Copper Orange, Tren Warna Utama 2015

Nilai-nilai utama untuk tren warna 2015 adalah kepositifan, kehangatan, dan menemukan keindahan dalam kehidupan sehari-hari.

tren warna 2015, duluxDulux, brand dari AkzoNobel, telah mengenalkan Copper Orange sebagai Colour of the Year 2015.

Warna ini merupakan bagian dari ColourFuturesTM, sebuah studi global tentang tren warna yang dilakukan oleh Dulux, merek dagang yang dipasarkan AkzoNobel.

Peluncuran tersebut dilakukan di tengah kemeriahan Jakarta Fashion Week 2014 di Senayan City, Jakarta, beberapa waktu lalu. Bagi Dulux, tahun ini menandai edisi kedua belas Dulux ColourFuturesTM. 

 Jeremy Rowe, Managing Director AkzoNobel Decorative Paints South East & South Asia  menjelaskan bahwa studi global tentang tren warna yang dilakukan Dulux ini berakar dari kehidupan nyata dan dekat dengan hal yang terjadi di dunia.

 “Riset kami selalu berakar dari kehidupan nyata serta dipengaruhi perilaku konsumen dan industri desain, kami dapat memberikan informasi penting bagi konsumen dan rekan kami,” jelas Jeremy.

Sebagai produsen cat dan pelapis terkemuka di dunia, lanjut Jeremi, Dulux ingin membagi pengetahuan tentang warna sehingga seluruh dunia dapat terinspirasi dan membuat proses dekorasi menjadi lebih mudah.

Menurutnya, Copper Orange yang terpilih sebagai  Colour  of the Year  2015,  merefleksikan dan menekankan tren-tren utama di tahun 2015, yaitu kehangatan dan pendekatan baru pada konsep berbagi; palet warna alam, dari tanah liat ke teriknya sinar matahari; warna kulit yang merefleksikan interaksi manusia dan nuansa sepia masa lalu.

Warna ini memiliki kedalaman yang berpadu sempurna dengan konsep keseharian.  Dari Stockholm ke Shanghai, semburat warna metalik semakin memiliki peran penting di perkembangan desain modern. Menggantikan warna biru dan hijau yang dingin beberapa tahun terakhir, hadir spektrum warna merah muda yang lebih hangat, merah dan oranye berbaur merefleksikan pandangan lebih positif pada dunia.

Riset AkzoNobel Global Aesthetic Center menunjukkan Copper Orange sebagai terjemahan warna yang paling tepat untuk merepresentasikan tren ini. 

“Sebagai perusahaan otoritas warna global, AkzoNobel berperan dalam berbagai tren yang berkembang di seluruh dunia dilihat dari beberapa aspek, seperti sosial, ekonomi, dan desain, karena kami meyakini area-area ini yang pertama kali menampilkan pergerakan warna masa depan, Lanjut Jeremy lagi.

Setiap tahun, AkzoNobel Global Aesthetic Centre bertemu dengan kelompok pakar kreatif dari berbagai bidang dan latar belakang, mulai dari warna, desain, arsitektur, dan fashion untuk berdiskusi tentang tren dan palet warna yang akan berkembang di tahun depan.

ColourFuturesTM, tren dan prediksi Dulux keluarkan adalah hasil dari riset yang berlangsung terus-menerus. Setiap  tahun, ColourFuturesTM menampilkan faktor-faktor pembentuk tren dan mempengaruhi pilihan Colour of The Year yang dirilis. 

Mewakili seluruh dunia, dari Asia, Amerika, Amerika Selatan, Afrika Selatan, hingga Eropa, para ahli ini mendiskusikan yang dianggap  berpengaruh penting dan akan bertahan selama satu tahun.

Mereka menggunakan berbagai sumber nasional dan internasional, dari seni murni ke teknologi, desain ke alam, arsitektur ke  fashion, dan dari musik ke budaya populer. Semua ini dilakukan setahun lebih awal, agar dapat mengumpulkan seluruh informasi terkini tentang perkembangan tren. 

Tahun 2015, di edisi kedua belas ColourFuturesTM, suasana yang ditampilkan adalah mencari dan menemukan hal ekstra yang memberikan perbedaan dalam kehidupan kita, serta menambahkan nilai plus setiap hari.

Dengan mengeksplorasi area yang belum dimanfaatkan, seperti juga hubungan antara manusia dan dengan lingkungannya, Dulux belajar melihat dunia dengan cara baru yang lebih unik.

“Kami menemukan cara orisinil dan lembut untuk  menambahkan warna dalam keseharian, dengan mewujudkan lingkungan yang lebih peduli dan saling berbagi satu sama lain, Kata Jeremy. “Keberlanjutan sekarang juga telah menjadi keharusan, bukan sekadar preferensi, dan membutuhkan komitmen penuh. Ini semuanya tentang menemukan keindahan di hal-hal biasa.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.