Buat Produk Unik dan Khas

0
1772

Marketing.co.id– Pasar saat ini semakin kompetitif, apakah bisnis Anda berbasis online maupun offline. Namun, jika Anda ingin sukses dan meraih pangsa pasar, Anda harus membuat produk-produk yang unik dan khas.

Robert Herbold dalam bukunya “Seduced by Success: How the Best Companies Survive the 9 Traps of Winning,” mengatakan:

Mungkin tidak ada yang lebih penting dalam dunia bisnis daripada menciptakan sebuah produk yang unik dan khas, menarik perhatian, up-to-date terhadap pelanggan (mengikuti tren pasar saat ini).

Bila Anda merupakan orang pertama yang masuk dalam kategori bisnis tertentu (pelopor) , sediakan sesuatu yang baru yang dapat membangkitkan gairah dan menarik perhatian pelanggan. Karena Anda menjadi pemimpin yang dapat menentukan bagi keseluruhan kategori.

Tips membuat produk yang handal:

Riset pasar

Riset pasar merupakan penelitian yang dilakukan untuk membantu pihak manajemen pemasaran dalam mengukur potensi pasar, menganalisa luar pasar, menyelidiki karakteristik pasar, menganalisa penjualan, menaksir permintaan produk, menetapkan daerah penjualan, dan meneliti saluran distribusi.

Riset konsumen

Riset konsumen merupakan studi yang dilakukan perusahaan kepada pelanggan atau calon pelanggan dengan cara mengumpulkan, mencatat dan menganalisa secara sistematis tentang konsumen yang dapat disajikan sebagai masukan yang esensial perusahaan dan dapat membantu strategi pemasaran berikutnya dari perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Strategi marketing

Elemen penting dalam strategi marketing menurut Hermawan Kartajaya meliputi segmentasi, targeting dan positioning.

Segmentasi: kemampuan untuk memilah, mengelompokkan, serta mendiagnosa sistem yang ada sehingga lahir suatu kesepakatan untuk melangkah pada tujuan dari pemasaran. Jenisnya berdasarkan geografis, psikografi, dan tingkah laku.

Targeting: proses menyeleksi target market yang tepat untuk memproduksi pelayanan dari perusahaan. Kriterianya adalah ukuran pasar, pertumbuhan, keunggulan komnpetisi, dan situasi pasar.

Positioning: strategi menguak, mempelajari, memahami dan kondisi emosional konsumen dengan apa yang ditawarkan perusahaan.

Strategi harga

Ingat! Konsumen tidak hanya mencari produk rendah, tetapi mereka membeli produk berdasarkan nilai dari produk itu sendiri.

Strategi penentuan harga menurut Kotler dan Amstrong (2001) sebagai berikut:

Strategi penetapan harga produk baru, yakni menentukan harga untuk meraup pasar dan penetapan harga untuk penetrasi pasar.

Strategi penetapan harga bauran produk, yakni penetapan harga lini produk. Penetapan harga produk pilihan, penetapan harga produk terkait, penetapan harga produk sampingan, dan penetapan harga paket produk.

Strategi penyesuaian harga, yang terdiri dari penetapan harga diskon dan pengurangan harga, penetapan harga tersegmentasi, penetapan harga psikologis, penetapan harga untuk promosi, penetapan harga murah dan penetapan harga berdasarkan geografik.

Strategi menghadapi perubahan harga, yaitu memelopori perubahan harga, bagaimana bereaksi terhadap perubaha  harga.

Buat brand yang simpel dan menarik

Brand yang simpel dan menarik akan mudah diingat dan dikenali oleh pelanggan, sehingga dapat menjadi suatu referensi bagi pelanggan.

Perlihatkan differentitation (keunikan) produk

Diferensiasi merupakan inti dari taktik perusahaan untuk mendukung positioning-nya. Ketika positioning tidak didukung oleh diferensiasi, perusahaan akan menjanjikan hal yang berlebihan dan tidak mampu melakukannya. Tentunya, ini akan menghancurkan merek dan reputasi perusahaan.

Strategi diferensiasi merupakan upaya perusahaan untuk menyediakan produk dan jasa yang unik dan bermutu tinggi, sehingga dapat mempromosikan reputasi terbaik dan identitas merek yang kuat, biasanya diikuti dengan harga yang premium.

Promosikan

Promosi merupakan upaya kita untuk memberitahukan atau menawarkan produk dan jasa dengan tujuan menarik calon pelanggan untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, tentunya produsen atau distributor mengharapkan angka penjualannya akan melonjak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.