Marketing.co.id ā Berita Financial Service | PT. BNP Paribas Asset Management (PT. BNP Paribas AM) dan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) meresmikan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda melalui Program Pengembangan Produk Lokal Unggulan.
Program tersebut meliputiĀ rangkaianĀ pelatihanĀ yangĀ dilakukanĀ secaraĀ daringĀ bertemakan literasi keuangan dan kewirausahaan bagi kelompok perempuan muda Indonesia. ProgramĀ pengembanganĀ komunitasĀ ini merupakan inisiatif yang disusunĀ bersamaĀ denganĀ AsosiasiĀ PusatĀ PengembanganĀ SumberdayaĀ Wanita (PPSW ). Program ini sepenuhnya dibiayai melalui hasil dana sosial reksa dana indeks BNP Paribas IDX 30 Filantropi.
Melalui program tersebut, BNP Paribas AM dan Citi Indonesia ingin terlibat dalam meningkatkan literasi keuangan serta kemampuan wirausahaĀ paraĀ perempuanĀ muda Indonesia, sehingga dapat menjadi bekal bagi mereka untukĀ dapatĀ bertahanĀ dan memenuhi kebutuhan keluarga di tengah pandemi.
Saat ini, Program ini berfokus pada peningkatan kemampuan dan daya saing produk lokal yang dikembangkan oleh pengusaha perempuan di 4 (empat) wilayah di Indonesia, meliputi Aceh, Banten, Pontianak, dan DKIĀ Jakarta.
Baca juga: Cerita Adhite Receipes Berkelit di Masa Sulit
BersamaĀ denganĀ PPSW, program ini akan berjalan kurang lebih selama 6 (enam) bulan. PesertaĀ yangĀ terpilihĀ berkesempatanĀ untukĀ meningkatkan kompetensi pada bidang online marketing, manajemen bisnis, hingga desain kemasan produk. PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia turut memberikan pelatihan secara daring dengan membawakan modul terkait literasi dan perencanaan keuangan.
Maya Kamdani, Direktur PT. BNP Paribas AMĀ menjelaskan,Ā diĀ masaĀ sulit sepertiĀ ini kesejahteraanĀ ekonomi menjadi hal krusial. Karena itu, pihaknya ingin mendorongĀ perempuanĀ untukĀ lebihĀ produktifĀ danĀ mengoptimalkanĀ kemampuanĀ sertaĀ sumber daya yang mereka miliki untuk membantu menopang keluarga.

āKamiĀ inginĀ menunjukkanĀ kepadaĀ masyarakatĀ bahwaĀ melalui produk investasi bertema SRI, kita bisa ikut andil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat,Ā terutamaĀ di masa pandemi ketika stabilitas ekonomi membutuhkan aksi kolaboratif. Ini jugaĀ bagianĀ dariĀ upayaĀ kamiĀ untukĀ meningkatkanĀ kesadaran masyarakat bahwa berinvestasi pada produkĀ bertemaĀ SRIĀ dapatĀ menciptakanĀ dampakĀ positif bagiĀ masyarakatĀ dan perekonomian dalam jangka panjang,ā papar Maya.
Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia menjelaskan, dalam setiap tantangan terletak peluang. Produk Reksa Dana ini menjadiĀ salahĀ satuĀ dariĀ upayaĀ CitiĀ IndonesiaĀ yang terintegrasi untuk memberikanĀ dampakĀ yangĀ positifĀ danĀ berartiĀ bagiĀ komunitasĀ diĀ lingkunganĀ sekitarĀ dimanaĀ kamiĀ beroperasi.
āHal ini sejalan dengan prinsip kami yang diinisiasi secara global, yaitu, memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik untuk generasi muda. Karena kami percaya bahwa generasi muda adalah harapan dan penggerak roda perekonomian bangsa,ā tutur Puni.
Baca juga: Lebih dari Dua Hari Dana Mengendap, Otomatis Masuk Reksa Dana
Sementara itu, Fitriani Sunarto, Sekretaris EksekutifĀ AsosiasiĀ PPSW menambahkan,Ā generasiĀ perempuanĀ mudaĀ paling adaptif terhadap perubahan. Program Pemberdayaan Perempuan Muda ini katanyaĀ berpotensiĀ untukĀ mendorongĀ perubahanĀ dariĀ pola hidup konsumtif menjadi produktif, yang lebih bermanfaat terutama dalam masa pandemi.
Penyaluran dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi senilai Rp 250.000.000 telah dialokasikan khusus untuk pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program ini. Donasi ini untuk membantuĀ mengatasiĀ kesulitanĀ ekonomiĀ yang dihadapiĀ kelompok berpenghasilan rendah, di mana perempuan memiliki peran signifikan. Temuan UNFPA dan UN Women (2020) menunjukan, bahwa 64% dari total pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan.
Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis