagai bagian dari B Corp Community, kami telah sejak lama menyadari pentingnya menjalankan praktik bisnis yang seimbang, yaitu tak hanya berfokus menghasilkan keuntungan semata, malainkan juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan sosial. Melalui forum tahunan ini, kami ingin mengajak organisasi-organisasi lain untuk turut serta menjalankan praktik-praktik yang baik dan berkelanjutan, salah satunya adalah dengan ikut bergabung dalam komunitas B Corp Community Indonesia,” papar Pricilla.

Forum ini untuk memperkenalkan B Corp Certification sebagai standar dan salah satu metode kredibel untuk mengukur kinerja suatu perusahaan bagi para pekerjanya, komunitas sekitar, lingkungan, dan konsumen. Di Indonesia, inisiatif seperti ini juga dapat diterapkan oleh perusahaan-perusahaan untuk membantu pemerintah mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs).

Selain diskusi panel, acara ini juga mengajak peserta untuk mengikuti sesi breakout di mana mereka dapat berkumpul dengan para ahli dari berbagai organisasi dan bersama membicarakan topik-topik menarik, seperti bagaimana menjadi perusahaan bersertifikasi B Corp, cara mengukur dampak dari perilaku bisnis, menentukan tujuan dalam berbisnis, dan belajar menerapkan storytelling dalam berbisnis.

Amalia Adininggar Widyasanti, Staf Ahli Menteri Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan BAPPENAS yang mewakili Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPENAS) mengatakan, kontribusi sektor privat sangat krusial dalam mendukung pencapaian Target Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Mustahil bagi pemerintah untuk bekerja sendirian dalam mewujudkan prioritas-prioritas pembangunan Indonesia. Kolaborasi dengan sektor swasta dan para pemangku kepentingan lainnya dalam pencapaian dua target nasional tersebut dapat menjadi fondasi yang sangat baik untuk mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi negara maju di 2045,” jelas Amalia.

Corine Tap, Chair of EuroCham Indonesia sangat mendukung inisiatif B Corp Community. Dia  mengajak perusahaan-perusahaan Eropa yang beroperasi di Indonesia untuk mengambil sertifikasi B Corp.

“Kami menegaskan bahwa salah satu misi kami di Indonesia adalah untuk mendukung pemerintah memenuhi target pembangunannya dan menghasilkan fondasi perekonomian yang kuat untuk menyokong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kami percaya bahwa salah satu caranya adalah dengan menerapkan praktik-praktik bisnis yang berkelanjutan,” kata Corine.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.