Ceruk Pasar: Kecil Tapi Menarik!

1 relung yg masuk ke dinding (tembok, tanah, dsb); lekuk, lubang; 2 lombong (dl tambang); 3 gua (di gunung); 4 ruang berpetak-petak (di lemari dsb); 5 sudut (pojok) di dapur (kamar, rumah, dsb); 6 lekuk (di geladak kapal dsb); 7 rongga (sela-sela dl timbunan barang dsb); 8 serokan; teluk kecil; 9 sudut jalan; jalan kecil (simpangan dsb); merupakan beberap pengertian yang ditemukan dalam kamus ketika mencari arti dari ceruk.

Dalam pasar yang umum dan laten sekecil peluang yang ada pasti terdapat ceruk yang tidak tersentuh oleh produk-produk yang beredar di pasar tersebut. Banyak alasan yang muncul kenapa perusahaan tidka menggarap peluang yang ada pada niche market yang ada, bisa karena memang perusahaan dengan niat dan sadar tidak ingin menggarap ceruk yang ada karena alasan keuntungan yang diterima atau karena memang perusahaan belum bisa membuat proyeksi yang tepat mengenai produk yang tepat dalam covering seluruh area pasar yang ada termasuk ceruk pasar yang tersedia.

Tetapi ada perusahaan yang selalu berusaha untuk menutup semua peluang pasar yang ada dengan menghasilkan produk yang sama dengan varian berbeda-beda sehingga diharapkan agar produk yang dihasilkan tersebut akan memenuhi seluruh kebutuhan pasar yang ada, selain juga menutup semua kemungkinan muncul pesaing baru seperti yang dilakukan oleh Unilever dengan dua produk pasta gigi yang saling ‘berkelahi’ dalam memperebutkan pasar yang ada. Ceruk pasar sendiri secara umum tidak terlalu besar omset yang mungkin akan dihasilkan oleh perusahaan jika dibandingkan dengan hasil yang diperoleh oleh perusahaan jika menggarap pasar yang umum selain karena biaya yang dikeluarkan akan lebih umum dan minim. Tetapi salah satu keuntungan yang dimiliki oleh ceruk pasar adalah bahwa karena bersifat unik dan agak tersembunyi sehingga jumlah pemain yang mengolah ceruk ini tidak banyak bahwa tidak ada, sehingga jika perusahaan berhasil menemukan celah ini dan mengolah dengan baik dan tepat maka bisa dikatakan perusahaan tersebut akan memanfaatkan seluruh potensi keuntungan dalam ceruk itu tanpa ada gangguan dari pesaing lain yang mungkin akan cenderung ‘ignore‘ dengan peluang ini.

Ada sebuah kondisi yang cukup ‘unik’ yang dapat dilihat bagaimana Telkomsel dengan dua produk kartu provider yang secara jelas menutup dan mengkover dua segmen yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda, salah produk lebih condong ke menengah keatas yang tercermin dengan harga serta yang satu lebih menyasar konsumen yang menengah kebawah, yang menjadi ‘keunikan’ disini adalah  potensi yang digarap dalam pasar layanan provider ini sangat besar dan luas sehingga banyak pemain yang juga menerapkan strategi yang sama sebagai contoh Indosat dengan dua produk  atau juga kedua perusahaan tersebut yang sama meluncurkan produk layanan broadband internet atau juga layanan provider khusus untuk CDMA oleh salah satu BUMN Indonesia yang juga memiliki banyak pesaing. Pasar ini sangat unik karena jumlah potensi yang bahkan belum ter-cover cukup besar dan karena potensi ini sehingga setiap langkah yang dilakukan oleh pesaing untuk menjangkau setiap titik peluang pasar meskipun akan memakan biaya yang cukup pihak pesaing akan dengan senang mengikuti langkah pesaing tersebut.

Berbeda ketika berbicara ceruk yang digarap oleh Produk Bebas Gula Tropicana Slim yang secara jelas dan baik sekali menggarap peluang yang ada, baik dengan inovasi produk yang baik hingga marketing yang tepat sasaran, selain menyasar para pengguna yang khusus tidak menggunakan gula umum, produk ini juga mulai melebarkan sayap dan mengedukasi konsumen yang lain untuk menggunakan produk ini agar ‘sehat. Hal ini merupakan langkah yang sangat tepat dan berada di jalur yang cukup baik jika benar-benar dikembangkan dengan baik, karena dari keuntungan produk ini sudah memiliki pasar yang bisa dikatakan loyal (salah satu karena jumlah pesaing yang bermain sedikit) dan jika dikelola dengan baik dengan teknik pemasaran yang gencar dan tepat sasaran maka peluang untuk menguasai bahwa mengambil pasar Gula umum akan bisa tercapai. Mengingat kebutuhan konsumen yang sangat tinggi akan kesehatan Mereka maka hal ini menjadi jalan masuk yang sangat bebas hambatan kembali jika dikelola dengan baik.

Tentu saja inovasi menjadi kata kunci serta kejelian pihak yang bertanggung jawab dalam marketing, bukan hanya dalam memasarkan dan mempromosikan produk ini tetapi juga dalam memmbaca apa yang diinginkan oleh  konsumen, keinginan untuk menjaga kesehatan dengan tetap menikmati banyak kenikmatan seperti produk yang umum merupakan hal ini bisa dimasuki dan didalami oleh perusahaan produsen Tropicana Slim, hasil kerja sama yang baik antara marketing dengan bagian produksi ini menggarap peluang ini merupakan hal yang sangat baik, seperti menghasilkan produk bebas gula rendah kalori dengan bentuk cair khusus untuk produk kue atau inovasi pada bentuk dan lain-lain, tetapi jika dilihat keuntungan yang didapat dari produk bebas gula ini semakin besar dan menjanjikan maka bisa dijamin para pesaing lain juga akan masuk ke dalam ceruk pasar ini.

Ceruk yang tepat akan terus ada dan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama dan sulit untuk berubah, kecuali jika memang secara general perilaku Manusia di dunia secara berubah maka bentuk dan kategori yang digolongkan dengan ceruk juga akan berubah sehingga ceruk ini merupakan jaminan pasar yang tidak akan berubah secara drastis keinginan yang mungkin muncul seperti pasar laten yang ada. Hal ini yang membuat ceruk pasar yang meskipun secara keuntungan lebih sedikit dibandingkan keutnungan jika bergerak di pasar umum secara rata-rata tetapi memiliki konsumen yang cenderung loyal sehingga hal ini membuat ceruk ini sangat menarik untuk digarap. Salah satu aplikasi sederhana yang diambil oleh UKM kecil membuka kebun yang bersatu dengan alam dimana tanaman yang ada didalam kebun tersebut memiliki aroma terapi yang sekaligus menyembuhkan serta dibuat secara khusus untuk spesifik untuk sakit tertentu dimana dalam kebun ini juga dapat menyediakan obat-obatan alami untuk para pengunjung. Intinya ide-ide unik yang ada dikepala jangan dianggap remeh dan dihalangi untuk muncul tetapi coba dikaitkan dengan semua peluang yang ada, karena siapa sangak bisa menjangkau ceruk pasar yang baru dan menjanjikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.