CUSTOMER SERVICE: Mudah dalam Teori Paling Sulit dalam Implementasi

Customer service adalah layanan yang diterima konsumen sebelum, selama, dan setelah pembelian. Ini adalah faktor utama yang menjadi penentu kepuasan pelanggan dan value yang diberikan, selain mutu produk itu sendiri.

Tujuan customer service yang sebenarnya bukanlah hanya mencapai kepuasan pelanggan, tapi juga untuk menciptakan customer loyalty (pelanggan yang setia dan terus membeli dari kita). Customer service adalah bagian dari setiap pengalaman yang diterima oleh konsumen.

Customer service sudah menjadi bagian terpenting dalam setiap bisnis saat ini. Bahkan ini adalah satu-satunya komponen yang bisa membedakan kita di antara begitu banyak kompetitor yang tidak dapat atau sangat sulit untuk ditiru.

Bagaimana kita bisa mencipakan customer service adalah sangat bervariasi dari satu perusahaan dengan perusahaan lain. Kreativitas dan komitmen sangat dibutuhkan dalam hal ini agar perusahaan kita bisa menjadi unik di mata konsumen dan mampu tampil menonjol. Selain mutu produk atau layanan yang diberikan perusahaan, customer service adalah komponen terpenting berikutnya yang menentukan daya tahan dan daya saing suatu perusahaan.

Sumber:

Laura Lake

About.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.