Cerita Drica Wibowo Membangun OmahBayi, Toko Perlengkapan Bayi

0
463
Drica Wibowo Bersama Suami dan Ketiga Anaknya
Drica Wibowo Bersama Suami dan Ketiga Anaknya
Drica Wibowo Bersama Suami dan Ketiga Anaknya
Drica Wibowo Bersama Suami dan Ketiga Anaknya

Marketing.co.id – Berita UMKM | Era digital sekarang ini semakin membuka peluang dan menegaskan peran perempuan yang bisa berkarya dari manapun. Tidak terkecuali bagi ibu rumah tangga yang kini bisa tetap produktif sembari menjadi pilar di keluarga.

Menyambut Hari Ibu di 22 Desember, Lazada Indonesia mengapresiasi perjuangan dan kegigihan ibu di Indonesia, salah satunya Drica Wibowo, pemilik OmahBayi, toko perlengkapan bayi dan anak.

Awalnya, Drica dan suami merupakan kru sebuah kapal pesiar internasional, sampai akhirnya Drica memutuskan berhenti bekerja saat hamil dan cuti untuk melahirkan. Walaupun sempat berpikir untuk kembali bekerja di kapal pesiar selepas melahirkan, namun naluri sebagai Ibu serta keinginan untuk mendampingi buah hatinya membuat Drica yang terbiasa mandiri sejak muda memutuskan menyewa kios di sebuah pasar tradisional di Wates, Yogyakarta dan mulai berjualan aneka perlengkapan bayi dan anak dengan nama toko, OmahBayi.

Berbekal keinginan untuk memastikan kesejahteraan keluarganya, Drica bepergian ke penjuru kota mencari barang untuk dijual, membagikan brosur toko demi menarik pelanggan, hingga mengikuti kelas pengembangan diri demi bisa meningkatkan kemampuannya mengembangkan OmahBayi. “Wah waktu itu banyak sekali cercaan ditujukan ke saya karena kesana kemari sambil membawa bayi. Orang bilang, saya ibu yang tega, nyusahin anak aja. Padahal semua yang saya perjuangkan ya untuk anak dan keluarga saya,” ungkap Drica.

Perjalanan Drica mengembangkan OmahBayi menjadi perjalanan yang penuh tantangan bagi seorang ibu muda, ditambah lagi dengan musibah terbakarnya bangunan toko miliknya. Dengan semangat tinggi untuk bangkit serta sang suami yang menjadi penyemangat dari jauh, Drica terus berjuang hingga kini tokonya tidak hanya pulih, namun juga berkembang pesat. Bagi Drica, sebagai perempuan, ia semakin terpacu untuk bisa sukses, karena perempuan mandiri adalah salah satu pilar keluarga.

“Saya juga berharap memiliki kemampuan untuk bisa memberikan lebih banyak pilihan kepada kedua anaknya bila OmahBayi bisa semakin maju. Pokoknya mantra saya sejak awal, ‘usaha ini harus berhasil. Harus! Makanya saya terus berpikir, selain punya toko offline, apalagi ya yang bisa saya lakukan supaya OmahBayi bisa semakin besar,” kata Drica.

Saat Lazada hadir di Yogyakarta tahun 2017 silam untuk memberikan pelatihan kepada para pengusaha UMKM lokal, Drica mendapatkan pencerahan bahwa melalui transformasi digital di platform eCommerce bisa mendukung upaya membesarkan usahanya. Saat itu, Drica bertemu dengan komunitas penjual Lazada, Lazada Club, dan menemukan mentor yang merupakan penjual senior di Lazada. Dengan bimbingan mentornya kala itu, Drica bergabung dengan Lazada dan mulai serius belajar menggunakan berbagai fitur eCommerce yang cukup awam baginya.

Semangatnya Drica tidak pernah putus dalam mempelajari fitur di Lazada. Ia juga mengikuti berbagai promosi dan kampanye Lazada, termasuk memanfaatkan fasilitas livestreaming melalui kanal LazLive. Ia juga selalu berkonsultasi dengan mentor serta tim Lazada. Hasilnya, penjualan di Lazada mulai meningkat. OmahBayi yang awalnya hanya mendapatkan beberapa pesanan setiap minggunya, kini bisa mendapatkan ratusan pesanan setiap harinya.

Di musim kampanye mega, penjualannya bahkan bisa meningkat hingga 5x lipat. Drica dan belasan orang timnya bekerja keras memproses ribuan barang pesanan setiap harinya di masa kampanye mega tersebut demi memberikan kebahagiaan bagi pelanggannya.  Di hari belanja online nasional (harbolnas) 12.12 tahun 2021 ini, OmahBayi juga mencatatkan penjualan signifikan, yang meningkat lebih dari 170% dibandingkan dengan harbolnas tahun sebelumnya.

Cerita Drica menunjukkan bagaimana seorang perempuan tidak hanya bisa berdikari, namun juga bisa menjadi penopang keluarga. “Banyak perempuan yang lupa, bahwa mereka itu juga memiliki hak yang sama dengan laki-laki. Perempuan berhak sukses, perempuan berhak bahagia, perempuan juga berhak menjadi ibu yang kuat, yang bisa menjadi inspirasi untuk anak-anaknya. Sebagai seorang ibu, dukungan anak-anak serta suamilah yang selalu menjadi kekuatan saya hingga saya bisa menjadi seperti sekarang ini,” tambah Drica. Ia percaya, perannya sebagai seorang ibu dan seorang istri tidak akan terganggu, sesibuk apapun ia dengan OmahBayi. Suaminya pun juga telah memutuskan untuk membantu Drica membesarkan OmahBayi.

Drica bermimpi bisa menjadikan OmahBayi sebagai toko penyedia perlengkapan anak dan bayi nomor satu di Indonesia. Ia bahkan kini sedang mengembangkan brand-nya sendiri, Kiddosaurus, yang fokus pada fesyen anak-anak. “Saya bersyukur sekali bisa berbisnis dan tetap dekat dengan suami dan anak-anak. Bagi saya, OmahBayi menjadi pembuktian bagaimana seorang ibu bisa sukses di rumah dan di usahanya, dan saya berharap semakin banyak perempuan, khususnya para ibu, untuk tidak takut mencoba dan berusaha, untuk bisa sukses, untuk bisa bahagia, bagi diri sendiri dan keluarganya,” pungkas Drica.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.