Berdayakan UKM Lewat Digital Creative Entrepreneurs 2021

Marketing.co.id – Berita Digital & Techno | Transformasi digital sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) selalu menjadi fokus perhatian Telkomsel. Salah satu upaya untuk mewujudkannya melalui kegiatan Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2021, yang merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel. Dimulainya program ini  ditandai dengan webinar Digital Mindset for Digital Acceleration yang diisi oleh para expert, (2/11).

Selain webinar, DCE 2021 juga diisi oleh lokakarya (workshop) dan pendampingan (mentoring). Dengan berbagai kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UKM lokal. Selain itu, para entrepreneurs dan brand owners akan memiliki daya saing baik di tingkat nasional maupun global.

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry Priyo Santoso mengatakan, Digital DCE 2021 merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk memaksimalkan pemberdayaan UKM melalui peningkatan kapasitas SDM agar menjadi smart digitalpreneur yang cakap dan terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi yang ada saat ini untuk mengoptimalkan pemasaran, brand value, hingga produk inovatif yang mampu meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Baca juga: Branding, Rahasia Sukses UMKM Memenangkan Persaingan

“Inisiatif ini juga bagian dari upaya kami dalam #UnlockingOpportunities dan mendukung upaya yang gencar didorong pemerintah agar sektor UKM dapat melewati berbagai tantangan sehingga tetap dapat menjadi penggerak roda perekonomian bangsa di berbagai kondisi melalui pemanfaatan teknologi terkini,” tutur Andry.

Pada tahun sebelumnya, Telkomsel pernah menggelar program sejenis melalui Digital Creative Millenials yang khusus menyasar segmen usaha kecil khusus busana oleh milenial melalui program solusi satu pintu berskema kemitraan dengan komunitas supplier dan marketer lokal di Jawa Barat.

Pada DCE 2021, Telkomsel melakukan pendekatan berbeda dengan membuka peluang seluas-luasnya bagi para entrepreneur dan brand owners lokal, dimana program DCE 2021 yang digelar kali ini terbuka bagi para pelaku UKM di bidang kuliner, fashion, dan kerajinan tangan.

GM Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry Priyo Santoso
GM Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry Priyo Santoso

Dalam program DCE 2021 terdapat beberapa tahap penyeleksian yang akan memilih 150 UKM untuk dapat mengikuti rangkaian program. Para peserta UKM terpilih nantinya akan menjalani masa orientasi dan mentoring selama tiga minggu yang akan didukung oleh sejumlah expert yang berada di ekosistem digital Telkomsel.

Selain itu, para UKM terpilih akan mendapatkan akses ke ratusan modul pembelajaran yang dapat diakses melalui website www.dce.co.id,  mulai dari brand & design, storytelling, business & campaign, legal & IP rights, digital & social media, market research, quality control, hingga leadership & growth. Selanjutnya, peserta akan kembali disaring hanya menjadi 15 peserta UKM untuk dapat mengikuti sesi workshop, orientasi, dan mentoring selama satu minggu.

Baca juga: Starchain Targetkan 4 Juta UMKM dan 13 Ribu Mentor dan Trainer hingga 2026

Di akhir program, sebagai lanjutan upaya buka semua peluang, Telkomsel menghadirkan program festival virtual UKM dengan memberikan kesempatan kepada 150 peserta DCE 2021 untuk menjangkau pangsa pasar lebih luas.

“Digital Creative Entrepreneurs 2021 diharapkan dapat menjadi peluang besar bagi para pelaku UKM dalam beradaptasi sekaligus mengimplementasikan berbagai perkembangan teknologi terkini yang dapat mendukung kemajuan usaha ke level lebih tinggi. Kami juga meyakini bahwa program ini mampu menghadirkan perubahan signifikan yang berdampak bagi sektor UKM agar dapat bersaing hingga level global,” tutup Andry.

Pendaftaran dan rangkaian program Digital Creative Entrepreneurs 2021 dapat di akses melalui website www.dce.co.id, dan ikuti perjalanan DCE 2021 di social media @DCE_ID.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.