Belanja Lewat Perangkat Mobile terus Meningkat

mobilecommerceMelalui penelitian terbarunya, MasterCard’s Mobile Shopping Survey, MasterCard menemukan bahwa hampir setengah dari konsumen di Asia Pasifik (45.6%) telah berbelanja melalui smartphone.

Survei yang dilakukan selama tiga bulan ini mengungkapkan bahwa kenyamanan merupakan faktor utama yang mendorong konsumen untuk membeli berbagai kebutuhan mereka melalui smartphone.

Selain digunakan untuk berbelanja, konsumen juga menggunakan smartphone untuk membandingkan harga di toko konvensional dan di toko online. Hampir dari setengah responden (44.5%) telah melakukan perbandingan harga sebelum berbelanja.

Dengan proporsi yang hampir sama, sebanyak 44.2% responden juga menyatakan bahwa mereka terlebih dahulu melakukan riset secara online sebelum membeli barang secara langsung di toko.

Hasil penelitian tersebut didapat berdasarkan serangkaian interview yang dilaksanakan di 14 negara antara bulan Oktober-Desember 2014, di mana setidaknya 500 orang yang berusia antara 18-64 tahun di ke-14 negara tersebut telah mengikuti interview.

Raj Dhamodharan, Group Head, Emerging Payments, MasterCard Asia Pacific, mengatakan, meningkatnya kepemilikan smartphone memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku orang-orang di Asia Pasifik dalam berbelanja dan menggunakan uang.

Namun, seiring dengan berkembangnya metode pembayaran yang semakin beragam serta semakin banyaknya informasi yang disimpan pada berbagai perangkat telepon, keamanan data merupakan suatu hal yang peting bagi konsumen.

Dalam hal ini, MasterCard senantiasa melakukan inovasi dan meningkatkan keamanan di bidang EMV (Europay, MasterCard, and Visa), end-to-end encryption, tokenization dan otentikasi.

“Solusi pembayaran digital kami, MasterPass, adalah cara pembayaran terbaik melalui smartphone karena MasterPass memberikan keamanan kepada konsumen.  Sementara itu, para penjual dan portal belanja online juga harus memastikan cara-cara yang mudah dan sederhana untuk melakukan pencarian item belanja dan pembayaran karena kenyamanan merupakan faktor terpenting bagi konsumen untuk berbelanja melalui smartphone mereka atau di toko,” katanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.