BETADINE® : Komunikasi Kunci Menangkan dan Pertahankan Pangsa Pasar

0
381
betadine 2022 advertorial

betadine 2022 advertorial

Marketing.co.id – Berita Marketing | BETADINE®, brand yang dikenal luas dengan produk obat pembersih luka kini semakin memperkuat posisinya dalam industri kesehatan Indonesia dengan menghadirkan produk-produk baru. Merek ini awalnya berasal dari Amerika Serikat yang mulai dikenal di seluruh dunia sejak 1969, ketika NASA memercayainya sebagai produk antiseptik yang digunakan untuk membersihkan Apollo 11. Bahan aktif utama BETADINE® yaitu Povidone – Iodine (PVPI), merupakan zat antimikroba yang memiliki spektrum-luas dan efektif mengatasi kuman serta mampu mengendalikan penyebaran infeksi topikal bagi penggunanya.

Kehadiran dan pencapaian BETADINE® di Indonesia

Lebih dari 30 tahun lisensi BETADINE® dipegang PT Mahakam Beta Farma sebagai partner lokal dalam memasarkan dan mendistribusikan produk brand ini. Namun pada tahun 2016, lisensi BETADINE® diambil alih PT Mundipharma Healthcare Indonesia sebagai pemilik brand.

“Sejak  2016, kita mulai mengembangkan produk BETADINE® di Indonesia mulai dari peluncuran produk baru, positioning produk baru, hingga bekerja  sama dengan pemerintah. Salah satu milestone yang sangat penting bagi Mundipharma adalah ketika menjadi partner pemerintah untuk mendukung gerakan masyarakat hidup sehat dari tahun 2017 hingga  sekarang,” papar Adi Prabowo, Head of Marketing, Digital & E Commerce PT Mundipharma Healthcare Indonesia.

Sejak tahun 2017 hingga saat ini, BETADINE® telah melaksanakan tiga pilar program bersama Kementerian Kesehatan RI, baik secara luring maupun daring. Program pertama yaitu edukasi Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Program kedua yaitu Edukasi mengenai Kesehatan Reproduksi yang dilakukan bersama Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI dan Persatuan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI). Program yang ketiga yaitu edukasi terkait pandemi. Perusahaan memberikan edukasi tentang antiseptik terhadap tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Ikatan Apoteker Indonesia di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Produk inovatif dan relevan

Selain bekerja sama dengan banyak pihak, Mundipharma melalui BETADINE® juga memiliki beragam strategi untuk mengembangkan market share di Indonesia. Strategi paling utama yaitu dengan mengembangkan berbagai lini produk inovatif.

Di Indonesia, BETADINE® memiliki empat kategori produk, yakni Wound Care (Produk Penanganan Luka), URTI Care (Produk untuk Mulut, Hidung dan Tenggorokan), Feminine Care (Produk untuk Area Kewanitaan), Protective Care (Produk untuk Membersihkan Tubuh), untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan untuk mencegah dan mengatasi infeksi.

Menurut Gissela Nurfitriani, Brand Manager PT Mundipharma Healthcare Indonesia, market share dan awareness produk kategori Wound Care sudah 99%. Sehingga sejak 2016, perusahaan lebih fokus pada pengembangan produk kategori URTI Care dan Feminine Care.

“Kategori produk URTI Care untuk produk saluran pernafasan bagian atas akan menjadi growth driver BETADINE® di tahun 2022. Kami akan berusaha memperkuat awareness kategori produk ini,” jelas Gissel.

Secara keseluruhan, pertumbuhan bisnis  BETADINE® dari 2016 hingga 2021, sangat  luar biasa dengan persentase lebih dari  300%. Adi menambahkan, kunci sukses Mundipharma Healthcare Indonesia bisa terus tumbuh di tengah ketatnya persaingan dalam Industri Kesehatan Indonesia adalah karena perusahaan selalu mendengarkan insight dari konsumen dan selalu berusaha relevan dengan pasar yang berubah dengan cepat.

“Pertama, dengan mendengarkan konsumen, kita jadi tahu apa yang konsumen pikirkan tentang brand kita, seperti apa kebiasaan konsumen dan sebagainya. Yang kedua adalah menjadi tetap relevan dan adaptif dengan semua perubahan yang ada. Mungkin itu yang selalu kita harus sadari sebagai sebuah brand,” pungkas Adi.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.