Billboard Cerdas

0
1272

www.marketing.co.id – Billboard pun bisa semakin cerdas berkat kemajuan teknologi. Hal apa yang akan memengaruhi kita? Jawabannya setidaknya ada dua hal. Yang pertama akan sangat mengagumkan dan di sisi lain akan sangat menyeramkan.

Dunia digital dan penemuan-penemuannya membuat teknologi menjadi sangat memudahkan segala sesuatu. Misal untuk berhitung, dahulu kita menggunakan banyak coretan kertas dan alat bantu seperti sempoa. Tapi, sekarang dengan ditemukannya kalkulator, hitungan serumit apa pun dapat dipecahkan. Terlebih dengan hitungan menggunakan komputer personal. Hitungan sekaligus visual dapat disajikan.

Dalam hal lain, teknologi digital yang dikombinasi dengan teknologi video menghasilkan sesuatu yang sangat luar biasa. Misalkan, dahulu orang harus bersusah payah menghitung traffic kendaraan yang melalui suatu jalan. Mereka harus nongkrong melihat, dan berbekal konter hitungan manual menghitung kendaraan yang lewat. Tapi, sekarang cukup dari hasil perekaman menggunakan CCTV atau kamera video. Dengan menggunakan perangkat lunak tertentu, kita bisa menghitung traffic kendaraan yang melalui suatu jalan. Bahkan jenis kendaraan pun bisa direkam.

Bila teknologi ini digunakan di outdoor advertising, khususnya billboard, akan cerdaslah billboard tersebut. Dan pastilah  banyak orang akan kagum. Contoh pada LED billboard. Jika seorang pemuda sedang melihat sebuah iklan di LED billboard, billboard itu akan tahu untuk menunjukkan iklan aftershave bukan iklan tampon. Jika dari Twitter atau Foursquare data menunjukkan bahwa ada permainan olahraga sedang terjadi di daerah tertentu, bias jadi visual menunjukkan iklan Nike bukan iklan alat masak.

Teknologi video analisis ini bukanlah hal baru, bahkan teknologi ini sudah dibenamkan di konsol game XBOX 360 Kinect. Kita bisa interaktif bermain game tanpa harus menggunakan joystick lagi. Cukup dengan menggerakkan anggota tubuh kita. LED billboard digital bisa memiliki webcam yang dapat menentukan umur relatif dan jenis kelamin orang yang melihat mereka, serta berapa lama setiap orang berdiri di depan mereka atau terlihat langsung pada mereka. Pengiklan menggunakannya untuk mengukur efektivitas iklan dan menentukan iklan mana serta posting untuk bidang apa.

Lalu, apa yang menjadikan hal yang menyeramkan? Teknologi ini akan menyimpan data anonim berdasarkan hasil capture gambar. Semuanya tercatat (data logging). Informasi penonton LED billboard akan menjadi semakin lengkap. Kelengkapan data inilah yang bisa menjadi sumber informasi yang tidak kita sadari.

Kemajuan teknologi turut  menyemarakkan dunia outdoor advertising. Kita para pemasar dapat menggunakan teknologi ini jika sudah mulai diperkenalkan. Dengan kepintaran billboard dimungkinkan materi iklan akan tepat sasaran. Rancangkan semua itu, dan jadilah bagian dari kemajuan teknologi terkini.

 

AdyoBw – BillboardOne
Twitter: @adyobw
(sumber foto: internet/ISTIMEWA)

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.