Bersepeda, Alternatif Sehat Mengatasi Mahalnya Harga BBM

0
1700

sepedawww.marketing.co.id – Bahan bakar minyak (BBM) merupakan sumber energi yang tidak bisa diperbaharui, sehingga tidak menutup kemungkinan harga benda ini akan semakin mahal seiring berjalannya waktu.

Indonesia pun masih mengimpor BBM dari negara lain dan menghabiskan Rp 1,4 triliun per hari untuk memenuhi kebutuhan BBM di Indonesia. Angka tersebut tampaknya akan terus naik dari tahun ke tahun karena memang kebutuhan BBM naik seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bayangkan apa yang terjadi pada Indonesia jika hal tersebut terjadi terus-menerus?

Ada dua hal yang memprihatinkan jika hal ini terus terjadi. Pertama, kondisi rupiah sukar membaik. Kedua, polusi yang dihasilkan kendaraan bermotor menimbulkan ancaman pemanasan global.

Salah satu alternatif sehat yang bisa diambil adalah dengan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, terutama bagi orang-orang yang memiliki tempat kerja/kampus/sekolah yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. Jika setiap orang-orang tersebut bersepeda ke tempat kerja/kampus/sekolah, berkurangnya penggunaan BBM akan memberi dampak yang berarti.

Banyak keuntungan yang bisa kita dapat dari bersepeda. Selain menghemat karena tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli bensin, tubuh juga jadi lebih bugar.

Bersepeda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menguatkan otot-otot, menghindarkan kita dari penyakit jantung, stroke, dan kanker, juga menjauhkan kita dari obesitas.

Selain membuat tubuh lebih sehat, bersepeda ternyata juga menyehatkan mental kita. Dengan bersepeda orang menjadi lebih tenang sehingga dapat menurunkan kadar kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lainnya.

Berbeda dengan anggapan banyak orang, bersepeda di pagi hari tidak membuat kita kelelahan di tempat kerja. Hal tersebut justru membuat kita lebih fokus saat bekerja. Meluncur di jalanan dapat melatih kesigapan dan konsentrasi serta meregangkan otot-otot kita yang kaku selama tidur, sehingga kita lebih segar dan siap untuk bekerja.

Dengan memutuskan bersepeda ke tempat kerja/kampus/sekolah, berarti kita mendukung kesehatan diri sendiri, kemajuan bangsa Indonesia, dan keselamatan bumi kita tercinta. Memang tidak mudah untuk melakukan perubahan dan memulai sesuatu yang baru, namun demi kebaikan bersama, kenapa tidak?

(dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.