Cara Memulai dan Sukses Sebagai Freelancer (Part 2)

FOTO: WIRED

Tetapkan arah yang jelas untuk bisnis Anda

Freelancer sama halnya seperti memulai sebuah bisnis. Anda harus memiliki roadmap untuk membantu memetakan arah bisnis. Angggap saja mirip dengan proses menulis rencana bisnis.

Anda perlu mencari kebutuhan di pasar. Hal ini untuk menentukan bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan pasar dan merencanakan produk dan jasa seperti apa yang akan Anda tawarkan.

Anda harus berpikir apa yang Anda inginkan, apa yang Anda wakili dan bagaimana orang lain akan melihat Anda. Anda juga harus berpikir bagaimana cara membawa uang ke bisnis dan kantung Anda sesegera mungkin.

Beberapa bisnis bisa memulai dengan anggaran yang terbatas selama kreativitas berlimpah. Kreativitas sangatlah penting untuk membuat penentuan apakah Anda memiliki sumber daya untuk mendukung diri Anda sendiri karena Anda masih mencoba untuk menemukan klien.

Anda harus bisa menahan diri menerima apa saja dan segala sesuatu yang datang. Mereka bisa saja membayar tagihan Anda, tapi mereka belum tentu dapat membantu Anda membangun bisnis yang Anda inginkan. Plus, ketika kesempatan yang tepat atau proyek datang mungkin Anda menemukan diri Anda terlalu sibuk untuk menjalankannya.

Bersiaplah untuk memakai banyak topi (kalau diganti jadi apa yan?)

Menjadi seorang karyawan BERBEDA dengan menjadi seorang pengusaha. Sebagai seorang karyawan fokus dan tanggung jawab Anda cukup dengan mempelajari dan menjalankan.

Anda harus memfokuskan diri pada sisi teknis pekerjaan Anda untuk memastikan memberikan produk-produk berkualitas tinggi yang klien Anda harapkan. Namun, menjadi seorang freelancer jangan lupakan aspek manajemen pajak yang melibatkan penagihan, pengumpulan, pencatatan, pembayaran, pajak, bahkan memasarkan layanan Anda ke klien lain.

Misal, Anda seorang programmer dan berencana untuk merintis bisnis sendiri. Melakukan pekerjaan pemrograman hanyalah sebagian kecil dari tugas yang harus Anda lakukan. Anda perlu merencanakan strategi bisnis Anda, menjual jasa Anda, dan melakukan pekerjaan administratif dan banyak lagi.

Mengasah kemampuan pemasaran Anda

Jangan pernah berpikir bahwa pekerjaan dan kontrak baru akan mudah Anda dapatkan. Bagi sebagian besar freelancer, Anda perlu memasarkan diri Anda sendiri pada klien potensial. Dan prosesnya tidak pernah mudah.

Anda perlu mencari perusahaan yang mirip dengan layanan yang Anda berikan dan pelajari mereka sebanyak yang Anda bisa. Luangkan waktu untuk mengetahui kontrak perusahaan tersebut, kalau perlu undang mereka untuk makan siang.

Gunakan  juga web untuk memasarkan layanan Anda dengan membuat website, brosur, selebaran, kartu nama, menghadiri seminar, konferensi, dan acara lain di mana target pasar berkumpul dan anda bisa mengenal orang-orang kunci.

Carilah organisasi jaringan freelancer. Di mana Anda dapat mengembangkan kontak baru dan bahkan bekerja sama dengan freelancer lainnya. Jaringan pribadi adalah gudang senjata pemasaran yang sangat penting bagi freelancer.

Siapkan rumah untuk bisnis baru Anda

Sekarang Anda akan bekerja dari rumah, dan rumah Anda harus siap untuk bisnis Anda. Lebih penting lagi Anda harus memiliki pola pikir bahwa Anda sekarang siap bekerja dari rumah.

Cari ruang khusus atau kamar di rumah Anda di mana Anda dapat fokus dan melakukan pekerjaan Anda. Anda perlu tempat yang tenang ketika berbicara dengan klien melalui telepon, kan?

Anda akan perlu untuk mengatur jam kerja Anda, mendisiplinkan diri Anda untuk fokus, dan menyesuaikan diri dengan pola kerja dari rumah berdasarkan preferensi Anda serta jadwal keluarga Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki anak-anak yang pergi ke sekolah kemudian cobalah untuk melakukan semua pekerjaan yang Anda butuhkan selama beberapa hari pada saat mereka berada di sekolah atau ketika mereka pergi tidur di malam hari.

Perlu diingat bahwa klien mengharapkan profesionalisme. Mereka tidak mungkin terus-menerus berbicara dengan Anda di telepon sementara anak-anak Anda menangis menjerit.

Belajar untuk mengatur logistik dalam menjalankan bisnis

Sebagai seorang pemilik bisnis baru, bagian terpenting dari kesuksesan Anda terletak pada seberapa baik Anda mengelola hari Anda dan bisnis Anda.. Anda tidak bangun dan bekerja di depan komputer Anda hanya untuk menghabiskan waktu, Anda perlu memiliki tujuan dan misi, Anda mungkin tidak perlu memakai setelan baju yang rapih, tapi Anda perlu duduk dan setiap hari membuat rencana untuk memastikan bisnis baru Anda bekerja.

Tantangannya adalah belajar bagaimana mengelola beberapa tugas dari beberapa topi Anda sepanjang hari. Anda adalah pemilik bisnis, pembukuan, pemasaran, pemilik website, petugas kebersihan, dan peran lainnya semua digulung menjadi satu. Didedikasikan persentase tertentu di siang hari untuk tugas-tugas administrasi dan pemasaran, atau menyewa professional untuk membantu Anda mengelolanya.

Cari jaringan yang mendukung

Buatlah daftar orang-orang yang mungkin dapat membantu Anda menjadi penasihat, mereka bisa dari keluarga atau investor potensial Anda. Keluarga Anda dapat membantu dengan sumber daya yang Anda butuhkan, asuransi kesehatan (jika anda memiliki pasangan yang juga bekerja) atau bahkan dukungan emosional yang dibutuhkan saat Anda memulai fase baru kehidupan Anda.

Penasihat Anda dapat membantu mengembangkan dan menyempurnakan strategi Anda sambil berbagi kebijakan dengan mereka tentang bisnis Anda.  Juga periksa apakah ada jaringan lepas atau konsultasi atau komunitas yang Anda dapat bergabung dan masuk. Mereka dapat membantu Anda dalam hal saran dan pengetahuan dan bahkan rujukan klien.

Powehomebiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.