CSR: Pacific Paint Cat Seratus Tempat Ibadah

silvana wijaya, marketing communication PT Pacific Paint
Silvana Wijaya, Marketing Communication PT Pacific Paint

Bertempat di Masjid Cut Meutia, Jakarta (10/1), PT Pacific Paint resmi menutup kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) “Hundred in Fifty Harmony”.

Kegiatan CSR yang dimulai sejak tanggal 10 November 2004 dan berakhir pada tanggal 6 Januari 2015 ini merupakan rangkaian pengecatan gratis kepada 100 tempat ibadah se-Jadetabek selama 50 hari.

Silvana Wijaya, Marketing Communication Pacific Paint mengatakan bahwa kegiatan CSR ini merupakan salah satu dari kegiatan CSR perusahaan dengan maksud ingin mempererat persaudaraan antar umat beragama, melalui indah dan cerahnya warna pada bangunan khususnya tempat ibadah.

“Tema ini memiliki filosofi serupa dengan tempat ibadah, di mana ada banyak orang dengan latar belakang profesi yang berbeda tetapi mereka memiliki satu iman. Hal itu sesuai dengan tujuan program ini, yakni mempersatukan keragaman dalam harmonisasi warna.”

“Konsep keharmonisasian sendiri tercetus dari refleksi kerukunan antar umat beragama yang terjalin di Indonesia dengan sangat harmonis, tanpa adanya pembedaan suku, ras, dan agama,” kata Silvana.

Pacific Paint melalukan seleksi tempat ibadah (Masjid, Gereja Katolik, Gereja Kristen, Vihara, dan Pura) di wilayah Jadetabek untuk mencari yang bersedia mengikuti kegiatan ini. Setelah mendapatkan 100 tempat ibadah (dominasi Masjid), kemudin tim melakukan Survei bidang area yang akan dilakukan pengecetan (exterior only).

Kegiatan survei dilakukan mulai dari pengukuran luas area, pengecekan bidang yang akan dikerjakan, dan konsultasi warna yang akan digunakan.

Kemudian perushaaan mendistribusikan cat dan peralatan ke masing-masing tempat ibadah berikut dengan tenaga ahlinya. Setelah masuk proses pengerjaan, barulah tim technical support melakukan controlling ke lapangan untuk memastikan pengerjaan sesuai dengan prosedur pengecatan perusahaan apa tidak.

“Ketika kami datangi (tempat ibadah) kondisi catnya sudah terkelupas dan tidak enak dipandang. Selain itu, kami juga harus memastikan semua selesai tepat waktu (50 hari) dan indah,” kata Silvana lagi.

“Dari 100 tempat ibadah ini,” lanjut Silvana, “perusahaan menghabiskan sekitar 3000-an kaleng cat. Dari 100 tempat ibadah tersebut, 70%-nya adalah masjid.”

Untuk kegiatan CSR sendiri, PT Pacific Paint tidak kurang selalu menyiapkan dana lebih dari 1 miliar setiap tahunnya.

PT Pacific Paint merupakan perusahaan cat pertama di Indonesia yang mempoduksi cat dekoratif. Seiring berkembangan untuk memenuhi pasar, Pacific Paint juga memproduksi cat industri dan otomotif. Perusahaan mendistribusikan penjualan produknya hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.