Marketing.co.id – Seperti pohon, bisnis online Anda harus punya akar kokoh. Demi membangun pondasi yang kuat, kita harus memastikan bisnis memiliki empat bidang hubungan kunci yang solid mencakup layanan pelanggan, review produk, lead generation, dan brand awareness. Semuanya bisa ditingkatkan dengan media sosial.
Bisnis dan reputasi online Anda dinilai oleh aksi dan kehadiran di situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dan situs media sosial lainnya.
Kunci sukses dalam mengembangkan bisnis adalah dengan menguatkan jaringan bisnis Anda. Kita bisa menggunakan Twitter untuk mendukung pelanggan atau Facebook untuk review bisnis, dan kemudian menanamkan lebih banyak bibit sebanyak mungkin di seluruh media sosial untuk mempererat hubungan dan mendapatkan peluang baru.
Rating dan ulasan produk
Tahukan Anda bahwa 80% konsumen menggunakan internet untuk penelitian produk? Jika bisnis atau layanan Anda tidak tercantum dalam peringkat tertinggi dalam hasil mesin pencari, Anda bisa kehilangan kesempatan besar mendapatkan pelanggan baru dan membangun loyalitas bagi merek Anda.
Menurut survei global Nielsen, internet sangat penting bagi orang-orang yang dalam proses pembelian dan mempengaruhi keputusan mereka ketika membeli berbagai produk seperti elektronik (81%), peralatan (77%), buku (70%), musik (69%), pakaian (69%), mobil (68%), dan makanan (62%).
Layanan pelanggan
Layanan pelanggan akan semakin berhadapan dengan orang-orang yang tidak sabaran dan memiliki sedikit toleransi tarhadap penundaan. Maka, aturlah alert pemberitahuan kata kunci di Facebook. Pantaulah Twitter mentions dengan menggunakan alat pengelolaan media sosial seperti Hootsuite untuk menanggapi dengan cepat melalui pesan pribadi sehingga pelanggan puas.
Mengarahkan pelanggan
Media sosial adalah cara luar biasa untuk menghasilkan lead baru bagi bisnis Anda. Bahkan, lebih dari 33% marketer mengatakan telah menghasilkan lead melalui Twitter. Bagikan konten yang menarik dan relevan. Dengan begitu orang-orang akan lebih cenderung ingin terlibat dengan bisnis Anda.
Brand awareness
Orang-orang sekarang ini ingin menemukan merek Anda melalui media sosial, sehingga bisnis Anda harus memiliki berbagai profil media sosial. Setelah itu posting konten yang relevan dengan industri Anda.
Selain itu, pastikan untuk memverifikasi Google Authorship Anda – yang dapat memberikan SEO yang signifikan bagi bisnis Anda dengan gambar profil Anda dari haril pencarian Google.
Statistik dan fakta tweet:
- 80% dari konsumen menggunakan internet untuk penelitian produk setiap minggunya.
- 34% dari marketer telah menghasilkan lead melalui Twitter.
- 80% dari pengguna media sosial lebih suka terhubung dengan merek di Facebook.
- 69% dari pengguna Twitter mengikuti yang disarankan oleh teman-teman.
Sumber: Dashburst.com