Marketing.co.id- Apakah bisnis besar dan kecil memiliki kebutuhan yang berbeda?
Tidak ada segmentasi
Reseach In Motion merupakan salah satu penggagas teknologi mobile. Berkat jasanya membantu para professional terus terhubung melalui perangkat mobile, Blackberry menjadi sangat populer di dunia bisnis, terutama di Amerika Utara.
Sejak tahun 2009, ketika RIM meluncurkan teknologi nirkable pertama berbasis di Kanada, Blacberry tidak memiliki segmentasi tertentu baik untuk bisnis besar maupun skala kecil.
“Tidak ada perbedaan kualitas layanan bagi perusahaan komunikasi. Kami memiliki kemampuan yang unik untuk menawarkan produk, layanan, dan solusi yang memiliki keamana dan reliabilitas yang dibutuhkan oleh perusahaan besar, tetapi dengan fleksibilitas dan efektivitas biaya, itu akan bermanfaat juga bagi bisnis kecil,” jelas Bryan Lee, Direktur di BlackBerry .
Banyak perusahaan yang membuat solusi yang disesuaikan untuk bisnis kecil, namun kebijakan kami dalam menyediakan layanan sangat jelas, yaitu untuk semua ukuran bisnis, ungkap Lee.
Bertujuan membuat jalan bisnis kecil makin mudah
Bukan rahasia lagi bahwa bisnis kecil sering memiliki peran dan tanggung jawab ganda. Untuk tujuan itulah, BlackBerry berusaha untuk menyediakan solusi nirkabel yang bisa membuat mereka tetap terhubung sepanjang hari.
Mulai dari koleksi smartphone dan tablet, Blackberry Messenger, BlackBerry mobile Fusion, dan BlackBerry Enterprise Server Express, semua bekerja untuk membuat komunikasi lebih mudah.
BlackBerry App World termasuk salah satu yang membantu pemilik bisnis kecil, misalnya aplikasi conferencing Mobile 3.0 dan ratusan aplikasi lainnya terkait dengan aplikasi bisnis.
Tetap terhubung dengan pelanggan bisnis kecil
Produk BlackBerry mungkin tidak memiliki perbedaan dalam memberikan layanan untuk bisnis yang berbeda ukuran. Namun, upaya pemasaran memunculkan cerita lain. Perusahaan ini bekerja untuk mempertahankan visibilitas dengan segmen usaha kecil melalui kerja sama dengan sponsor seperti Influencer Usaha Kecil dan SMB 150.
Bagian dari situs BlackBerry ini diarahkan untuk membantu bisnis skala kecil dan menengah untuk menemukan solusi yang mereka cari. Perusahaan juga telah berupaya keras untuk mengandopsi sosial media sebagai saluran komunikasi kepada pelanggan sejak dini.
BlackBerry berusaha menghubungkan usaha kecil dan menengah melalui blog bisnis, kelompok diskusi LinkedIn, SlideShare, dan feed Twitter. “Pemilik bisnis skala kecil begitu bergairah dengan pekerjaan mereka, dan itu luar bisa jika kita dapat menjadi bagian dari komunikasi, CRM, dan aktivitas lainnya di bisnis mereka,” tambah Lee.
Dengan pengikut yang mencapai jutaan, tampaknya BlackBerry akan berhasil memberikan sumber daya tambahan kepada bisnis skala kecil melalui saluran ini.
Rencana masa depan? Melanjutkan untuk memenuhi janjinya
RIM berencana untuk merilis platform BlackBerry 1o-nya di kuartal pertama 2013, yang menurut Lee, akan membantu pemilik bisnis secara intuitif, produktif dan tetap terhubung.
Smallbistrend