Ben Casnocha, Mulai Berbisnis di Usia 14 Tahun

0
995

www.marketing.co.id – Usia bukanlah halangan untuk memulai bisnis. Berdirinya Comcate, Inc telah menjadi bukti nyata. Ben Casnocha mulai mendirikan perusahaan pertamanya saat berusia 12 tahun dan mendapat penghargaan “Entrepreneur of The Year” saat usianya 17 tahun.

 Semua ini dimulai ketika gurunya, dari kelas enam di sekolah-wilayah San Francisco, mengusulkan gagasan untuk menciptakan sebuah situs Web yang didedikasikan untuk menyelesaikan keluhan masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Mengetahui hal itu, Casnocha segera mencoba menulis kode HTML yang diperlukan untuk membuat web tersebut dan  ComplainandResolve.com pun akhirnya berhasil dibuat.

 Mencoba membuat proyeknya menjadi profitable, Casnocha akhirnya membentuk Comcate, Inc. Sejak saat itu, lusinan klien dari kota-kota kecil dan menengah mulai sering menelepon dan memberikan pendapatan tahunan sekitar US$ 750.000 untuk perusahaannya.

 Comcate merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak yang fokus pada peningkatan operasi untuk lembaga-lembaga publik dalam menyelesaikan masalah di instansi pemerintah. Sejauh ini, lebih dari 50 instansi pemerintah kecil dan menengah di seluruh negeri telah menyewa perusahaan tersebut dan menginstal perangkat lunak berbasis web guna meningkatkan layanan pelanggan dan efisiensi kantor.

 Casnocha mengatakan Comcate kini terfokus pada satu hal, yaitu pertumbuhan. Ia berencana untuk memiliki lebih dari 300 lembaga dan memprediksi pendapatan akan tumbuh dari hampir US$ 1 juta menjadi US$ 6 juta.

 Sekarang Comcate telah menjadi salah satu pemimpin dalam bidang perangkat lunak dan dukungan IT bagi lembaga pemerintah di seluruh Amerika Serikat. Kini Casnocha berusia 24 tahun dan memiliki 14 orang yang bekerja di bawahnya untuk memastikan bahwa ComCate beroperasi dengan lancar.

 Ben Casnocha bekerja sebagai pengusaha dan penulis. Ia adalah mitra dan advisor di WasabiVentures, juga seorang mentor di TechStars, LLC. Salah satu buku karanganya adalah  My Start-Up Life: What a (Very) Young CEO Learned on His Journey Through Silicon Valle yang menceritakan perjalanan bisnisnya dari awal.

 Casnocha juga rutin menulis blog-nya yang disebut San Jose Business Journa sebagai salah satu dari 25 Top Blogs di Silicon Valley. Ia juga menulis komentar untuk Marketplace NP dan telah memberikan pidato di puluhan universitas dan organisasi di seluruh dunia.

 Perjalanan hidup dan karier Ben Casnocha menarik perhatian CNN, CNBC, ABC, dan The Economist. Ia dianggap sebagai tokoh paling berpengaruh di dunia internet dan politik. Bahkan, majalah BusinessWeek menyebutnya, “One of America’s Top Young Entrepreneurs”.

 Casnocha semakin dilirik karena keahliannya berbicara di depan publik. Ia telah berkeliling ke 25 negara untuk berbagi pengalaman. Ia juga kerap menjadi komentator acara radio ”Marketplace” dan menjadi kontributor penulis majalah Newsweek.

 Demikianlah Ben Casnocha menjadi satu dari sederetan nama entrepreneur yang telah mengukir prestasi di usia yang begitu muda. (Karin Annisa Amalia)

( Sumber : www.entrepreneurs-journey.com dan www. yourhiddenpotential.co.uk )

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.