Catat! Ini 7 Cara Efektif Marketing Melalui WhatsApp

0
8
Sumber Gambar: VerizonWireless.com
WhatsApp Business
Pelatihan UMKM dari WhatsApp Business

Marketing.co.id – Berita Marketing | Tahukah Anda kalau ternyata saat ini Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai media pemasaran? Terlebih, WhatsApp merupakan platform yang paling banyak digunakan, khususnya oleh masyarakat Indonesia.

Namun, bagaimana cara melakukan pemasaran di WhatsApp? Berikut adalah 7 (tujuh) cara marketing melalui WhatsApp yang perlu Anda coba!

1. Buat akun bisnis

Pertama, Anda harus membuat akun bisnis dengan nomor khusus untuk bisnis. Dengan adanya akun bisnis, segala hal yang berkaitan dengan pelanggan akan lebih mudah terpantau. Artinya, pemasaran bisnis juga dapat berjalan dengan lebih efektif.

Agar lebih maksimal, Anda juga dapat meningkatkan akun menjadi WhatsApp Business API. Versi upgrade dari WhatsApp Business dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung bisnis.

2. Fokus pada target pasar

Kedua, tentukan target pasar yang diinginkan. Kelompokan prospek atau pelanggan berdasarkan aspek-aspek tertentu, seperti usia, pekerjaan, geografis, dan masih banyak lagi.

Informasi tersebut dapat memudahkan Anda untuk menentukan strategi pemasaran dan konten seperti apa yang tepat untuk target pasar Anda.

3. Buat konten berkualitas

Setelah menentukan target pasar, Anda perlu membuat konten pemasaran yang berkualitas. Sehingga, dapat menjangkau calon pelanggan dan pelanggan secara efektif.

Selain untuk menarik perhatian pelanggan, konten yang berkualitas juga dapat membuat mereka bertransaksi dengan bisnis Anda.

4. Kirim pesan promosi secara berkala

Dalam upaya membangun engagement dan mengonversi calon pelanggan, Anda perlu membagikan penawaran yang menarik melalui pesan siaran.

Gunakan fitur WA blast untuk menyebarkan pesan siaran secara mudah tanpa perlu menyimpan kontak pelanggan terlebih dahulu, begitu juga sebaliknya.

Jangan lupa untuk menggunakan cara komunikasi baik melalui teknik hypnoselling, hypno-writing, dan copywriting yang baik saat mengirimkan pesan.

5. Buat katalog produk

Katalog akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk apa saja yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Gunakan WhatsApp Chatbot untuk membagikan katalog pelanggan Anda.

Dengan begitu, pelanggan dapat langsung memilih produk yang dibutuhkan tanpa perlu membuka profil bisnis Anda terlebih dahulu. Cara menawarkan produk lewat WA ini, cukup efektif untuk meningkatkan penjualan karena kemudahannya.

6. Manfaatkan fitur WhatsApp secara maksimal

WA API memiliki beragam fitur canggih dan menarik yang dapat digunakan untuk memaksimalkan pemasaran bisnis Anda. Misalnya fitur seperti “Away Message”, “Greeting Message”, dan “Quick Replies” yang sangat bagus untuk mengamankan dan memelihara hubungan pelanggan Anda.

7. Sediakan customer support

Cara marketing di WhatsApp yang terakhir namun tak kalah penting adalah menyediakan customer support yang responsif. Hal ini untuk menjaga agar saat pelanggan bertanya bisa langsung mendapatkan respon dari customer support bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda juga bisa memanfaatkan fitur WhatsApp Chatbot untuk membantu menjawab permintaan pelanggan secara otomatis selama 24/7. Jadi, tidak ada lagi pelanggan yang akan merasa kecewa karena pesan yang tidak dijawab.

Itu dia tujuh cara marketing di WhatsApp yang bisa Anda coba. Bagaimana, cukup mudah untuk dilakukan, kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.