BOSNET Kenalkan BOSNET Next Generation Ecosystem 

PT BOSNET Distribution Indonesia,Marketing.co.id – Berita Marketing | PT BOSNET Distribution Indonesia, salah satu anak perusahaan Telkom Indonesia, mengenalkan BOSNET Next Generation Ecosystem (BOSNET NGE). 

BOSNET NGE merupakan sebuah platform yang dapat menghubungkan semua stakeholder dari industri FMCG agar dapat memiliki proses distribusi logistik yang terintegrasi dengan biaya yang lebih terjangkau dan transparan. BOSNET NGE dapat memberdayakan para pelaku industri FMCG untuk dapat menjalankan bisnis lebih efektif dan efisien.

Ari Royce Hidayat, founder BOSNET mengatakan, selama 5 tahun terakhir channel online order di FMCG berkembang secara pesat, dan semua pihak yang tidak mengadopsi channel ini akan tertinggal. 

Pada saat yang bersamaan, industri FMCG menghadapi tantangan besar dari sisi logistik karena biaya untuk memenuhi online order tersebut naik menjadi 4 hingga 6 kali lipat. 

Satu-satunya solusi untuk menjawab tantangan ini adalah dengan menciptakan suatu platform untuk sharing distribution yang memungkinkan prinsipal FMCG menggandakan order mereka dengan biaya yang berkurang setengahnya serta menambah keberadaan area logistik hanya dengan satu klik. Inilah alasan BOSNET Next Generation Ecosystem diciptakan.

BOSNET, yang terpilih sebagai Microsoft Indonesia Independent Software Vendor Partner of the Year pada tahun 2021, menciptakan layanan sharing logistic ke prinsipal FMCG dengan memungkinkan terhubungnya keseluruhan proses logistik dan distribusi—mulai dari order, cashless payment, hingga kemampuan untuk melakukan paylater

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012, platform ini telah digunakan oleh lebih dari 30 prinsipal FMCG dengan lebih dari 1,200 distributor dan grosir dengan transaksi mencapai sekitar Rp100 triliun di platform ini. 

Para prinsipal FMCG di platform ini meliputi perusahaan nasional dan multinasional mulai dari industri makanan, minuman, dan kesehatan. Dengan BOSNET NGE semua stakeholder di dalam ekosistem akan mendapatkan transparansi biaya berdasarkan transaksi yang terjadi di platform BOSNET. Platform ini mengusung metode Software as a Service (SaaS), dimana pengguna akan merasakan kemudahan tanpa khawatir mengenai infrastruktur server pendukungnya.

Dicky Anfiadi, CEO PT BOSNET Distribution Indonesia menjelaskan, yang unik dari platform ini adalah netralitasnya. Karena, platform ini dikelola oleh BOSNET Distribution Indonesia sebagai pihak yang netral, tidak akan terjadi benturan kepentingan antar prinsipal FMCG dalam ekosistem. 

Para prinsipal FMCG di platform ini akan mendapatkan manfaat untuk channel pemasaran yang baru, dapat membidik market yang tepat dan jelas, memenuhi kebutuhan pelanggan online order dengan biaya logistik yang paling kompetitif. Inilah sebabnya mengapa BOSNET Next Generation Ecosystem adalah ekosistem yang kehadirannya sangat diperlukan bagi industri FMCG Indonesia.

Dari sisi teknologi, platform BOSNET Next Generation Ecosystem menggunakan Microsoft Azure sebagai infrastruktur utama, dengan begitu BOSNET Next Generation Ecosystem dapat melakukan auto scale, mengikuti dinamika kondisi industri FMCG dengan deployment yang mudah. 

Sebagai bagian dari ekosistem partner Microsoft di Indonesia, BOSNET mendapatkan dukungan untuk terus mengembangkan BOSNET Next Generation Ecosystem secara optimal dan dapat menjangkau berbagai perusahaan secara strategis.

Sementara itu, Linda Dwiyanti, Chief Partnership Officer Microsoft Indonesia menambahkan, BOSNET Next Generation Ecosystem menunjukkan betapa cepatnya transformasi bisnis yang didukung teknologi dan memainkan peranan penting dalam percepatan transformasi digital industri. 

“Kami senang dapat membantu BOSNET Next Generation Ecosystem dalam mengakselerasi transformasi digital di industri FMCG, dan kami bangga melihat pertumbuhan mereka selama beberapa tahun terakhir. Ini adalah contoh nyata bagaimana teknologi dapat memacu inovasi. Dengan lebih banyak inovasi dan transformasi, di masa depan kita akan dapat mewujudkan peluang ekonomi digital Indonesia bersama-sama,” ujarnya.

“Kami berharap BOSNET dapat membantu para pihak dalam ekosistem industri FMCG untuk percepatan proses digital bisnis dan turut meningkatkan pertumbuhan industri ini. Semangat kami adalah Let’s Double Up the Order, half down the Cost & Double up the Logistic Presence!  tutup Ari Royce Hidayat. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.