Dari Makelar Menjadi Bos Sneakers

Marketing.co.id – Berita UMKM | Siapa tidak kenal sneakers? Sekarang sepatu ini tak hanya kebutuhan, tapi telah menjadi sebuah fashion. Pasalnya sneakers sudah menjadi sebuah budaya ‘hypebeast’ dalam mengekspresikan karakter personal agar terlihat muda dan kekinian. Tak mengherankan jika banyak anak-anak muda yang melirik sneakers sebagai peluang usaha.

Itulah yang terjadi pada Reynard Gozali. Pemuda kelahiran 29 Agustus 1996 ini sudah memulai bisnis sneakers dengan nama boomboom.id sejak berumur 19 tahun. Butuh waktu dan proses yang tidak singkat bagi Rey—demikian Reynard biasa disapa–untuk membangun bisnis ini.

Diungkapkannya, bermula dari menjual via Instagram sejak tahun 2015 dengan hanya modal sebagai perantara atau makelar untuk mencarikan sepatu sepatu konsumennya, sekarang Rey sudah membangun toko sendiri. Di tokonya yang beralamat di Jl Kedoya Raya No.3, Kedoya, Jakarta Barat, tersedia ratusan koleksi sneakers.

Baca juga:Sneakers Jokowi hingga Krisdayanti Jadi Sorotan, Ini Fakta Menariknya!

Konsep dan ide toko sneakers dibangun Rey tidak main-main. “Selain sering diliput oleh para Youtubers kondang seperti Raffi Ahmad, Andre Taulany, Roy Ricardo, dan lainnya, Boomboom.id pernah melakukan kolaborasi eksklusif dengan Sean Wotherspoon pada tahun 2019, sang designer Nike yang sangat kodang di kancah internasional,” katanya.

Reynard Gozali, pemilik boomboom.id
Reynard Gozali, pemilik boomboom.id

Menurut Rey, memulai bisnis itu tidak harus melulu masalah modal, yang penting tekun dan konsisten dalam menjalani. “Saya selalu tanamkan dalam diri saya untuk melakukan hal hal kecil dulu, karena hal hal kecil itu bisa menjadi besar kalau kita konsisten dan kerja keras,” ucapnya.

Berkat kegigihannya, boomboom.id saat ini menjadi salah satu toko sneakers langganan para influencer dan Youtubers. “Kami sering mendapatkan produk-produk limited yang sangat susah dicari. Tak perlu repot untuk keluar negeri atau antre karena dengan koneksi kami dapat mencarikan sepatu-sepatu tersebut,” sahutnya. Alhasil, boomboom.id kian menjadi rekomendasi bagi para kolektor sneakers.

Baca juga: Influencer dan Buzzer Lagi Ngetren, Ini Wadah Komunitasnya

Tidak melulu mengejar uang, Rey juga sangat concern dengan kegiatan sosial. Di tengah pandemi berkepanjangan ini, Rey berinisiasi  melakukan gerakan sosial #Boomboomcare, yaitu membagi-bagikan makanan dan minuman kepada para tenaga medis yang sedang berjuang di garda terdepan dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Rey tak mau berpuas diri dengan menjadi reseller sneakers. Ke depannya, dia akan membangun merek sendiri. Rey juga bakal meluncurkan sneakers berkualitas namun harga terjangkau.

Menurutnya, sekarang merek sepatu lokal sudah bisa diterima dan tidak dipandang sebelah mata lagi. “Bikin konten-konten menarik yang beda sama toko lain di pandemi fokus online. Visi ke depan kalau bisa jadi pemimpin pasar di dunia reseller sama bisa bikin kolaborasi yang unik yang belum pernah orang bikin dengan bawa nama Indonesia,” pungkasnya.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.