Cara Mengoptimalkan Akun Google untuk Berbisnis

Siapa yang tak kenal dengan Google? Secara signifikan Google terus berkembang sebagai industri bisnis dengan sangat pesat. Sebut saja browser, jejaring sosial, alat pemasaran, dan lain-lain. Kini Google tak lagi sekadar mesin pencari.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alat pemasaran juga masuk ke dalam ranah “hal” yang sudah diciptakan oleh Google. Jadi bagi Anda para pemasar, sangat penting untuk mengoptimalkan akun Google.

 

Sejarah Google

1.     Sebagai mesin pencari

urlsdfAkhir tahun 1990 adalah awal mula logo Google muncul ke desktop komputer untuk pertama kalinya. Sejarah AOS menyatakan bahwa nama Google dipilih sebagai homofon dari Äúgoogol,‚Äù, sebuah istilah matematika untuk nomor besar yang gila-gilaan. Pendiri kemudian menggunakannya sebagai ungkapan bahwa Google merupakan sebuah perusahaan atau mesin pencari dengan data yang tak terbatas.

2.     Sebagai inovator

Ternyata menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan masih belum cukup bagi Google. Mereka bahkan ingin memperluas jaringannya dengan menjadi yang identik dengan internet itu sendiri. Google pun kemudian menelurkan browser Google Chrome, lalu perangkat Chromebook, OS Android, fitur transfer uang lewat Gmail, voice-powered search capability Google Now, dan seterusnya. Hingga akhirnya meluncurlah Google Glass.

3.     Google+

Google + memungkinkan Anda untuk membuat semacam kloningan diri untuk bergerak di dunia maya. Ini merupakan alat yang membantu dalam dunia bisnis, seperti untuk meeting atau manajemen proyek. Maka dari itu, Anda perlu Google+ dalam langkah mengoptimalkan akun Google Anda.

 

Langkah mengoptimalkan akun Google

–          Klaim Google Place Location. Ini akan memudahkan calon konsumen untuk mencari di mana letak lokasi bisnis Anda.

–          Manfaatkan recordable Hangouts dan Google Drive. Ini adalah fitur-fitur yang berguna untuk anggota tim Anda dalam berkolaborasi, bahkan untuk upaya pemasaran Anda.

–          Posting secara teratur di Google+. Tidak hanya akan menambahkan konten berharga bagi mereka yang berada dalam lingkup circles Anda, mem-posting secara teratur di Google+ juga akan meningkatkan SEO Anda.

–          Berinteraksi dengan pengguna Google+ lain. Meski bukan alat komunikasi interface yang intuitif, tapi bukan berarti Google+ hanya digunakan untuk menyebarkan informasi mengenai perusahaan atau bisnis Anda saja. Komunikasi dengan orang lain akan membantu meningkatkan peringkat Anda.

–          Gabung dengan komunitas Google+. Ini akan memperbesar peluang audiens Anda tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dan sekali lagi, itu akan meningkatkan SEO Anda, kali ini berdasarkan aktivitas niche.

Sangat penting untuk memanfaatkan berbagai macam media demi mendongkrak jumlah konsumen, meski itu media non profit sekalipun.

 

Sumber: 60SecondMarketer.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.