Persaingan 3 Raksasa Asia

0
2294

keunggulan produk elektronik dari jepang Survey ONE - 5Di era modern seperti sekarang ini, persaingan produk-produk elektronik semakin ketat. Terlebih lagi di Indonesia, yang memiliki pasar sangat besar dan dikenal dengan penduduknya yang konsumtif.

Oleh karena itu, produsen-produsen alat elektronik pun berlomba-lomba untuk menjadi penguasa pasar di Indonesia.

Tidak hanya produk-produk dari Eropa dan Amerika, produk dari Asia dan bahkan dari Indonesia sendiri pun sudah aktif bermain di pasar elektronik Tanah Air.

Survey ONE - 4Dari Asia sendiri, terdapat tiga negara raksasa produsen alat elektronik yang dapat dibilang menguasai pasar Indonesia, yaitu Jepang, Korea, dan Tiongkok.

Pada awalnya, Jepang muncul tanpa terbendung oleh negara-negara Asia lainnya.

Dengan kualitasnya yang terpercaya, mereka mampu menguasai pasar secara konsisten dalam jangka waktu yang panjang.

Namun, kondisi ini perlahan-lahan berubah berkat kepintaran produsen dari Korea dan Tiongkok dalam mencari peluang di pasar elektronik Indonesia.

keunggulan produk dari elektronik dari Tiongkok Survey ONE - 6Kalau begitu, produk elektronik dari negara manakah yang lebih disukai oleh masyarakat Indonesia? Bagaimanakah sebenarnya persepsi masyarakat Indonesia terhadap produk-produk elektronik dari ketiga negara tersebut?

Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Elektronik dari Tiga Raksasa Asia

Untuk mengetahui hal ini, SurveyOne pun melakukan survei kepada para pengguna alat elektronik di Indonesia. Dari hasil survei tersebut ditemukan bahwa produk elektronik dari Jepang masih sangat identik dengan kualitas mereka yang terpercaya (34.8%).

persepsi mengenai produk-produk elektronik dari jepang Survey ONE - 1Selain kualitas, produk dari Negeri Matahari Terbit ini juga identik dengan desain produk yang bagus (11.3%), daya tahan yang lama (10.6%), dan kecanggihan atau berteknologi tinggi (5.7%).

Hal-hal ini dianggap sebagai keunggulan produk-produk elektronik asal Jepang dibandingkan produk elektronik dari negara lain.

Satu-satunya hal negatif yang diasosiasikan dengan produk elektronik dari Jepang adalah harganya yang mahal (menurut sekitar 7.8% responden).

prsepsi mengenai prodk-produk elektronik dari korea selatan Survey ONE - 3Hal ini sangat berbeda dari produk Tiongkok yang justru sangat erat asosiasinya dengan harga murah (29%) dan kualitasnya yang kurang baik (19.6%).

Bahkan 72.2% responden menganggap keunggulan terbesar produk elektronik dari Tiongkok adalah harganya yang murah.

Selebihnya, produk elektronik dari Tiongkok pada umumnya diasosiasikan dengan hal-hal negatif seperti cepat rusak (12.3%), tidak tahan lama (7.2%), dan produknya sebagian besar adalah imitasi dari produk lain yang berkualitas lebih baik (7.2%).

Survey ONE - 2Hal ini menunjukkan bahwa produk elektronik dari Jepang masih dianggap “menang” dibandingkan produk elektronik asal Tiongkok, khususnya dalam aspek kualitas.

Sementara itu, produk elektronik dari Korea dapat dikatakan sebagai perpaduan antara produk dari Tiongkok dan Jepang. Dalam aspek kualitas, produk elektronik dari Korea dianggap cukup mampu menyaingi produk Jepang.

 Sebanyak 21.9% responden dari survei ini menganggap produk dari Korea memiliki kualitas yang baik dan terpercaya, bahkan 5.3% responden berpendapat bahwa kualitas produk Korea sudah mampu menyaingi kualitas produk elektronik Jepang.

Selain kualitasnya yang baik, desain produk elektronik Korea juga dianggap bagus oleh 10.5% responden. Beberapa responden berpendapat bahwa desain produk elektronik Korea terkesan modis, trendy, unik, elegan, colorful, dan sering kali menjadi trendsetter di antara produk-produk elektronik lain, khususnya untuk kategori smartphone.

Desain yang bagus dan menarik dianggap sebagai keunggulan utama produk elektronik dari Korea, yaitu oleh sebesar 15.6% responden, bersama-sama dengan harganya yang murah.

Produk elektronik dari Korea juga dianggap inovatif, baik dari segi perkembangan fitur-fiturnya yang terus up to date, maupun dari segi desain yang menarik.

Selain hal-hal tersebut, keunggulan lain produk elektronik asal Korea adalah banyaknya variasi produk yang dikeluarkan oleh produsen dari negara tersebut (6.4%), sehingga memungkinkan masyarakat untuk memilih produk sesuai selera mereka masing-masing.

Oleh karena itu, sebagian besar responden yang mencari produk dengan kualitas baik dan berharga murah, pada akhirnya lebih memilih produk dari Korea.

Produk Elektronik dari Negara Manakah yang Lebih Disukai?

Survey ONE - 7Secara umum, responden lebih menyukai produk-produk dari Jepang untuk berbagai kategori produk, seperti laptop, komputer/PC, televisi, kamera digital, dan alat-alat elektronik rumah tangga.

Satu-satunya “kekalahan” Jepang hanyalah pada kategori smartphone, dimana produk smartphone Korea mengungguli smartphone Jepang dengan persentase sebesar 69%.

Sementara itu, produk elektronik dari Tiongkok pada umumnya kalah saing dibandingkan produk dari Jepang dan Korea, khususnya di kategori smartphone, televisi, kamera digital/handycam, dan alat-alat elektronik rumah tangga.

Namun, untuk kategori laptop/ notebook dan komputer/PC, produk Korea justru kurang digemari dibandingkan produk Tiongkok.

Penulis: Dewi Maya Pratiwi

Ilustrator: Whisnu Anggoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.