Beginilah Cara Anda Buang-buang Waktu di Kantor!

0
1549

Datang ke kantor tentu tujuannya untuk bekerja. Namun kenyataannya tidaklah selalu demikian. Sebuah survei yang dilakukan oleh Time Doctor menemukan ada sedikitnya empat hal yang sesungguhnya adalah aktivitas buang-buang waktu saja di kantor.

Memang sesekali ‘lepas’ dari pekerjaan mungkin tak menjadi soal. Namun ketika Anda buang-buang waktu di tempat kerja, maka sesungguhnya Anda juga membuang-buang anggaran, menghambat kemajuan serta membahayakan efektifitas dan efisiensi kerja.

Apa saja 4 hal itu?

1. Ngobrol mulu dengan teman kerja. Udah datangnya telat, nyampe kantor langsung ngoceh hal-hal yang nggak ada kaitannya dengan kerjaan. Mana makan waktu lama pula. Terus kerjanya kapan? Giliran ditanya target terpenuhi belum, jawabannya belum karena kurang waktu.

buang waktu 01

2. Menelusuri internet untuk hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Ngaku aja, semua pasti pernah. Masalahnya kemudian adalah seberapa besar porsi waktu yang Anda gunakan untuk hal itu?

buang waktu 02

Terus, kalo pada online gitu biasanya ngapain aja? Sebagian besar menggunakannya untuk aktifitas media sosial, online game, email pribadi, portal, instant messaging dan video/film. Juga searching, online shopping, bahkan pornografi. Wow, nggak nyangka!

buang waktu 03

3. Meeting-meeting tak berguna. Ini agak subyektif sebenarnya, tergantung bagaimana daya tangkap karyawan terhadap substansi meeting.

buang waktu 04

Bagaimana bisa meeting sejam dua jam tetep nggak nyambung dengan apa yang dibicarakan? Mungkin karena Anda ikut meeting tapi sambil diam-diam ngerjain pekerjaan lain, atau memperhatikan namun nggak nangkep apa yang dipresentasikan orang lain, atau lebih parah lagi Anda terkantuk-kantuk di ruang meeting. Pernah kan?

buang waktu 05

4. Main gadget mulu. Nggak ngurusin kerjaan. Entah chatting dengan temen di luar sana, whatsapp-an dengan tetangga yang di rumah atau BBM-an dengan selingkuhan. Parah! Pokoknya ngomongin hal-hal yang nggak ada kaitannya dengan pekerjaan dan menyita banyak waktu di  jam kerja melalui smartphone-nya. Sekali lagi, parah!

Nah, seperti diungkapkan sebelumnya bahwa kalau cuma sesekali lepas dari pekerjaan tentu tak mengapa. Hal itu akan menjadi masalah ketika menjadi dominan, memakan sebagian besar waktu Anda di kantor. Selain merugikan teman kerja Anda yang jadi terganggu, juga merugikan perusahaan yang sudah membayar Anda namun ternyata Anda tidak perform.

Ingat, Anda dibayar untuk bekerja. Jika memang 4 hal tersebut sudah jadi kebiasaan mendarah-daging Anda yang tak bisa ditinggalkan, yang notabene cuma buang-buang waktu kerja, ya sudah tinggal di rumah saja.

(Sumber: Time Doctor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.