Conchita Caroline: UKM Harus Manfaatkan Momen Piala Dunia

0
1037
Conchita Caroline
Conchita Caroline

Siapa yang menyangka, selain piawai dalam menyampaikan informasi seputar berita sepak bola, ternyata presenter Conchita Caroline juga memiliki wawasan yang cukup di bidang bisnis dan marketing.

Dalam pertemuan dengan Conchita beberapa waktu yang lalu, ia berbicara tentang bagaimana seharusnya merek memanfaatkan ajang Piala Dunia untuk kegiatan pemasaran.  “Momen piala dunia itu sangat baik jika dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis,” katanya. “Dan nggak cuma merek besar, karena merek kecil pun bisa memanfaatkan hal tersebut,” lanjutnya.

Conchita Caroline
Conchita Caroline

Menurutnya, sifat para penggila bola yang relatif loyal dan fanatik akan memberi kemudahan para pelaku bisnis ukm. Hanya saja, mereka harus lebih kreatif.

Gadis yang akrab disapa Chita itu juga berpendapat, sudah sangat banyak kafe, resto, atau tempat komersil yang memanfaatkan momen nobar (nonton bareng). Jadi harus ada beberapa perbedaan yang ditampilkan oleh mereka.

“Untuk bisnis lapangan futsal misalnya, mereka bisa mengadakan kompetisi antar fans negara peserta Piala Dunia sebelum nobar berlangsung. Sementara yang lain, bisa menjual merchandise atau jersey. Memberikan tawaran berupa door prize juga cukup menggiurkan kok,” terang Chita menjabarkan.

Bukan tanpa alasan Chita memiliki wawasan tentang dunia marketing dan bisnis dengan cukup baik. Pasalnya, kini ia tengah mengambil studi manajemen bisnis di salah satu universitas swasta di Jakarta.

Di sisi lain, penyuka film bergenre thriller itu juga mengatakan bahwa sepak bola adalah olahraga yang paling banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia. Inilah yang kemudian membuat para pengusaha wajib mengaitkan merek atau produknya dengan sepak bola, apalagi di momen akbar seperti Piala Dunia 2014 yang sebentar lagi akan digelar.

“Saya pernah nanya sama tukang stiker yang berjualan di depan stadion Gelora Bung Karno. Katanya ia bisa mendapatkan untung sekitar Rp 100.000 per harinya, padahal cuma stiker yang dijual antara Rp 500 hingga Rp 1.000. Hanya saja masyarakat masih ada yang suka gengsi,” ucap Chita menyayangkan.

Tidak hanya itu, kesempatan ini juga membuka peluang bagi para mahasiswa untuk menggali dana dengan menjadi penyelenggara event nonton bareng piala dunia. Seperti yang ingin dilakukan Chita dan teman-temannya.

“Saya sih pingin ngadain acara nobar di café atau resto pada Piala Dunia nanti. Untungnya lumayan kok. Tapi nggak tahu deh jadi apa nggak,” tutup seleb yang kini tengah di-endorse oleh Adidas Indonesia tersebut.

Wah, wah, wah… Cantik, sukses, populer, pandai melihat peluang bisnis pula. Emang keren deh Chita. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.