Bantu UKM Bertahan, Figur Publik Indonesia Memberikan Jasa Promosi Gratis di Instagram

kalimat promosiMarketingco.id – Di tengah penerapan himbauan pemerintah dan WHO untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) dan gerakan di rumah aja, Instagram memahami bahwa banyak UKM di Indonesia dan bahkan seluruh dunia yang menghadapi masa-masa sulit untuk mempertahankan kelangsungan bisnisnya.

Sebagai salah satu sektor industri yang terkena dampak langsung dari pandemi ini, para pelaku bisnis UKM berupaya melakukan penyesuaian terhadap strategi pemasaran kreatif mereka dan memanfaatkan kesempatan yang ada di platform digital.

Terlepas dari masa krisis yang terjadi saat ini, Instagram melihat adanya kepedulian tinggi di antara masyarakat Indonesia yang saling membantu mempertahankan kelangsungan bisnis para pelaku UKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Banyak dari para pelaku UKM yang bahkan menunjukkan dukungan mereka bagi bisnis UKM lainnya dengan berbagi tips tentang kiat bertahan di tengah pandemi. Selain itu, para figur publik Indonesia juga mulai menginisiasi program promosi gratis di akun Instagram mereka guna membantu UKM lokal bertahan dan membuat direktori bisnis UKM yang dapat memudahkan para pengguna Instagram mencari inspirasi dalam membeli makanan maupun produk lainnya selama di rumah aja.

Berikut ini daftar para konten kreator dan figur publik yang menggunakan akun Instagram mereka untuk turut membantu UKM lokal Indonesia melalui jasa promosi gratis.

  • Konten kreator seperti Hans Danial (@eatandtreats), Julia & Marius (@anakjajan), Alexander Thian (@amrazing), dan Ario Pratomo (@sheggario) mendedikasikan sebuah postingan Feed bagi para UKM yang bergerak di industri F&B untuk mempromosikan bisnis mereka pada kolom komen. Postingan tersebut diharapkan dapat menjadi direktori bagi para pengguna yang ingin mencari inspirasi layanan pemesanan antar makanan ke rumah.
  •  Tyna Kanna Mirdad (@tynakannamirdad) dan Nana Mirdad juga memberikan kesempatan bagi UKM lokal yang bergerak di industri F&B untuk mention dia di Stories. Selama 2 minggu, setiap harinya Tyna akan memilih 5 UKM lokal untuk di-repost pada Stories-nya. Selain itu, Tyna juga mendedikasikan satu buah postingan Feed sebagai tempat bagi para UKM lokal dari berbagai industri untuk mempromosikan bisnis mereka masing-masing melalui kolom komentar.
  • Ashanty (@ashanty.ash), Aurelie Hermansyah (@aurelie.hermansyah), Feby Febiola (@febyfebiola_), Vebby Palwinta (vebbypalwinta) menyampaikan bentuk dukungan mereka kepada para UKM lokal dengan memberikan jasa endorsement gratis.
  • Ayu Dewi memanfaatkan #DiRumahAjaKeren dan membuat sebuah akun baru @dirumahajakeren yang berisi kumpulan endorsement gratis bagi para UKM. UKM yang ingin di-endorse oleh akun ini hanya perlu mention dan menggunakan hashtag tersebut.
  • Ernest Prakasa (@ernestprakasa) menginisiasi gerakan #MakanApaHariIni dimana ia mengajak para pemilik bisnis F&B yang berada di Jakarta untuk mengirimkan informasi seputar bisnis mereka. Ernest akan memilih 3 bisnis yang akan dipromosikan secara gratis melalui postingan Feed-nya. Gerakan ini merupakan salah satu upaya Ernest membantu kelangsungan bisnis F&B dan penghasilan para ojek online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.