Ciptakan Bisnis Berkelanjutan, Blibli Resmikan Pembangunan Gudang Berkonsep Green Building

Blibli, groundbreaking blibli, pusat pergudangan blibli, blibli indonesia, ecommerce, warehouse groundbreaking
Foto: marketing.co.id/lialily

Marketing.co.id – Berita Marketing | PT Global Digital Niaga Tbk resmi memulai pembangunan gudang seluas 100.000 meter persegi di kawasan Marunda, Jawa Barat. Gudang yang diproyeksikan akan mulai beroperasi pada tahun 2024, akan menjadi gudang terbesar Blibli dan akan melengkapi 16 gudang yang telah dimiliki saat ini, serta 33 hub Perseroan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kusumo Martanto, CEO dan Co-Founder Blibli menjelaskan, Gudang di kawasan industri Marunda ini juga akan mengimplementasikan desain bangunan dengan konsep green building sebagai wujud keseriusan Blibli menciptakan bisnis berkelanjutan. Pembangunan gudang ini dirancang ramah lingkungan mulai dari penggunaan material untuk pembangunan, pemanfaatan penerangan alami, tanki penampungan air hujan, hingga pengelolaan limbah operasional yang mengacu pada prinsip dan standar pengelolaan agar berdampak positif bagi lingkungan, sosial, dan tata kelola usaha.

“Pembangunan ini bekerja sama dengan PT Mekar Multi Jasa melalui pola built and operate. Selain itu, sebagai platform omnichannel commerce dan gaya hidup terpercaya dengan ekosistem terintegrasi, Blibli berupaya mendorong pertumbuhan ekosistem perdagangan Indonesia melalui dukungan sektor logistik dan rantai pasok yang kuat. Kami berharap upaya ini dapat terus memperkuat inklusivitas pada ekosistem Blibli yang berkelanjutan disertai dengan inovasi berbasis teknologi yang customer-centric. Komitmen ini sejalan dengan upaya Blibli menghadirkan kepuasan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar dia.

Blibli, groundbreaking blibli, pusat pergudangan blibli, blibli indonesia, ecommerce, warehouse groundbreaking
Jajaran Direksi PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) melakukan penanaman pohon usai groundbreaking gudang Blibli di kawasan Marunda, Jawa Barat (11/5). Blibli akan membangun gudang di atas lahan seluas 10 ha yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengiriman barang dari dan ke seluruh Indonesia. Foto: marketing.co.id/lialily

Tak hanya itu, kehadiran gudang ini selaras dengan komitmen Blibli dalam memelopori smart logistics & supply chain management, yang dilengkapi dengan teknologi untuk mendukung otomasi penyimpanan, distribusi rantai pasok, hingga pengiriman langsung kepada konsumen akhir. Gudang Marunda juga disiapkan untuk mendorong optimalisasi alur logistik Blibli, sehingga membuat waktu pengiriman barang ke pelanggan di seluruh Indonesia menjadi lebih cepat dan efisien. 

Komitmen ini terlihat jelas pada pemilihan lokasinya yang dekat dengan akses ke beberapa pusat logistik, seperti Pelabuhan Marunda, Pelabuhan Tanjung Priok, hingga Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Berbekal all-in-one-tech-powered solutions, gudang Marunda disiapkan untuk melayani pemenuhan kebutuhan langsung para pelanggan berkisar 40-50% dari seluruh pesanan gudang Blibli. Kemudian, sebagai pusat rantai pasok di mana sebagian besar pemasok (bulk supplier) asal Jabodetabek akan mengirimkan produknya ke gudang Marunda sebelum didistribusikan ke seluruh gudang Blibli serta mengakomodir lebih banyak pesanan Disediakan Blibli (Fulfillment by Blibli/FBB) dengan kapasitas gudang Marunda yang besar. 

Beroperasinya gudang Marunda nantinya akan semakin memperkuat sinergi antara BES Paket sebagai mitra logistik pengiriman ke konsumen akhir yang dimiliki sendiri (1PL) dengan lebih dari 20 mitra logistik pihak ketiga (3PL partner) dalam menyokong layanan pengiriman 2 Jam Sampai, yang kini telah hadir di 42 kota.

Keberadaan gudang Marunda juga turut memperluas jangkauan solusi layanan Fulfilment by Blibli dimana seluruh infrastrukturnya dapat digunakan oleh para mitra seller, didukung ribuan pekerja, puluhan loading dock, serta kemampuan memproses hingga puluhan ribu pesanan per jam. 

“Melalui pembangunan warehouse terbesar ini, kami berharap bisa dapat bersama-sama memberikan dampak berkelanjutan sesuai dengan prinsip Blibli sebagai omnichannel commerce dengan sustainable business, yang juga dapat memperkuat operational excellence kami,” tutup Kusumo.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.