Cara Cerdas Penuh Etika Menaikkan Penjualan dengan Social Media

27
1546
social media mind

Era saat ini, internet tidak hanya digunakan sebagai media peningkatan wawasan, namun kita pun banyak dipermudah dalam hal berbelanja secara online. Tidak perlu lagi berkunjung ke super market yang jaraknya begitu jauh.

Melihat fenomena ini, muncul banyak ide untuk memanfaatkan media internet untuk menambah pendapatan. Banyak orang yang mulai membuat bisnis online dan menjual produk-produknya secara online.

Tapi untuk memperoleh tingkat penjualan yang baik, perlu adanya pengelolaan Bisnis Online secara Cerdas dengan Nilai Etika yang cukup. Cerdas ? ya, Jika bisa memasarkan produk dengan modal yang sedikit, kenapa tidak dilakukan? Bahkan kini memasarkan produk secara gratis juga sudah sangat memungkinkan, yaitu dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana sosialisasi dan promosi produk Anda. Beretika ? Haruslah bijaksana dan penuh etika dalam penyajiannya. Hal ini sangat penting dilakukan ntuk menumbuhkan ketertarikan dan rasa kepercayaan calon pelanggan sehingga Pencitraan terhadap Produk Anda semakin tinggi.

Lain ladang lain belalang, begitulah ungkapan untuk masing-masing Social Media terutama dalam hal pengelolaannya. Namun banyak pula kesamaan yang bisa dilakukan dalam mengatur portofolio akun Social Media kita.

Facebook

Hampir semua orang yang sdh memanfaatkan internet pasti mempunyai akun yang satu ini. Itu sebabnya situs ini sampai sekarang masih menjadi primadona untuk menjadi media jejaring sosial.

Untuk memulai kegiatan promosi atau kampanye merk anda di facebook cobalah beberapa tip berikut.

  1. Buatlah akun dengan susunan nama Anda kemudian diikuti nama Bisnis. Ini dimaksudkan agar teman anda mengetahui bahwa Bisnis ini adalah milik Anda dan kalaupun ada orang yang belum mengetahui nama dan bisnis yang anda kelola, orang tersebut percaya bahwa nama pemilik tercantum disana.
  2. Masukan foto profil Bisnis dengan tampilan foto anda kecil disekitar foto profil tersebut. Atau buatkan album di akun tsb yang merupakan foto2 dan aktifitas terutama yg berhubungan dgn Bisnis anda, misal foto2 anda dengan karyawan anda.
  3. Buatlah informasi yang jelas dan masih tersedia sampai saat ini, misal : nama website, alamat email dan nomor telepon yang masih berlaku. Ini sangat penting untuk memberi kesan baik terhadap keseriusan anda dalam mengelola bisnis.
  4. Jangan pernah melakukan Tag foto tanpa diminta, hal ini akan membuat rasa tidak nyaman teman Anda, bahkan pencitraan Bisnis akan semakin buruk, karena terkesan terlalu mengobral produk.
  5. Konten akan menjadi faktor utama ketertarikan calon konsumen anda. Jadi buatlah konten yang bermanfaat berupa tips, pengalaman dengan sebuah produk, tutorial, berita dan hal2 lainnya yang berhubungan bisnis anda. Jangan terlalu banyak membuat posting produk, karena hal ini akan membuat jenuh.
  6. Sesekali ungkapkan rasa terima kasih terhadap pelangggan2 anda yang loyal saat setelah bertransaksi.

Twitter

Sebuah pepatah dari para leluhur terdahulu yang mengajarkan kearifan yaitu “ Mulutmu Harimaumu “ masih melekat begitu erat di era teknologi informasi sekarang ini.
Begitu dahsyatnya promosi tradisional “dari mulut ke mulut” itu berdampak pada penjualan sebuah produk sudah cukup menjelaskan kenapa cara promosi tersebut masih ada hingga sekarang. sebut saja  Twitter, begitu banyak kebahagiaan yang berasal dari sebuah perkataan dan ada juga tragedi yang disebabkan komentar yang sederhana.

Inilah yang menjadi salah satu kekuatan Twitter dalam perannya sebagai etalase gossip di dunia maya. Pernahkah anda berpikir untuk berinvestasi melalui gossip?
Ada sedikit tips untuk Anda untuk meledakan penjualan Anda dengan memanfaatkan Twitter sebagai media sosialisasi produk Anda.

  1. Daftarkan nama akun dengan nama Anda pribadi sebagai username kemudian berilah nama twitter dengan produk penawaran Anda (nama ini bisa diganti di kemudian hari).
  2. Buatlah Photo Profile yang ada hubungannya dengan produk Anda.
  3. Buatlah penyusunan kata yang efektif dengan singkatan kata yang sudah sering dipakai, karena postingan dibatasi 140 karakter.
  4. Buatlah postingan yang bersambung apabila konten dari postingan lebih dari 140 karakter. Hal ini dapat membuat follower anda tetap menunggu postingan anda selanjutnya, selama konten yang anda kirimkan bermanfaat untuk mereka.
  5. Untuk menambah jumlah Follower, coba kunjungi beberapa akun orang populer yang kira2 followernya merupakan segment produk Anda, kemudian follow masing masing dari follower tersebut, tunggu beberapa hari, kemungkinan orang tersebut akan melakukan followback Anda.
  6. Kekuatan Twitter dalam penyampaian pesan akan lebih besar lagi saat dikombinasi dengan Blog yang ada kaitannya dengan produk Anda. Misal Produk Anda Toko Online Pakaian Anak, maka buatlah blog dengan thema Parenting dengan mengarah segment orangtua. Buatlah beberapa tips yang bersambung dan dihubungkan dengan Blog Anda. Jangan lupa gunakan shortener untuk mempersingkat nama web.
  7. Sesering mungkin melakukan interaksi dua arah dengan follower Anda sehingga mereka merasa diperhatikan. Hal ini untuk memupuk kesetiaan follower Anda bahkan mereka dengan sukarela mereferensikan kepada para follower mereka.
  8. Sesekali melakukan Retweet konten twitter yang dianggap bagus dan inspiratif dari beberapa publik figur, sehingga dapat menggambarkan kualitas akun twitter Anda.

Jangan mengobral Lapak dagangan Anda terus menerus, cobalah berikan sesuatu yang menarik dan bermanfaat agar Follower atau teman anda tidak merasa bosan.

Untuk membangun pencitraan Produk Anda, jangan melakukan posting atau status pada FB maupun Twitter yang berisikan keluh kesah yang berlebihan, menghujat, beropini negatif terhadap kondisi saat ini (sosial politik), opini SARA, bergunjing yang tidak ada manfaatnya. Semua hal negatif ini akan meruntuhkan pencitraan Produk maupun Personal Anda.


Blog

Sampai saat ini Blog masih menjadi alat yang handal untuk membangun sebuah Branding baik itu produk maupun secara individual. Hal ini didukung dengan fasilitas Blog yang memberikan unlimited space untuk berekspresi dalam mengungkapkan opini secara panjang lebar dan detail.
Tips memanfaatkan Blog sebagai penunjang penjualan Anda :

  1. Buatlah akun gratis Blog di Blogspot.com atau WordPress.com
  2. Untuk lebih terlihat terpercaya, pakailah domain dan hosting berbayar, kemudian install dengan platform blog WordPress.
  3. Buatlah beberapa artikel menarik yang berhubungan dengan segment produk anda. Artikel ini dapat berupa tips, pengalaman dalam pemakaian sebuah produk, opini pada masalah tertentu yang sedang trend saat ini, dan banyak lagi.
  4. Untuk menambah trafik Blog, buatlah tautan link artikel Blog tersebut di akun FB dan Twitter Anda. Hal ini akan menambah trafik di Blog dan menambah jumlah teman dan follower di FB dan Twitter selama konten yang Anda sajikan bermanfaat dan unik.
  5. Tampilkan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, dan batasi jumlah kata tidak lebih dari 400 kata.
  6. Buatlah sistem member pada Blog Anda, kemudian sesekali berikan bonus berupa e-book atau coupon discount produk Anda apabila member pembaca Anda memberikan komentar, karena dengan komentar maka Blog akan terasa hidup.

Untuk memberikan kekuatan penuh saat Anda melakukan optimasi Blog, sebaiknya digunakan juga Twitter atau Facebook untuk menambah traffic Blog. Dengan cara ini pula popularitas akun Facebook dan Twitter Anda akan terbangun, bila Blog Anda sesuai dengan kebutuhan Teman dan Follower Anda.

Youtube

Banyak orang yang suka dengan membaca, namun tak jarang orang yang sangat mengandalkan audio visual untuk dapat menyukai dan menumbuhkan ketertarikan tertentu. Oleh sebab itu Youtube mengusung niatnya untuk menitik beratkan entertainment pada para penikmat audio visual alias video.
Tips tepat memanfaatkan Youtube sebagai channel Pemasaran Anda :

  1. Buatlah sebuah penjelasan rinci tentang produk Anda di Youtube dengan pembicara Anda sendiri selaku Owner.
  2. Buatlah foto slide tentang produk Anda yang sederhana untuk menambah ketertarikan calon pelanggan Anda.
  3. Mintalah pelanggan loyal Anda untuk memberikan testimonial tentang produk Anda dengan format yang sangat sederhana sehingga tidak menyulitkan pelangan Anda saat mengambil video, misal menggunakan kamera dari laptop.
  4. Apabila perlu, cobalah menyewa profesional video untuk membuat video interaktif khusus produk Anda.

Linked in

Situs jejaring sosial ini sangat cocok untuk membangun Personal Branding dimana membernya adalah para proffesional yang sengaja memperlihatkan profile mereka sehingga dapat dilihat orang banyak yang biasanya dilakukan untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan profesi mereka.
Buatlah akun Linked in sebagai sarana memperkenalkan diri Anda selaku Owner Bisnis Anda sendiri dengan penjabaran Profil, Latar Belakang Pendidikan, Pekerjaan sekarang, Portfolio dan Target Anda. Hal ini penting untuk memupuk kepercayaan calon Pelanggan Anda terutama apabila Bisnis yang Anda tawarkan adalah Jasa.
Apabila Anda pernah menjalin kerjasama dengan teman, cobalah minta kepada teman anda tersebut untuk melakukan endorsement tentang diri Anda secara jujur dan tidak berlebihan. Hal ini akan membangun kepercayaan calon pelanggan sebelum menyewa Anda sebagai tenaga profesional mereka.

Gunakan sarana Social Media secara Cerdas, Kreatif dan Bijaksana, karena Social Media menjadi alat penghubung yang ampuh untuk membangun sebuah pencitraan. Namun akan menjadi sebuah petaka saat kita menggunakannya tanpa Etika yang baik.

Taufiq

27 COMMENTS

    • betul mas Ardha, asal kita mempergunakan Social Media sebagai media Branding dengan cara yang Bijaksana, sehingga orang lain merasakan benefit dari mas Ardha berikan kepada mereka baik itu berupa informasi maupu hanya sekadar networking. Sukses ya mas Ardha 🙂

  1. wow.. bravooo.. thank you y tipsnya.. menginspirasi sekali,trima ksh sdh sharing.. smoga bisa mengikuti tahap2nya,krn balik lg ke konsumen tsb.. macem2 soalnya tipe2nya.. hehehhehehhehe

    • Hal yang paling sulit adalah praktek mas, saya juga merasakan hal itu terjadi pada perjalanan Bisnis saya. Memang banyak sekali type type di tengah persaingan bisnis baik itu dari kompetitornya maupun customernya, so jalankan terlebih dulu tips yang paling mudah, kemudian lambat laun kita akan menemukan format apa yang paling cocok untuk model Bisnis kita. selamat mencoba ya 🙂

  2. Informasinya sangat membantu untuk saya mengembangkan bisnis rumahan yang sudah berjalan 2 tahun. Tapi saya masih butuh bantuan kang taufik untuk masukan lebih banyak lagi, ditunggu 🙂

    • Mas Rija, pokoknya tinggal tunggu orderan baju kaftannya pasti melonjak ya mas. Sukses selalu ya, ditunggu kabar perkembangan bisnisnya, dan saya selalu siap membantu, kapan saja 🙂

  3. Binggo…akhirnya tips nya di jelasin juga. Tengkyu ya mas, semoga tips2nya yang lain cepat terungkap 🙂 . Btw, thanka ya mas, sudah banyak bantu saya untuk eksis di online bisnis.

    • Wuih terungkap…kesannya rahasia mbak. Gak ada yg dirahasiakan kok. Tapi memang perkembangan social media itu dinamis, jadi ada aja trik dan tips yang baru, sehingga kita juga harus kreatif. Sukses selalu ya mbak Cika.

  4. Dahsyat sekali, baru coba-coba sudah banyak yg contact via BB dan SMS krn posting saya di twitter.
    Walaupun masih banyak yg tanya2, tapi nge-branding bisa lebih advance nech… 🙂
    Thanks buat artikelnya ya Pak.

    • Thanks pak Seno, sudah banyak praktekan tips dari saya. Teruskan semangatnya supaya personal branding pak Seno semakin baik di online. Ditunggu kabarnya ya pak dan saya selalu siap membantu:)

    • Yup betul mbak Siska, perlu segera dipraktekan. Saya akan senang kalau ada yang mau praktekan tips di atas, kesulitan2 akan muncul dan kita akan semakin belajar untuk kreatif saat belajar sambil berjalan praktek. Saya tunggu masukannnya setelah mbak Siska praktekan ya, nanti saya akan coba lebih kreatif lagi :). Sukses ya mbak 🙂

  5. Mas Abie, apa kabar ? Bagaimana dgn bisnis hospitalitynya, makin lancar dong pastinya 🙂 . Pokoknya saya siap membantu mas Abie terutama untuk konsultasinya.

  6. Waduh senangnya mendengar kabar baik mas Wirdy.
    Kemudahan kemudahan itulah yang harus kita manfaatkan mas, terutama dari segi modal dan waktu. Persaingan di online sudah mulai ketat, so kita harus cepat mengambil keputusan untuk menjadi pemain, bukan cuma menjadi pemakai. Sukses mas Wirdy 🙂

  7. Wahhh… Pak Taufiq.. Makasyi artikelnya yaa.. Saya dan teman baru mau mulai bisnis nih.. Tp ga mau terlalu ribet dlm hal promosi. Untungnya baca artikel ini.. Jd ada jln dech mau mulai dari mananya.. Tq yaa.. Next time saya akan contact bapak utk detail.

    • Mbak Lian, Allow pa kabar ? Bagaimana dengan Training Centernya ? mudah2an slalu sukses ya 🙂
      Yang paling penting, jangan lupa dipraktekan ya mbak. Walaupun dimulai dengan tips yang paling sederhana, namun saat menemukan Hal yang lain, mungkin itu bisa menjadi trik tips yang baru, karena Social media dan Perilaku manusia dalam menanggapi dunia ini sangat dinamis dan penuh dengan perubahan perubahan yang sangat cepat.
      Sukses selalu mbak Lian 🙂

  8. Hmm.. ini inspirasi pribadi atau dari sumber sumber terkait mas?
    di social media sekarang banyak penipuannya tuh dalam berbisnis

    coba dikasih tips tipsnya juga mas..
    sama referensi bisnis start up apa saja yg bisa kita mulai dengan social media

    • Allow mas Bayu, apa kabar ? :). kebetulan saya menemukan ini dengan melakukan interview ke beberapa orang yang memang banyak terlibat sebagai pengguna Social Media, kemudian saya coba kombinasi dengan perilaku orang orang pada umumnya dalam melakukan Bisnis Online.
      Kita tidak bisa pungkiri, banyak pula penipuan di Bisnis Online terutama transaksi berupa uang. Namun dengan semakin kritisnya para pengguna transaksi online dalam memilih Seller, kemudian effect mouth to mouth yang sangat kuat, mudah2an penipuan dengan jaringan online akan smakin berkurang.
      Masih banyak Tips dan Triknya yang akan saya jelaskan nanti ya 🙂 Thanks ya mas Bayu 🙂 Sukses slalu…

  9. Betul sekali dan sangat setuju..

    Untuk Youtube marketing, saya masih perlu banyak belajar…
    Bisa gak pak diulas sedikit tips tentang youtube marketing..

    tx sebelumnya ya

  10. bagus mas artikelnya aku ikutin langkahnya satu persatu alhamdulillah penjualan naik melalui sosial media cuma di twitter agak gaptek jadi kurang exist di twitter.
    sebelumnya di FB aku banyak tag ke temen2 FB ga ada hasilnya malah ada yg blokir jadi sekarang ga tag2 lagi ke temen2 kecuali ada yg minta.
    untuk youtube belum tak coba insya allah kalau ada waktu tak ikuti cara yg di youtube
    salam kenal dan salam sukses dari Winny Abon Ikan
    http://www.winnyabon.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.