Cara IDEO Menyelesaikan Masalah

0
2264

Masalah. Masalah. Masalah. Dan masalah lagi. Kita selalu bertemu dengan masalah selama hidup kita.

Kita sebagai makhluk hidup pasti merasakan masalah karena masalah adalah tanda-tanda kehidupan.

Ada beragam masalah dalam hidup kita, tapi tahukah Anda bagaimana cara memecahkan masalah tersebut dengan effektif?

IDEO

Belajar cara IDEO menyelesaikan masalah.

IDEO adalah sebuah perusahaan desain yang didirikan, dipimpin dan dikelolah oleh David Kelley –seorang pengusaha, insinyur, desainer dan guru.

David pernah berkata, “Kami bukan ahli dalam bagian tertentu tapi kami agak ahli dalam proses mendesain sesuatu.”

Anggota mereka bukan ahli dalam desain. Di mulai dari psikolog, ahli biologi, insinyur, ahli bahasa, pakar pemasaran dan banyak lagi.

Mereka telah mendesain kacamata Nike, sikat gigi, peralatan medis berteknologi tinggi, televisi, kursi, kaca mata ski, layar komputer, paus mekanik setinggi 24 kaki dalam film Free Willy dan bahkan mouse pertama Apple.

IDEO memecahkan masalah dengan mencari akar permasalahannya melalui diskusi dengan anggota tim. Lalu, mereka memecah diri dalam grup yang terdiri dari dua orang untuk melakukan observasi dan pengumpulan data.

Sekembalinya dari observasi mereka membuat beragam desain yang dirasa dapat memecahkan masalah berdasarkan observasi mereka. Desain tersebut ditempel di dinding untuk melakukan pemilihan suara agar dapat mempersempit solusinya.

Setelah mendapatkan desainnya, mereka akan berunding akan kelebihan-kelebihan desain tersebut dan menilai apakah desain tersebut benar-benar layak.

Lalu, tim akan dibagi lagi menjadi 4-5 kelompok untuk membuat prototype-nya. Mereka membuat prototype dari tiap-tiap desain yang terpilih. Prototype kemudian dipresentasikan kepada David untuk dinilai.

David meminta mereka untuk mengambil lagi setiap bagain dari setiap prototype untuk membuat sebuah desain final.

Mereka semua merundingkan desain mana yang akan diambil dan yang mana yang akan di lepas, alasannya, kegunaanya, kenyamanannya. Semua hal mereka rundingkan bersama karena mereka adalah tim.

Desain akhir tersebut lalu diperlihatkan kepada David untuk dipamerkan kepada kliennya.

Tidak terjadi begitu saja

Pemecahan masalah ala IDEO tidak terjadi begitu saja. Mereka memiliki aturan dan kerja keras.

Aturan mereka dapat ditemukan di seluruh ruang. Satu percakapan dalam satu waktu. Tetap fokus pada topik. Mendorong ide-ide liar, pendapat yang berbeda dibangun atas ide orang lain.

Orang-orang yang tidak bisa menahan diri mereka dan mengkritik ide orang lain akan mendapatkan bel. Hal ini dilakukan agar mereka dapat belajar menghargai pendapat anggota kelompok yang lain.

Kerja keras mereka juga bukan tanpa dasar: berpandangan terbuka, boss yang meminta ide-ide segar dan bentrok dengannya, percaya kekacauan dapat dibangun dan kerja tim yang kuat.

Itulah resep yang dibutuhkan untuk memecahakan masalah ala IDEO.

(Sumber : www.ideo.com_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.