Catat! Langkah-Langkah Membangun Fondasi Pemasaran Digital Yang Tepat Sasaran

Langkah-langkah membangun pondasi pemasaran digital yang diperkirakan akan semakin menjadi sebuah keharusan bagi dunia usaha di masa depan.

0
91

Langkah-langkah membangun pondasi pemasaran digital yang diperkirakan akan semakin menjadi sebuah keharusan bagi dunia usaha di masa depan.Marketing.co.id – Berita Digital | Peningkatan penggunaan internet di Indonesia selama pandemi COVID-19 telah menghadirkan sebuah potensi yang sangat besar bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produk dan layanan.

Berbagai laporan mencatat peningkatan penggunaan internet dan media sosial yang cukup signifikan selama pandemi. Analisis dari Kepios mengungkap bahwa pengguna baru media sosial di Indonesia meningkat sebanyak 21 juta atau setara dengan 12,6% antara tahun 2021 dan 2022 dengan rata-rata pengguna internet menghabiskan hampir 9 jam setiap harinya untuk mengakses internet.

Menurut   Founder dan CEO Sribu Ryan Gondokusumo, pandemi telah mengubah cara pandang para pelaku usaha terhadap pemasaran digital. Sebelum pandemi banyak pemilik usaha yang memandang pemasaran digital sebatas salah satu cara untuk menjangkau calon pembeli.

Namun, situasi pandemi yang berlangsung cukup lama telah mengubah hal ini. Saat ini pemasaran digital bukan lagi dilihat sebagai sekadar pilihan, namun seolah-olah telah menjadi kewajiban.

Untuk memaksimalkan potensi pemasaran digital dengan tepat dan efektif, Ryan mengatakan, setidaknya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, di antaranya:

Spesifik dalam menentukan  profil calon pembeli atau pengguna layanan Anda

Layaknya pemasaran secara konvensional, pemilik usaha harus menetapkan profil calon pembeli atau pengguna layanan yang akan dituju untuk pemasaran produk. Adalah penting bagi para pelaku usaha untuk mengetahui profil calon pembeli secara spesifik untuk produk atau layanan yang ditawarkan serta pola kebiasaan mereka.

Menetapkan channel pemasaran digital yang akan digunakan

Langkah berikutnya adalah memilih channel pemasaran digital yang akan digunakan untuk menyasar calon pembeli. Hal ini akan sangat dipengaruhi oleh jenis produk atau layanan yang hendak ditawarkan. Dengan mengenal calon pembeli dengan baik, maka pebisnis dapat dengan tepat menentukan channel pemasaran digital yang tepat, misalnya dengan menggunakan website, media sosial, SEO, dan lain-lain.

Petakan customer journey dari target pembeli Anda

Setelah mengetahui profil calon pembeli dan pola kebiasaaan mereka, maka hal yang selanjutnya perlu dilakukan adalah mencari tahu pola perilaku calon pembeli dalam membuat keputusan. Di era digital seperti saat ini, sangat lazim apabila calon pembeli menggunakan lebih dari 1 channel dalam perjalanan menuju keputusan membeli.

Misalnya, seseorang yang sedang memilih restoran mungkin pada awalnya mengetahui tentang sebuah restoran melalui media sosial, namun kemudian menggunakan mesin pencari seperti Google untuk melihat reputasi dan ulasan mengenai restoran tersebut. Bila tertarik, Ia akan mencari website restoran untuk mengetahui lebih jauh terkait menu, fasilitas, harga, cara reservasi, dan sebagainya.

Persiapkan konten Anda sebaik dan semenarik mungkin

Salah satu aspek yang paling menentukan kesuksesan suatu upaya pemasaran digital adalah konten. Di era serba digital seperti saat ini, strategi pembuatan konten yang tepat dapat menjadi kunci kesuksesan suatu bisnis.

Untuk itu, pemilik usaha perlu mempersiapkan konten dengan baik dan semenarik mungkin sesuai dengan pasar yang dituju. Konten yang menarik dan tepat bisa memberikan dampak yang sangat positif pada bisnis.

”Untuk dapat meraih kesuksesan dalam pemasaran digital, ada banyak sekali aspek yang harus diperhatikan. Selain itu, diperlukan beragam keahlian khusus untuk dapat mencapai hasil maksimal dari pemasaran digital seperti desain, penulisan, fotografi, videografi, dan pemasaran via media sosial. Namun demikian, keahlian-keahlian khusus ini terkadang tidak dimiliki oleh para pelaku bisnis. Tak sedikit yang terkendala biaya bila harus di outsource ke agensi. Mempekerjakan freelancer menjadi solusi terbaik. Hal ini yang menjadi visi misi kami di Sribu untuk menjadi platform freelancing terpercaya yang dapat menjembatani antara kebutuhan pemilik usaha dengan para freelancer berkualitas. Dengan memberdayakan freelancer, pemilik usaha dapat dengan mudah dan cepat merekrut freelancer berkualitas untuk memaksimalkan upaya pemasaran digital mereka,” pungkas Ryan.

Hingga saat ini, sebanyak 100.000 pekerjaan telah diselesaikan oleh freelancer melalui platform crowdsourcing Sribu, dengan lebih dari 26.000 freelancer terkurasi. Jenis pekerjaan yang dikerjakan meliputi pembuatan konten digital mulai dari desain logo, kemasan, banner lainnya, penulisan caption, artikel, fotografi, videografi, social media marketing, pemasaran digital dan pembuatan website.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.