Berurusan Dengan Karyawan yang Tidak Puas

0
3142

Marketing.co.id- Jika saat ini Anda memiliki beberapa karyawan yang tidak puas, maka hal ini bisa menjadi masalah bagi Anda. Jadi bagaimana mengatasi hal in?Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengendalikan situasi sebelum menjadi tidak terkendali.

Masalah yang ditimbulkan karyawan yang tidak puas adalah mereka bisa menimbulkan resiko bagi perusahaan. Selain memberikan layanan yang buruk kepada pelanggan sehingga membuat pelanggan pergi, mereka juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang tidak kondusif dan menciptakan stress dalam perusahaan.

Beberapa karyawan yang tidak puas mungkin akan sengaja membuat apapun yang bisa merusak perusahaan, mulai dari menyebarkan berita negative, merusak suasana kerja, mengganggu karyawan lain, mencuri uang sampai menjarah.

Semakin cepat Anda mengatasi karyawan yang tidak puas akan semakin baik. Berikut adalah lima langkah untuk melakukannya:

Tetap professional

Terlepas dari bagaimana masalahnya, penting bagi Anda untuk selalu tampil profesional ketika menangani situasi. Hindari berteriak, bersumpah, dan membungkuk ke level mereka. Ingatlah bahwa ini biasanya tidak personal.

Jangan biarkan membusuk

Ketika Anda pertama kali melihat ada masalah, itu adalah waktu untuk mengatasinya. Menyadari ada masalah tapi anda menghindarinya tanpa ada upaya untuk menyelesaikan itu hanya akan membuat semakin menjadi.

Atasi dengan segera, sebelum masalah tersebut tumbuh menjadi lebih besar lagi. Juga, setelah berurusan dengan karyawan yang tidak puas, jangan biarkan rumor berkembang di perusahan.

Merahasiakannya

Daripada menghadapi karyawan yang tidak puas di depan orang lain, lebih baik melakukan pendekatan yang lebih pribadi seperti bertemu diruang pribadi.

Mengatasi masalah di depan umum hanya akan membuat karyawan jadi malu sehingga memicu ketidakpuasan mereka. Bagian dari professional adalah mengatasi masalah sebagi suatu hal yang perlu ditangani secara personal dengan karyawan itu sendiri.

Dokumen  adalah segalanya 

Saat ini, tuntutan hukum kadang-kadang terjadi untuk alasan yang paling sepele sekalipun. Kebijakan terbaik adalah untuk mendokumentasikan segala sesuatu yang terjadi. Apapun yang telah dilakukan karyawan tidak puas harus didokumentasikan dan dikoreksi, seperti bagaimana Anda harus berbicara.

Mendokumentasikan segala sesuatu, mulai dari peringatan dan diskusi untuk pemutusan hubungan kerja, jika Anda harus melangkah sejauh itu, akan membatu untuk melidungi Anda dan perusahaan Anda.

Jangan memberdayakan mereka

Jika karyawan Anda yang tidak puas membuat perusahaan terhenti sementara semua orang akan mencoba untuk terlibat dengan drama mereka, maka mereka sedang diberdayakan. Jangan memberi mereka kekuatan semacam itu dalam perusahaan Anda. Jika ada masalah , carilah orang yang tepat untuk mengatasinya.

Dengan cara ini, individu bermasalah juga melihat bahwa perusahaan menjalankan, independen dalam menyikapi ketidakpuasan mereka.

Jika Anda merasa bahwa Anda mungkin memiliki karyawan yang bisa meningkatkan situasi yang berpotensi berbahaya, jangan ragu untuk mendapatkan bantuan. Hal ini bisa saja terjadi, libatkan pihak berwenang setempat untuk menghindari situasi untuk menghindari situasi yang lebih buruk lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.