CrediBook Bantu UMKM Daerah dapat KUR

0
1439

Marketing.co.id – Berita UMKM | Startup pembukuan digital CrediBook, sepanjang 2021 telah membantu pelaku usaha mengembangkan bisnisnya melalui Ekosistem Digital bagi rantai pasok UMKM. Segmen grosir hingga peritel merasakan dampak nyata digitalisasi usaha lewat layanan CrediBook yang terdiri dari pencatatan keuangan digital dan grosir digital CrediMart.

CEO & Co-Founder CrediBook Gabriel Frans menyatakan, digitalisasi UMKM harus terus digenjot terutama ke wilayah pelosok. Dia juga mengatakan, manfaat digitalisasi harus dirasakan oleh UMKM secara menyeluruh.

“Di aplikasi pencatatan keuangan digital CrediBook, sebanyak 45 persen pengguna berada di kota tier 2 dan 3. Begitu juga dengan layanan grosir digital CrediMart. 50 persen wilayah operasional CrediMart ada di wilayah Kabupaten. Ini membuktikan bahwa UMKM daerah juga mau terbuka dengan digitalisasi, tidak kalah dengan UMKM di kota-kota besar”, jelas Gabriel.

Baca juga:Dengan Fitur Agen BukaSend, UMKM Bisa Jadi Mitra Perusahaan Logistik

Zaenal, pengguna CrediBook yang berdagang pulsa di Pekalongan, Jawa Tengah, mengaku terbantu dalam mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) karena memiliki catatan keuangan yang rapi di CrediBook.

“Di aplikasi CrediBook saya bisa buat laporan keuangan dalam waktu kurang dari 5 menit. Saya lampirkan laporan keuangan usaha 3 bulan terakhir dari CrediBook saat mengajukan KUR dan pihak Bank sampai kaget usaha kecil seperti saya punya laporan keuangan yang rapi. Nggak sampai lima hari, pengajuan saya cair,” jelas Zaenal.

Sementara itu, Lamhot Sihaloho, pemilik toko grosir di Kabupaten Bandung juga merasakan dampak positif digitalisasi lewat layanan CrediMart. “Sejak jadi mitra grosir CrediMart bulan Juni lalu, omzet harian saya naik sampai 50 persen. CrediMart bantu jualkan barang toko saya lewat online dan saya mendapatkan dashboard digital untuk pantau pesanan pelanggan. Digitalisasi membantu omzet saya tumbuh dan memudahkan pengelolaan toko saya,” ungkap Lamhot.

Baca juga: Cerita Drica Wibowo Membangun OmahBayi, Toko Perlengkapan Bayi

Gabriel menegaskan,  CrediMart secara konsisten melakukan pelatihan serta pendampingan UMKM di berbagai kabupaten dan kota. Sepanjang 2021, CrediBook melakukan 80 kegiatan edukasi baik secara offline dan online seperti edukasi melalui pelatihan, media sosial, dan lainnya guna meningkatkan literasi digital dan keuangan secara bersamaan.

“Ke depannya, kami optimis ekosistem digital CrediBook bisa membantu semakin banyak UMKM untuk berkembang,” kata Gabriel.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.