BKKBN Gelar Kampanye GenRe Goes to School

MARKETING, Jakarta – Dalam upayanya mengantisipasi permasalahan seputar remaja, baru-baru ini, BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMKB) Provinsi DKI Jakarta, menggelar program GenRe Goes to School yang berisi acara talk show, pentas seni dan beragam perlombaan di sekolah-sekolah. Kepanitiaan kegiatan ini melibatkan pengelola sekolah, pendidik sebaya, dan konselor sebaya PIK (Pusat Informasi Konseling) Remaja yang ada di sekolah yang bersangkutan.

Menurut Kepala BKKBN Dr.dr. Sugiri Syarief, MPA, program GenRe Goes to School  bertujuan meningkatkan pengetahuan remaja tentang permasalahan seputar dunia remaja, semisal penyimpangan perilaku seksual (sek bebas) dan napza (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif). Melalui program GenRe Goes to School, remaja akan mendapatkan informasi  yang tepat tentang segala permasalahan diseputar dunia remaja serta meningkatkan pengembangan PIK (Pusat Informasi dan Konseling) Remaja Unggulan Jalur Sekolah.

Ditambahkan, program ini akan dilaksanakan dengan dua pendekatan. Yang pertama, pendekatan kepada orang tua yang mempunya remaja melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR). Yang kedua, pendekatan kepada remaja itu sendiri melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja sebagai wadah penyebarluasan informasi kesehatan reproduksi remaja yang benar.

“GenRe Goes to School menyasar remaja pelajar SMA/SMK dan PIK Remaja Unggulan Jalur Sekolah , karena sekolah adalah salah satu komunitas tempat remaja berkumpul,” katanya disela-sela acara peluncuran Program GenRe Goes to School di SMAN 36 Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (1/5) siang.

Adapun sekolah yang ditunjuk untuk melaksanakan program GenRe Goes to School adalah sekolah yang memiliki PIK unggulan tahun 2011, sebagaimana telah ditunjuk oleh Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN. Sekolah-sekolah tersebut antara lain, SMAN 36 Jakarta Timur, SMAN 11 Bekasi, SMAN 8 Malang, Jawa Timur, SMAN Swadhipa Natar, Lampung Selatan, SMAN 7 Binjai, Sumatera Utara, SMAN 5 Makassar, Sulawesi Selatan, SMAN PAN Samarinda, Kalimantan Timur, SMA Kosgoro Tomohon, Sulawesi Utara, SMAN Binaan Khusus Dumai, Riau, dan SMAN 1 Pringgasela Lombok Timur, NTB. (Harry Tanoso/Majalah MARKETING)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.