Kepuasan Pelanggan: Siapakah Vendor yang menempati posisi teratas?

0
1283

Marketing.co.id- Customer satisfaction atau kepuasan pelanggan merupakan suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan terpenuhi.

Untuk itu, pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting untuk menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan tentu saja lebih efektif. Namun, siapakah yang menempati urutan teratas terkait kepuasan pelanggan untuk industri seluler?

Menurut data terbaru yang diluncurkan JD Power and Associates dalam laporan tahunannya menyebutkan, dalam hal kepuasan pelanggan Apple masih menempati posisi teratas.

Apple menempati posisi teratas dengan 59 poin lebih tinggi dari pesaing terdekatnya HTC. Dan peringkat Apple 54 poin lebih tinggi daripada yang mereka dapat tahun sebelumnya.

Dalam data tersebut, Samsung terlihat mengalami lonjakan kedua terbesar setelah Apple. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengalami kenaikan 48 poin dan mengantarkan mereka ke posisi ketiga.

Nokia juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, namun dalam kepuasan pelanggan sepertinya tidak setinggi ulasan kritis terhadap handset Lumia.

Menariknya, pengamatan yang dibuat oleh lembaga survey berbeda terlepas dari perangkat yang digunakan menemukan bahwa, pelanggan semakin merasa puas dengan ponsel cerdas mereka saat menggunakan aplikasi jejaring sosial dan permainan, dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Dalam kedua kasus tersebut, peringkat Average customer berada dibawah 800 (pada skala 1000 poin) untuk mereka yang menggunakan jejaring sosial atau permainan dibandingkan sekitar 752 bagi mereka yang tidak mengunakannya.

Selain itu, studi ini menemukan bahwa 19 persen dari pengguna ponsel pintar membeli perangkat berdasarkan harga, namun yang menjadi  faktor utama dalam menentukan tingkatan kepuasan sangat bergantung pada performa (33%), diikuti oleh desain fisik (23%), fitur (22%), dan kemudahan operasi (22%).

Studi kepuasan pelanggan ini menggabungkan pendapat dari 8.736 pemilik ponsel cerdas yang disurvei antara Januari sampai Juni 2012.

Sumber: jdpower.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.