Bagaimana Brand Dapat Memanfaatkan Percakapan di Twitter dengan Maksimal?

0
496

Twitter #WhatsHappenning: Bagaimana Brand dapat Memanfaatkan Percakapan di Twitter#WhatsHappenning: Bagaimana brand dapat memanfaatkan percakapan di Twitter dengan maksimal?

Marketing.co.id – Berita Digital | Twitter adalah apa yang sedang terjadi dan apa yang orang-orang bicarakan saat ini. Twitter adalah tempat di mana percakapan publik menjadi hidup, berkembang, saling terhubung dan membentuk budaya. Twitter menghubungkan komunitas, mempercepat penyebaran informasi, dan memicu kreativitas. Sumber kekuatan Twitter ada pada pengguna aktif yang menggunakan layanan ini untuk mencari informasi dan melakukan percakapan.

Popularitas komunitas di Twitter memengaruhi percakapan di kawasan Asia Tenggara

Kemunculan Komunitas di Twitter merupakan cara bagi orang-orang dengan minat yang sama untuk terhubung, berbagi, dan lebih dekat dengan percakapan yang penting bagi mereka. Pada tahun 2021; Twitter melihat berbagai komunitas berkumpul untuk memberikan dampak melalui berbagai aktivitas, seperti mengkoordinasikan tanggap bencana dan mengupayakan bantuan, atau pencinta sastra yang bersatu untuk menulis buku berdasarkan Utas di Twitter.

Penyelenggaraan MotoGP 2022 di Indonesia untuk pertama kali setelah 25 tahun menuai banyak dukungan dari semua orang. Di Twitter, masyarakat Indonesia mengekspresikan antusiasme mereka terhadap #IndonesianGP yang juga terkompilasi melalui  event page Twitter. Selain olahraga; para penggemar film Indonesia juga secara rutin berbagi informasi, menyampaikan analisa, serta bertukar pendapat mengenai film terkini dan yang akan datang.

Tidak ketinggalan, hal-hal terkait teknologi selalu menjadi topik yang ramai dibicarakan di Twitter dan memberikan tempat bagi para pencinta gadget  untuk saling berbagi hal baru serta insight. Hal ini menggarisbawahi bahwa komunitas yang aktif adalah sumber kekuatan Twitter di kawasan Asia Tenggara. Dengan Topik, orang akan memiliki akses lebih untuk menemukan percakapan dan komunitas sesuai dengan minat mereka tiap saat. Ada lebih dari 12.000+ Topik secara global yang tersedia dalam 11 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Lebih dari 280 karakter

Twitter memperkenalkan Spaces pada tahun 2020, sebuah percakapan berbasis audio yang dapat dilakukan secara live di layanan ini. Dari menge-Tweet hingga berbicara, Spaces membuka potensi Twitter dalam melayani percakapan menjadi lebih kuat dan autentik – dengan kedalaman dan kekuatan yang hanya bisa didapat dari suara manusia. Baik mengangkat pemikiran-pemikiran menarik, menghubungkan orang dengan momen-momen budaya, atau menyampaikan berita secara real-time; Spaces hadir untuk setiap topik dan percakapan. Saat ini Twitter juga memberikan dukungan kepada kreator konten melalui Ticketed Spaces, di mana mereka dapat memperoleh pendapatan dari hasil penjualan tiket Spaces yang dibeli dari Twitter untuk hadir di sesi Spaces.

Audiens Twitter yang terus bertambah dengan karakteristik beragam merupakan hal penting bagi para brand. Twitter mengakuisisi Revue di tahun 2021, untuk menghubungkan para penulis di Twitter dengan jajaran penerbit besar dengan cara baru, yaitu dengan mendistribusikan karya mereka melalui buletin editorial. Di sinilah para penulis, pakar, dan kurator – mulai dari kreator individual, jurnalis, hingga penerbit itu sendiri – membagikan karya mereka, memicu percakapan yang bermakna dan membangun pengikut yang setia.

Solusi dan inovasi marketing 

Orang menggunakan Twitter untuk memulai, membaca, dan bergabung dalam percakapan tentang apa yang sedang terjadi, termasuk percakapan tentang brand. Apa yang mereka tonton, beli, dan konsumsi adalah bagian dari diskusi yang terjadi di Twitter, sehingga brand memiliki peluang untuk terhubung dengan audiens yang unik dan aktif dalam percakapan.

Sejatinya, percakapan sebaiknya memberikan hasil. Word-of-mouth adalah hal yang penting, namun sekarang pemasar memiliki kesempatan untuk memahami bagaimana sebuah iklan dapat memengaruhi  percakapan dan berdampak pada bisnis. Percakapan dapat membuat upaya belanja iklan menjadi lebih efektif dan dapat langsung didukung oleh investasi media berbayar. Solusi periklanan Twitter meliputi Twitter Amplify, Twitter Takeover, Twitter Live, Branded Notifications, Branded Hastags, Mobile App Promotion, dan Multi-Destination Carousels (Carausel Ads).

Keamanan brand

Keamanan brand tidak hanya terkait dengan melindungi brand, tapi juga orang-orang di belakangnya. Dalam hal ini, Twitter fokus pada 3 hal utama, yaitu Kebijakan yang memimpin, Produk-produk yang melindungi, dan kemitraan yang mendorong perubahan industri.

Tujuan Twitter adalah melayani percakapan publik; disertai dengan komitmen untuk menghadirkan lingkungan yang aman bagi semua orang yang menggunakannya – termasuk brand dan pelanggan – saat berpartisipasi dalam percakapan dengan aman, bebas, dan percaya diri. Twitter akan terus berinvestasi pada upaya dan sumber daya yang diperlukan di tengah kerja keras untuk menciptakan lingkungan yang aman untuk orang-orang dan brand yang menggunakan layanan tersebut.

Beberapa fitur Twitter yang akan datang

Bagi bisnis di Twitter, menanggapi pelanggan dapat membantu memanusiakan brand mereka dan memastikan bahwa pendapat konsumen selalu didengar dan berharga. Twitter masih mengerjakan beberapa produk untuk memastikan brand dan pelanggan dapat merasakan pengalaman terbaik di Twitter.

Salah satunya adalah Twitter Shops yang saat ini masih dalam tahap uji coba di Amerika Serikat. Melalui fitur ini, brand dapat memilih dan menentukan hingga 50 produk untuk ditampilkan kepada pembelanja di Twitter. Fitur ini tidak dipungut biaya dan memberikan orang pilihan untuk melihat berbagai produk dari profil brand favorit mereka. Twitter Shops merupakan bagian dari usaha besar Twitter untuk mendukung para profesional, kreator, UMKM, dan untuk brand besar yang menggunakan layanan ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.