Ciptakan ‘Personal Brand’ yang Mengesankan

0
7330
personal branding
Kendalikan kehadiran online Anda untuk menciptakan personal brand yang mengesankan

Marketing.co.idPersonal Branding telah berkembang pesat sejak pakar manajemen – Tom Peters – mendefinisikan istilah tersebut pada tahun 1997.

Hari ini, personal branding mencerminkan informasi yang tersedia tentang Anda di web – terutama pada platform media sosial. Berikut cara membuat personal brand online yang mengesankan:

Kenali diri dan keunggulan Anda.

Personal brand Anda mencerminkan siapa Anda. Rasa-rasanya tidak mungkin Anda bisa membuat personal brand jika Anda tidak mengerti kekuatan dan kelemahan Anda sendiri.

Ini tentang penilaian realistis dari kekuatan dan kelemahan Anda, apa yang Anda suka lakukan dan keterampilan apa yang Anda kuasai.

Membuat nama merek yang mudah diingat.

Jika Anda memiliki nama yang unik, jadikan nama tersebut untuk merek Anda. Jika tidak, buatlah nama merek yang mudah diingat dari nama dan arah karir Anda. Tentunya, Anda ingin orang-orang dapat menemukan Anda dengan mudah, bukan?

Milikilah ‘kartu as’

Belilah nama domain yang sesuai dengan nama merek Anda dan mengamankan laman Facebook, Twitter, dan Google+ juga. Jika Anda menemukan nama merek Anda sudah ‘dimiliki’ oleh orang lain, buatlah nama merek yang berbeda.

Dengan LinkedIn, Anda akan menggunakan nama asli Anda, sehingga hal itu akan menempatkan nama merek Anda menonjol dalam profil Anda.

Buatlah website untuk nama domain Anda.

Buatlah sebuah situs dengan domain nama Anda. Anda bisa menggunakan produk seperti WordPress.

Mengatur update otomatis

Guna memudahkan Anda menjangkau orang yang berbeda pada platform media sosial, carilah aplikasi yang memungkinkan Anda posting secara simultan kepada mereka semua.

Ada banyak aplikasi pilihan yang bisa Anda gunakan di luar sana. Salah satunya Anda bisa menggunakan versi gratis dari Hootsuite.com.

Berbagi konten secara teratur

Teruslah berbagi konten seperti berita yang relevan dan update pribadi yang membangun hubungan emosional dan menyampaikan karakter yang positif.

Dapatkan umpan balik dari orang yang Anda percaya

Saran dan dorongan orang lain membantu menjaga ‘pengembangan merek’ Anda pada target. Philip Styrlund, CEO The Summit Corp merekomendasikan untuk  mendirikan ‘dewan direksi’- sebuah rekan terpercaya yang dapat menilai upaya-upaya Anda.

Otentik

Berusahalah bersikap otentik walaupun kadang hal itu beresiko. Menurut Meg Guiseppi, penulis buku 23 Ways You Sabotage Your Executive Job Search. “Jangan berasumsi bahwa bersikap otentik akan membuat orang lain menjauh,” jelasnya. “Tidak ada yang tertarik untuk bekerja dengan orang kebanyakan.

Itulah 8 langkah mudah membuat personal brand yang mengesankan. Apakah Anda memiliki langkah lain dalam personal branding? Beritahu kami melalui kolom komentar.

Sumber: INC.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.