Beri Garansi Tiga Tahun Free

www.marketing.co.id – AOC, produsen monitor dan TV terkemuka di dunia asal Taiwan, memberikan layanan garansi penuh selama tiga tahun untuk produknya. Lantas, adakah strategi layanan lainnya?

Layanan purnajual yang terjamin menjadi bahan pertimbangan masyarakat dalam memilih sebuah produk. Untuk itu, pada setiap kegiatan promosi produk, konsumen selalu disodorkan banyaknya tawaran menarik dalam hal layanan purnajual. Tujuannya, untuk merangsang keinginan konsumen dalam membeli produk tersebut.

Layanan purnajual pun merambah atau diterapkan di banyak industri, termasuk elektronik. Dalam bidang ini ada beragam model layanan purnajual yang ditawarkan, mulai dari garansi hingga penggantian spare part bila terjadi kerusakan. Pada produk-produk elektronik, pemberian layanan purnajual juga sudah mencakup banyak jenis. Di antaranya pada kategori monitor.

Beberapa waktu lalu, salah satu produsen monitor, AOC, baru saja meluncurkan sebuah tipe monitor terbaru, yaitu AOC First Class X-Men Series Product. Pada saat itu, tak lupa dipaparkan juga layanan purnajual yang mereka berikan. Layanan yang ditawarkan yakni pemberian garansi tiga tahun penuh. “Keistimewaan dari garansi ini adalah karena hanya AOC yang berani memberikan garansi full sparet part, servis, dan panel selama tiga tahun free,” kata Dina Bhirawa, Regional Marketing Manager of AOC and Philips Monitor.

Lantas, apakah penawaran program garansi tiga tahun AOC mampu menarik loyalitas konsumen? Menurut Dina, pihaknya tentu berharap demikian. “ Yang paling ditekankan lagi, memberikan rasa aman, nyaman, dan tenang dalam menggunakan suatu produk adalah kunci dari keberhasilan suatu brand,” tambahnya.

Menurut Dina, layanan tiga tahun garansi penuh ini merupakan bukti komitmen AOC terhadap para konsumen, bahwa AOC serius dalam bisnis ini, dan AOC menghargai pilihan konsumen. AOC sendiri akan selalu mengeluarkan produk yang up to date terhadap teknologi dan desain, servis yang baik dan paling lama, partner yang loyal dan kuat, serta harga yang bersaing.

Ia melanjutkan, para konsumen personal maupun profesional saat ini akan sangat senang jika produk yang digunakan memiliki rentang garansi yang lebih lama dibanding dengan lainnya. Hal sama juga diinginkan oleh kebanyakan pemilik warnet dan pengusaha. Sebab, salah satu pertimbangan konsumen dalam pemilihan produk adalah performance, harga, dan garansi.

AOC pun menjamin akan memberikan pelayanan secara mudah, cepat, dan tidak rumit . Konsumen cukup menelepon Service Center AOC yang ada di kartu garansi atau menghubungi dealer AOC terdekat, atau bisa juga membawa produk ke Service Center AOC yang ada di daerah-daerah dan selanjutnya pihak AOC akan membantu mengecek produk itu. “Selama masih dalam waktu garansi, konsumen tidak akan dikenakan biaya apa pun,” ucapnya.

Dina menambahkan, dengan program layanan tiga tahun garansi penuh ini, diharapkan produk AOC memiliki konsumen yang loyal dan dapat bersaing dengan brand-brand besar lainnya. Sejak dua tahun yang lalu, tambahnya, AOC juga berinvestasi lebih banyak pada penemuan teknologi dan desain serta performance yang lebih baik untuk produk AOC.

Saat ini, AOC sudah menerapkan on site warranty, dalam arti garansi internasional. Jadi, setiap produk AOC dapat diservis di negara mana saja yang ada perwakilan AOC-nya. “Ke depan, AOC ingin memberikan home service,” katanya.

“Kalau dari sisi distribusi, kami memperbanyak dealer dan mempunyai distributor lebih dari satu untuk setiap negara,” ujar Dina yang menargetkan penjualan tiga produk monitor First Class X-Men Series hingga akhir tahun ini mencapai 100.000 unit , seiring dengan target mempertahankan posisi sebagai vendor terbesar kelima di Indonesia.

Dari segi penguatan merek, AOC juga memulai langkah besar pertama yaitu bekerja sama dengan produsen film-film box office dunia yang berkelas seperti X-Men. “Ini membuktikan bahwa produk AOC di mata internasional sudah sangat layak dan bagus disandingkan dengan nama-nama besar,” ujar Dina. (Harry Tanoso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.