Cara Cerdas Mempertahankan Pelanggan

mempertahankan pelangganJika ingin memulai atau sudah memiliki bisnis, Anda pasti memiliki pelanggan. Namun, bagaimana cara Anda mempertahankan pelanggan tersebut?

Itu merupakan kekhawatiran semua bisnis. Kompetisi saat ini sangatlah ketat dan jika Anda tidak mampu mempertahankan pelanggan, maka bottom-line Anda akan terpengaruh.

Retensi pelanggan harus menjadi praktek abadi, karena ini merupakan kunci keberhasilan jangka panjang sebuah bisnis. Poin-poin di bawah ini dapat membantu Anda mempertahankan pelanggan:

  • Berikan insentif khusus kepada pelanggan  baru yang paling aktif di media sosial (kaos, topi, sertifikat dll).
  • Identifikasi pelanggan yang paling berisiko dan targetkan mereka untuk kontak tambahan Anda.
  • Lakukan survei kepada pelanggan paling aktif. Pastikan mereka tahu bahwa Anda mendengarkan mereka dan akan berusaha melakukan apa yang mereka sarankan dalam survei.
  • Buat agar pelanggan Anda terlibat melalui email atau blog. Biasanya pelanggan baru akan tertarik untuk terlibat.
  • Buatlah daftar “terima kasih” yang mecakup nama dan kontribusi nasabah aktif. Sematkan daftar tersebut dalam newsletter, majalah, website, dan menyampaikannya di acara-acara khusus.
  • Kirimkan pesan khusus atau hadiah kecil kepada setiap pelanggan yang tinggal di daerah atau negara tertentu sebagai ungkapan terima kasih kepada mereka karena terus berpartisipasi dan loyal.
  • Ajak para pelanggan yang sudah tidak aktif untuk kembali aktif.
  • Jika  Anda mengorganisir konferensi atau seminar sangat penting memiliki tenaga penjual atau staf admin untuk bersosialisasi dengan para peserta. Staf Anda akan mendapatkan wawasan baru dan mereka terlibat dalam percakapan yang berarti dengan anggota.
  • Mintalah kepada pelanggan aktif untuk menceritakan pengalaman mereka yang paling berharga atau manfaat dan menggunakan laporan tersebut untuk tujuan perekrutan dan retensi.
  • Buatlah newletter Anda lebih user-friendly. Mintalah kepada pelanggan untuk mengirimkan/menulis artikel tentang pengalaman mereka.
  • Undang pelanggan untuk bergabung dengan forum online dan mendiskusikan topik di luar kerja seperti passion dan hobi mereka.
  • Buat dan kirimkan sebuah kartu atau surat tanda terima kasih kepada setiap pelanggan ketika Anda mendapatkan repeat order, sertakan voucher diskon yang bisa pelanggan gunakan untuk menghadiri acara selanjutnya.
  • Pengakuan membantu mempertahankan pelanggan. Buatlah semacam penghargaan. Temukan cara unik untuk memberikan pengakuan yang lebih individual bagi pelanggan yang layak  dihargai dan menerimanya.

Editor: Wahid FZ, Sekar Ayu

Sumber: LAC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.