Berkomitmen Dukung UKM, KoinWorks Luncurkan Digital SME Confidence Index Report 2nd Half 2021

Marketing.co.idBerita Digital I  KoinWorks meluncurkan Digital SME Confidence Index Report 2nd Half 2021 bertema “Moving Forward: How SMEs Grow Strong in the Post Pandemic Era”. Hasil riset menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan paruh pertama 2021, angka indeks optimisme UKM digital meningkat sebesar 6%, yaitu dari 2,49 menjadi 2,64.
Koinworks
Ini menandakan bahwa iklim bisnis di Indonesia semakin membaik. Selain itu, seiring dampak pandemi yang mulai mereda, bisnis offline mulai mendapatkan popularitasnya kembali. Nyatanya, bisnis dengan penjualan offline memiliki peningkatan penjualan tertinggi sebesar 44% di paruh kedua tahun 2021 dibandingkan dengan penjualan bisnis online atau bisnis hybrid, yang masing-masing hanya meningkat sebesar 38,2% dan 41,9%.
Gede Edy Prasetya, Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan, terkait rencana pemerintah untuk mendorong pertumbuhan UKM di tahun 2022. “Dengan melihat tantangan dan kebutuhan UKM di era ini, kami memperkuat kolaborasi berkelanjutan dengan berbagai pihak termasuk private sector. Tujuannya, agar UKM tidak hanya tumbuh dan kembali seperti sebelum pandemi, tapi juga supaya UKM lebih berdaya saing tinggi di masa depan.
Selain itu, dia menambahkan, program-program bantuan yang sedang berjalan akan terus berlanjut untuk memastikan pemerataan jangkauan UKM di seluruh Indonesia. Terlebih, kondisi UKM Indonesia di pertengahan 2021 mulai berjalan normal seiring dampak pandemi yang berangsur mereda, dan masyarakat menyambut era pascapandemi.
Tahun 2021 juga dianggap sebagai angin segar bagi UKM, di mana para pelaku UKM telah menerima hasil positif dari hybrid channel yang dijalankan pada awal 2021. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga mencatat dampak lain dari pandemi adalah mendorong shifting pola konsumsi masyarakat ke arah digital sehingga menjadi momentum yang tepat untuk mengakselerasi transformasi digital bagi UKM.
Julia RGDS, Pelaku Usaha & Social Mefia Influencer juga mengamini pentingnya transformasi digital untuk bertahan melalui pandemi. Pemanfaatan digital channel yang baik akan menjadi kunci sukses UKM dalam menghadapi pandemi. Dimana, UKM di Indonesia sangat unik dan rata-rata sudah beradaptasi menggunakan kanal digital untuk pemasaran.
“Selanjutnya, yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana kanal-kanal ini bisa digunakan untuk menganalisa konsumen kita seperti apa, bagaimana cara toko sebelah berjualan, dan inovasi seperti apa yang harus diciptakan agar bisa bertahan dalam berbisnis,” ujarnya.
Sementara itu, Mark Bruny, Chief Financial Officer KoinWorks menegaskan, peran KoinWorks sebagai financial partner bagi UKM untuk bertumbuh. Sebagai bentuk kontribusi KoinWorks bagi UKM di Indonesia, KoinWorks menyusun laporan ini dua kali dalam setahun, dan hasil yang diperoleh di semester 2 tahun 2021.
“KoinWorks selalu hadir bagi UKM tidak hanya untuk pembiayaan usaha yang mudah diakses, tapi juga financial partner untuk pertumbuhan usaha. Untuk itu, kami melanjutkan pengembangan ekosistem UKM dan layanan keuangan yang semakin komprehensif untuk UKM Indonesia,” kata Mark.
KoinWorks akan terus berupaya mendukung UKM dengan mematangkan KoinWorks NEO yang dapat digunakan oleh UKM. Selain itu, di bulan Ramadan ini, KoinWorks meluncurkan kampanye #BenahiDiri yang bertujuan mendorong pertumbuhan UKM. KoinWorks mengajak seluruh pengguna dan masyarakat untuk berpartisipasi mengingat ini adalah momentum yang tepat untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi Indonesia.
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.