Bidik Ibu Muda

0
2287
kalbestore

Melalui Kalbestore, Kalbe ingin menggarap segmen eksistingnya yang selama ini didominasi kaum hawa. Kalbestore bersifat inklusif karena juga menjual produk-produk di luar Kalbe.

kalbestore

Nielsen Indonesia pada September tahun 2016 lalu merilis hasil survei mengenai e-commerce di Indonesia dan hubungannya dengan peluang dan tantangan bisnis online di Indonesia. Survei dilakukan terhadap 5.000 responden di 5 kota besar di Indonesia untuk memperkirakan besarnya pasar industri e-commerce.

Survei tersebut menghasilkan beberapa temuan, di antaranya industri e-commerce di Indonesia diperkirakan bernilai lebih dari Rp70 triliun per tahun. Dalam hal frekuensi pembelian, kategori produk paling populer dibeli secara online adalah Fashion/Pakaian Olahraga (68%) diikuti Travel (35%), dan Kosmetik (29%). Profil pembelanja online didominasi kelompok usia muda (kurang dari 25 tahun). Wanita mendominasi pembelian produk kosmetik, perawatan pribadi, dan bahan makanan (F&B).

Dari survei di atas setidaknya kita bisa menarik tiga kesimpulan; nilai pasar e-commerce sangat menggiurkan (lebih dari 70 triliun per tahun), segmen wanita dan kelompok usia muda berperan penting di pasar e-commerce. Jika bicara segmen wanita di e-commerce, situs Kalbestore.com sudah jauh-jauh hari memperhitungkan segmen yang doyan belanja ini.

Daniel Hutagalung, Head of e-Commerce Kalbestore, mengatakan salah satu alasan diluncurkannya Kalbestore.com di tahun 2012 karena sebagian besar konsumen Kalbe adalah wanita. Adapun profil wanita tersebut adalah wanita yang sibuk dengan pekerjaan (produktif), berusia muda (ibu muda), peduli pada kesehatan dan nutrisi keluarga, serta memiliki engagement yang tinggi pada produk Kalbe dan layanannya.

Kehadiran Kalbestore juga menjadi salah satu saluran strategi distribusi omni-channel Kalbe. “Untuk memberikan kemudahan kepada konsumen dalam mendapatkan produk-produk Kalbe, layanan diberikan dalam bentuk pesan via telepon maupun pesan online (e-commerce) dan produk diantarkan ke rumah pelanggan (home delivery),” jelas Daniel melalui surat elektronik.

Berkembangnya tren e-commerce sejak awal tahun 2017 disikapi Kalbestore secara inklusif. Kini, e-commerce yang dikelola oleh PT Karya Hasta Dinamika ini bukan hanya menjual produk-produk Kalbe, namun juga produk-produk di luar Kalbe. Total ada sembilan kategori yang ditawarkan Kalbestore, yakni Produk Baru, Ibu, Bayi, Anak, Nutrisi Khusus, Suplemen dan Vitamin, Suplemen dan Fitness, Makanan dan Minuman, Perawatan Pribadi, Obat Bebas, Kecantikan, Kebutuhan Pasutri, serta Peralatan Kesehatan. Untuk memperkuat aspek pelayanan, situs ini menyediakan fitur chat dengan ahli gizi.

kalbestore
kalbestore, e-commerce yang dikelola oleh PT Karya Hasta Dinamika ini bukan hanya menjual produk-produk Kalbe, namun juga produk-produk di luar Kalbe.

Daniel menambahkan, meski sebagian besar target pasar Kalbe adalah wanita, pihaknya tetap menyasar kaum pria. Target pasar Kalbestore adalah wanita dan pria produktif berusia 25–45 tahun, tinggal di kawasan urban, dan concern pada kesehatan diri dan keluarga. Saat ini, Kalbestore melayani hampir seluruh wilayah Indonesia. “Pengiriman menggunakan kurir KHD (Kalbe Home Delivery) dan ada juga kerja sama dengan third party logistic,” terang dia.

Berbelanja di Kalbestore akan mendapatkan beberapa benefit, seperti harga yang lebih kompetitif dibandingkan ritel konvensional. Bahkan, kata Daniel, banderol harga Kalbestore bisa jadi lebih menarik karena ongkir (ongkos kirim) ditanggung Kalbestore. “Produk dijamin original (karena sumbernya dari pabrik dan rekanan yang terpercaya), free ongkir, delivery dengan service level 1─2 hari kerja, dan layanan after sales (customer service) yang baik,” janji Daniel.

Ada beberapa metode pembayaran yang ditawarkan Kalbestore. Informasi di laman Kalbstore.com menyebutkan pembayaran bisa dilakukan dengan transfer virtual account, melalui ATM, internet banking, m-banking, dan kartu kredit. Untuk memudahkan proses pembayaran situs ini menjelaskan dengan detail langkah demi langkah cara pembayaran melalui setiap metode pembayaran yang ada.

Kebijakan Ongkir

Situs ini juga menginformasikan, khusus untuk pemesanan produk-produk Kalbe Nutritionals (Prenagen, Morinaga, Milna, Zee, Fitbar, Slim&Fit, Diva, Entrasol, Nutrive Benecol, Diabetasol) berlaku bebas ongkir di seluruh wilayah di Indonesia, tapi secara terbatas. Produk-produk non-Kalbe bisa bebas ongkir atau dikenakan ongkos kirim bergantung dari depo mana yang menyediakan stok.

Informasi lainnya, ongkir bergantung pada total berat produk pesanan dan jarak pengiriman dari depo ke alamat si pembeli. Bila depo tidak berada dalam satu wilayah dengan alamat pengiriman, pelanggan akan dikenakan biaya kirim dan pengantaran produk akan berlangsung lebih dari 1×24 jam.

Daniel mengungkapkan, saat ini Kalbestore melayani lebih dari 2.000 order per hari dengan basket size yang cukup tinggi. Adapun produk-produk yang laris dibeli konsumen antara lain susu dan nutrisi anak, popok, dan suplemen kesehatan.

Apakah kehadiran Kalbestore sebagai strategi untuk mengurangi peran distribusi konvensional Kalbe di masa depan? Dengan diplomatis Daniel mengatakan, Kalbestore bersifat independen dan terpisah dari Kalbe. “Kalbestore dibentuk sebagai unit yang terpisah (startup) dengan bisnis model yang berbeda. Seharusnya menjadi pelengkap dari keseluruhan rantai pasokan, bahkan mungkin ke depan bisa membawa distribusi konvensional ke arah fulfillment center,” papar dia.

Tony Burhanudin

MM.11.2017/W

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.