Branding, Rahasia Sukses UMKM Memenangkan Persaingan

Marketing.co.id – Berita UMKM | Sering kali masalah utama yang dialami mayoritas UMKM adalah kurangnya pemahaman mengenai branding. Kebanyakan dari pelaku bisnis UMKM masih menilai jika hanya dengan memiliki logo dan label, berarti mereka sduah memiliki brand. Namun, rasanya usaha mereka seperti jalan di tempat. Lalu, apakah yang salah?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, mari kita kembali ke masalah yang paling mendasar.

Apa itu branding?

Branding adalah cara membuat persepsi positif tentang produk, perusahaan, maupun layanan yang diberikan oleh perusahaan kita. Atau, bagaimana konsumen membedakan bisnis kita dengan para pesaing. Branding yang efektif dan tepat dapat mempengaruhi pengembangan bisnis, menaikkan nilai jual produk, serta mampu menarik “perhatian” calon konsumemen baru.

Membuat branding bisnis yang kuat bukan hanya perkara logo atau label saja. Inti pada branding adalah identias atau wajah yang ingin ditunjukkan brand Anda kepada masyarakat luas.

Simpelnya, ada 4 hal yang harus kita persiapkan

  1. Produk

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membantu sebuah pondasi bisnis dengan produk yang bekualitas. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan produk-produk unik, yang tentunya tak dimiliki oleh pesaing Anda. Hal ini dapat dilakukan jika kita terus melakukan riset pasar. Produk apakah yang sedang trend atau yang tengah digandrungi oleh konsumen.

Untuk produk-produk unik ini Anda bisa memulai dengan membuat packaging custom. Anda bisa mengkreasikan sendiri packaging sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menambahkan logo atau label yang menjadi tanda bagi konsumen untuk mengenali brand kita. Packaging yang unik dan bagus tentu akan meningkatkan “value” brand kita dibanding pesaing.

  1. Brand Identity

Anda bisa membangun citra brand Anda melalui aset visual cetak seperti pamflet, atau pesan pemasaran melalui brosur. Yang perlu diperhatikan dalam membuat aset-aset visual ini dengan memperhatikan warna, nilai, dan pesan brand Anda secarakeseluruhan. Selain citra brand, Anda juga bisa menciptakan brand personality dan brand voice.

Ada beberapa cara untuk menciptakan brand personality dan brand voice, salah satunya dengan menggambarkan seperti apa rupa brand Anda jika dilihat sebagai manusia. Harus diingat bahwa brand personality dan brand voice harus memiliki ciri khas dan sudah dikenali karena dua hal tersebut akan melengkapi identitas brand Anda.

  1. Service

Selain produk, konsumen tentunya membutuhkan nilai plus berupa servis yang baik. Kita bisa memulainya dengan mengetahui apa yang pelanggan butuhkan sehingga perusahaan mampu memenuhi keinginan pelanggan. Servis ini tentu berhubungan sekali dengan brand personality dan brand voice, seperti bagaimana caranya kita menjawab segala pertanyaan pelanggan, atau bagaimana caranya kita memenuhi kebutuhannya. Yang terakhir dan yang paling penting adalah konsistensi. Konsistensi akan membuat pelanggan akan mengingat brand kita untuk waktu yang lama.

  1. Promosi

Branding bukan hanya soal logo, label, atau packaging. Branding harus mencakup keseluruhan bisnis Anda seperti: kartu nama bisnis, marketing tools/material seperti banner, spanduk, dan sebagainya, seragam staf, dekorasi toko/kantor, dan sebagainya.

Segera siapkan branding Anda!

Sekarang Anda tidak perlu repot lagi menyiapkan segala kebutuhan branding Anda seperti kartu nama, flyer, brosur, sticker label, packaging, segala macam marketing tools, sampai merchandise karena PrimaGraphia telah menyiapkan segala kemudahan untuk Anda. Dilengkapi dengan mesin-mesin tercanggih dan terlengkap serta staf yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, PrimaGraphia siap melayani dengan pelayanan yang cepat, tepat waktu, dan hasil produksi berkualitas tinggi. PrimaGraphia juga menyediakan jasa pencetakan berbasis online melalui website  www.primagraphia.co.id dengan pengiriman barang sampai seluruh Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.