Corporate Image Award 2018 untuk Perusahaan Terbaik

0
2818
corporate image award 2018

Corporate Image Award adalah penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang mempunyai Corporate Image terbaik di kategori industrinya masing-masing berdasarkan survei independent yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group – Research Division. Pengukuran Corporate Image ini sudah dimulai sejak tahun 2000 dan tahun ini sudah memasuki tahun ke-18. Acara malam penganugerahan ini berlangsung atas kerjasama antara Frontier Consulting Group dengan Majalah Marketing selaku official media partner.

Survei ini dilakukan terhadap empat kelompok responden, yaitu manajemen/pelaku bisnis, stock holder/ investor, jurnalis dan masyarakat publik.

corporate image award 2018
Handi Irawan, CEO Frontier Group,memberikan award ke perusahaan terpilih.

Jumlah responden yang dilibatkan sebanyak 3000 responden terdiri dari 660 untuk panel Publik, 1140 Panel Manajemen, 1020 Panel Investor dan 180 Panel Jurnalis. Survei dilakukan dengan cara face to face interview. Metode pengambilan sampel face to face interview  untuk responden manajemen, stock holder/investor dan jurnalis menggunakan purposive sampling dan untuk responden publik menggunakan multistage area random sampling Waktu pelaksanaan survei pada bulan Maret – April 2018.

Acara awarding night berlangsung di Hotel Mulia. Sebelum penyerahan award didahuli dengan gala dinner dan entertainment dan presentasi bisnis. Presentasi pertama dari Manfred Ekblad, CTO Astronout Technology, yang memaparkan mengenai improving corporate image through review funneling.

Menurut Ekblad, funneling reviews perlu dilakukan untuk leverage semua reviews baik yang good review maupun bad review. Perusahaan tidak perlu bersikap over reactive terhadap bad review karena dapat membantu mengidentifikasi masalah di dalam perusahaan, meningkatkan produk dan proses, serta menyelamatkan hubungan dengan konsumen sebelum terlanjur rusak.

Corporate Image Award 2018
Manfred Ekblad menyampaikan presentasinya di acara Corporate Image Award 2018.

Presentasi kedua merupakan short seminar dari Handi Irawan, CEO Frontier Group, yang mengambil tema “Corporate Image and Social Media”. Menurut Handi, media sosial adalah corong bagi perusahaan. Meskipun demikian perusahaan tak bisa hanya sekedar mengikuti tren. Media sosial harus dikelola dengan benar agar memberi hasil yang nyata dalam membangun corporate image.

corporate image award 2018
Handi Irawan menyampaikan presentasi dalam acara Corporate Image Award 2018 di Hotel Mulia, Jakarta

Penghargaan Corporate Image Award 2018 terbagi dalam 35 kategori dan diberikan kepada lebih dari 100 perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang meraih Corporate Image Award 2018 ini memiliki keunggulan di banding perusahaan lain terutama pada 4 hal yaitu quality, performance, resposibility dan attractiveness.

Kesadaran para eksekutif di Indonesia akan pentingnya citra perusahaan kini semakin meningkat. Hal itu tampak dari beragam strategi dan program yang mereka jalankan untuk membangun citra perusahaan. Bahkan sekarang sudah ada perusahaan yang memiliki direktur yang khusus menangani program corporate social responsibility.

Perhatian seperti itu tidaklah berlebihan. Pasalnya, perusahaan yang memiliki citra baik bakal memperoleh banyak keuntungan. Citra perusahaan yang bagus akan memengaruhi kekuatan perusahaan dalam membangun loyalitas pelanggan; menjalin aliansi dengan para pemasok; menarik minat para investor; memikat caloncalon karyawan berkualitas; dan diyakini menjadi salah satu faktor penentu harga sahamnya di bursa. Semuanya ini pada akhirnya akan mendatangkan peluang yang lebih baik dalam meningkatkan profit dan sustainability perusahaan.

(*)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.