Berbagi Kiat Membangun Kedekatan Dengan Konsumen di #SeringSharing ke-2

0
1669
#SeringSharing
Narasumber pada #SeringSharing kedua. (Foto: Growinc)

Growinc Group menggelar acara #SeringSharing pada 26 Agustus lalu di Conclave Auditorium, Jakarta Selatan. Acara ini merupakan sebuah wadah berbagi dan membangun networking bagi para pelaku bisnis serta pakar di bidang komunikasi.

Diikuti oleh lebih dari 150 audiens dari kalangan praktisi komunikasi, akademisi dan startup, acara #Seringsharing kali ini mengangkat tajuk “Get Intimate With Your Consumers. Topik yang diangkat mengajak audiens untuk dapat memahami apa yang diinginkan oleh konsumen melalui data.

#SeringSharing
Narasumber pada #SeringSharing kedua. (Foto: Growinc)

“#Seringsharing merupakan salah satu wujud komitmen dari nilai perusahaan, yang salah satunya adalah berkontribusi nyata kepada komunitas dan lingkungan sekitar, termasuk praktisi dan masyarakat umum yang meminati dunia pemasaran,” papar Ridhi Mahendra, CEO Growinc Group Indonesia, sebagaimana dalam rilis pers-nya.

Empat pembicara dihadirkan pada sesi #SeringSharing kali ini. Mereka adalah Krismeidi Soemawilaga, Janoe Arianto, Andres Christian dan Janna Soekasah.

Krismeidi dari ASEAN Secretariat yang membidangi pariwisata negara-negara di kawasan Asia Tenggara menjelaskan mengenai strategi dan tantangan yang dihadapi dalam industri pariwisata oleh negara-negara anggota ASEAN.

Berbicara di antara ratusan audiens yang hadir, Krismeidi menyampaikan berbagai pengaruh yang menjadi peluang di industri pariwisata di kawasan Asia Tenggara saat ini. Krismeidi menjelaskan salah satu faktor utama yang berpengaruh bagi industri pariwisata di kawasan ASEAN saat ini adalah frekuwensi penerbangan lintas negara.

“Faktor pertama adalah frekuensi penerbangan yang meningkat sehingga akan berpengaruh pada opportunity travel (kesempatan bepergian). Makanya sekarang wisatawan yang mungkin tidak banyak waktu mau ke Singapura pagi hari, bisa langsung pulang sore hari pada hari yang sama,” ujar Krismeidi.

Selain itu, #Seringsharing juga menghadirkan praktisi periklanan, Janoe Arijanto. Janoe menerangkan mengenai bagaimana sebuah strategi komunikasi dapat berjalan dengan bantuan sebuah data. Dalam menentukan strategi komunikasi, menurut Janoe, data menjadi amunisi yang tak boleh dilupakan. Dengan data, pemasar bisa melancarkan komunikasi yang disesuaikan dengan audiens.  Ketika data telah ada di tangan, sayangnya masih saja ada kesulitan yang dialami pemasar.

“Pemasar sering kali kesulitan merangkum data dan mengubahnya menjadi konten yang emosional dan berorientasi pada manusia. Selain itu, pemasar kerap berhadapan banyak data tapi sering gagal begaimana berhubungan dengan publik,” kata Janoe Arijanto.

#SeringSharing
Audiens menyimak paparan para narasumber. (Foto: Growinc)

Pembicara selanjutnya adalah Andres Christian, Head of Research dari NonFiction. Andres menjelaskan bagaimana pentingnya data dalam membantu sebuah organisasi maupun perusahaan dalam mengambil keputusan.

“Saat ini, data menjadi hal yang semakin penting dalam menentukan sebuah keputusan. Mengubah data menjadi sesuatu yang dapat bercerita merupakan tantangan tersendiri. Selain itu, karena terkait dengan pengambilan keputusan, validitas dalam mengolah sebuah data adalah hal yang cukup esensial,” ungkap Andres.

Sementara itu, pembicara terakhir adalah Janna Soekasah yang berbagi pengalamannya pada saat memproduseri film “I am HOPE” dan membangun gerakan gelang harapan. Janna juga menekankan bahwa dalam melakukan sebuah gerakan hingga membangun cerita dalam sebuah film, data memiliki pengaruh penting, salah satunya agar pesan yang ada di dalam cerita dapat lebih tepat sasaran ke target audiens.

#SeringSharing merupakan forum rutin yang mewadahi para pelaku yang terlibat di industri komunikasi, periklanan, dan pemasaran. #SeringSharing yang kedua ini diinisiasi oleh Growinc Group Indonesia sebagai full service advertising agency lokal dan didukung oleh Conclave Co-Working Space. (maz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.