Cerdas Memanfaatkan Media Sosial

Efektif_Media_Sosial_OKDemi mengejar pelanggan hingga ke dunia maya, Anda kemudian menggunakan media sosial untuk menjangkau mereka. Tapi kemudian Anda bingung, apa yang harus dilakukan agar orang-orang mem-follow Anda.

Sama halnya dengan di dunia nyata, Anda juga perlu strategi khusus untuk dapat berinteraksi dengan khalayak di media sosial. Salah satu caranya dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:

1.       Kuis

Apa yang dapat menarik perhatian massa? Tentu saja hadiah. Jadi Anda perlu mengadakan beberapa kuis berhadiah. Berikan pertanyaan dan hadiah yang sesuai dengan apa yang Anda kampanyekan. Misalnya Anda membuat media sosial untuk toko fashion Anda, pertanyaan seputar toko Anda atau fashion akan sangat disarankan. Berikan pula hadiah berupa produk merek Anda, agar produk Anda semakin dikenali.

Karena masih sangat baru, Anda juga perlu bantuan beberapa komunitas fashion atau media sosial yang berhubungan dengan merek Anda untuk meramaikan kuis tersebut. Anda juga bisa minta bantuan buzzer. Jangan lupa untuk memberikan hashtag (#) juga.

2.       Lakukan riset dengan komunikasi

Setelah komunitas kecil Anda sudah terbentuk, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penelitian kecil–kecilan dengan mengadakan diskusi. Misal, Anda bisa memberikan tweet, “Style apa yang cocok untuk menemani malam tahun baru ini ya?” Pertanyaan seperti ini akan memancing beberapa jawaban, dan Anda bisa meneliti apa yang mereka butuhkan.

3.       Rencanakan postingan

Rencanakan mengenai apa yang kira–kira bakal menjadi tren di media sosial, kemudian luncurkan postingan tentang hal tersebut. Anda juga perlu menjadwalnya tiap waktu untuk mengantisipasi kalau–kalau Anda tidak sempat nge-tweet di jam–jam produktif. Ada beberapa situs yang dapat membantu Anda menjadwal postingan media sosial, salah satunya yang gratis adalah dengan menggunakan Hootsuite.

4.       Melihat masa depan

Anda memang bukan peramal, tapi Anda bisa melihat masa depan dengan mengamati obrolan di media sosial. Dalam media sosial, ada yang mendominasi obrolan, mereka dikenal sebagai influencer, dan ada pula yang hanya berperan sebagai follower. Nah, dengan melihat berbagai hal tersebut, Anda bisa meneliti, hal apa yang kira–kira akan menarik perhatian mereka sehari hingga seminggu yang akan datang.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan Google Analytics untuk meningkatkan persepsi dan jangkauan merek Anda di media sosial. Dengan cerdas memanfaatkan media sosial, merek Anda akan sangat dikenali, terutama di dunia maya.

 

Sumber: PRDaily.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.