Formula Bisnis dengan Keuntungan Tinggi

0
732

www.marketing.co.idTerkadang, tempat terbaik untuk mengembangkan bisnis yang sukses dan menguntungkan adalah ketika Anda telah benar-benar menjalankan sebuah bisnis. Pelajaran itu dapat diambil secara langsung dari pasar dan pelanggan yang memberikan panduan singkat tentang hal-hal yang membuat bisnis Anda sukses dan tidaknya.

Bisnis ini pernah dicontohkan oleh Julian Metcalfe dan Sinclair Beecham dalam mendirikan toko sandwich yang sukses, Pret A Manger, 20 tahun lalu. Toko ini meraih keuntungan besar dan mendapat penghargaan sebagai “reinventing the sandwich” dan sangat familiar di Inggris, New York, serta Hongkong.

Tahukah Anda sebenarnya bisnis mereka tidak dimulai dari sebagai toko sandwich. Awalnya mereka berupa toko minuman keras di Fulham, London, yang bernama “Hair of the Dog”. Namun segera menyadari bahwa mereka tidak akan mendapatkan kesuksesan dengan bisnis ini. Memang diakui oleh mereka penghasilan dari bisnis ini besar, tapi margin keuntungannya kecil.

Dengan mendengarkan masukan dari klien serta keberanian dan kesiapan untuk mengubah penawaran pelanggan secara drastis dan akhirnya mereka meraih kesuksesan.

Pelajaran ini mereka dapatkan secara langsung saat mereka aktif menjalankan bisnis di pasar. Karena kita tidak bisa menggeneralisasi semua pasar. Maka cara terbaik untuk mempelajari formula bisnis yang memiliki keuntungan tinggi adalah dengan belajar sambil mengerjakan.

Berikut formula bisnis dengan keuntungan tinggi yang di kutip dari buku 100 ide bisnis terhebat

  1. Ketika memulai bisnis baru, jangan berharap untuk mendapatkan sebuah formula sempurna secara instan. Tak peduli sebanyak apa pun pesiapan teoritis yang telah dilakukan sebelumnya, akan selalu ada pelajaran yang hanya dapat dipelajari di lantai toko.
  2. Jangan berkecil hati jika menemukan masalah. Jangan melihatnya sebagai rintangan atau kegagalan, tapi lihatlah sebagai peluang yang sangat berharga untuk belajar. Buatlah analisis kenapa masalah itu muncul, signifikansihnya, dan pengaruh yang ditimbulkannya.
  3. Bersiaplah untuk membuat perubahaan drastis pada bisnis Anda. Meskipun akan sangat menggoda untuk mempertahankan formula tertentu, formula itu bisa saja diubah atau dalam kasus-kasus yang ekstrem atau dihilangkan agar Anda dapat memiliki alternatif yang menguntungkan.
  4. Gabungkan pembelajaran teoritis dengan pengalaman langsung. Kedua konsep tersebut tidak harus saling berpisah.

Semoga kiat-kiat tersebut bisa menambah wawasan Anda untuk terus maju dan berkembang. (HN)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.