Catat! Ini 5 Topik Favorit Buat Mengisi Waktu Ramadan 

konten websiteBerikut lima topik favorit yang bisa dijadikan  referensi untuk menambah pengetahuan, keterampilan hingga hiburan, maupun inspirasi bagi para konten kreator. 

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Tidak terasa, Ramadan, bulan penuh ampunan dan keberkahan bagi  umat Islam seluruh dunia sudah berjalan selama sepekan. Selain mempertebal iman melalui  serangkaian ibadah, Ramadan juga menjadi bulan yang baik untuk menambah wawasan maupun  keterampilan/skill di berbagai bidang. Apalagi saat ini akses ke berbagai sumber informasi bisa  diperoleh dengan mudah melalui internet.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet  dalam negeri mencapai 215,63 juta orang (periode 2022-2023) atau setara dengan 78,19% dari  total populasi Indonesia sebanyak 275,77 juta jiwa. Dengan tingginya pengguna internet di  Indonesia, tak heran banyak platform digital yang berlomba menyajikan beraneka informasi dan  pembelajaran terutama yang berkaitan dengan Ramadan.

Berdasarkan survei Google pada Ramadan 2022, konten religius yang menempati urutan paling  atas diikuti konten inspiratif, komedi serta drama. Berikut lima topik favorit yang bisa dijadikan  referensi untuk menambah pengetahuan, keterampilan hingga hiburan, maupun inspirasi bagi  para konten kreator.

  1. Religius 

Topik yang bersifat keagamaan (religius) terutama Islami menjadi yang paling banyak  ditonton oleh pengguna internet Indonesia. Menempati urutan pertama dengan persentase  sebanyak 71%.

  1. Inspiratif 

Konten inspiratif menempati urutan kedua, dimana sebanyak 63% pengguna internet  menyaksikan topik ini selama Ramadan tahun lalu. Konten inspiratif biasanya berisi kisah kisah sukses dan motivasi dari tokoh-tokoh tertentu, seperti selebritas.

  1. Komedi 

Komedi masih menjadi favorit orang Indonesia dalam menghabiskan waktu di bulan Ramadan  melalui platform digital seperti Youtube. Ditonton oleh sebanyak 62% pengguna internet, saat  ini konten komedi jumlahnya sangat banyak mulai dari komedi tunggal, situasi komedi  (sitkom) hingga talkshow jenaka.

  1. Drama/sinetron 

Konten drama menempati urutan ke-empat dengan ditonton oleh 59% pengguna internet di  tanah air. Selain platform streaming berbayar, situs video berbagi seperti youtube pun  menjadi media bagi kreator dalam memajang karya mereka, terutama yang memiliki format  film pendek atau serial.

  1. Edukasi

Konten edukasi menjadi yang banyak ditonton selanjutnya dengan persentase penonton  mencapai 56%.

Sebagai platform edtech, Cakap turut memeriahkan bulan penuh kebaikan dengan menghadirkan konten bernafaskan Islam yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan  melalui rangkaian Cakap Raya Fest.

Konten yang disajikan seperti talkshow “Ramadan di  Negeri Orang” yang menghadirkan kisah berpuasa Warga Negara Indonesia yang tengah  menempuh studi maupun bekerja di luar negeri. Mereka akan berbagi pengalaman puasa hingga  life hack terutama dari segi adaptasi budaya, salah satunya belajar bahasa negara setempat.

Selain talkshow “Ramadan di Negeri Orang”, Cakap Raya Fest juga menghadirkan konten tips  seperti mengelola keuangan THR, manajemen keuangan saat mudik, hingga informasi mengenai  pengayaan kosakata bahasa asing saat berlibur.

Tidak hanya bersifat menambah pengetahuan, tapi juga ada kuis  yang memiliki beragam hadiah. Mulai dari promo selama acara, juga in-app promo. Ada juga,  paket data atau pulsa, serta travel voucher untuk beberapa orang yang beruntung.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.