Demi Keamanan Penghuni, GPC Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran

0
2282

Marketing – Apartemen Green Pramuka City (GPC) bersama Dinas Penanggulangan Kebakaran dan penyelamatan Provinsi DKI Jakarta menggelar simulasi kebakaran dan evakuasi (fire Drill).

Head of Communications Green Pramuka City Lusida Sinaga mengatakan, simulasi ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan seluruh petugas dan penghuni apabila sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran sekaligus menguji sistem keamanan dan peringatan dini bencana yang ada di lingkungan apartemen.

“Kami berharap setelah simulasi ini dilakukan, para petugas dan penghuni tidak panik apabila menemukan indikasi api yang memicu kebakaran,” ujarnya.

Meski hanya simulasi kegiatan ini dilakukan secara serius melibatkan karyawan, dinas damkar dan penghuni.

Simulasi diawali dengan penyalaan efek asap di lantai 17 dan rooftop, kemudian pengerahan tim security untuk memadamkan apa dengan alat pemadam api ringan (APAR), dilanjutkan dengan hydrant gedung. Dalam simulasi ini, baik listrik maupun lift yang biasa digunakan penghuni tidak difungsikan mengikuti prosedur apabila terjadi bencana sesungguhnya.

Sistem Proteksi Kebakaran

Selain penanggulangan bencana kebakaran, apartemen Green Pramuka City dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran yang terdiri dari sprinkler, head detector, smoke detector, push button emergency call, tangga darurat, 75 tabung APAR dan 75 unit hydrant yang terpasang di setiap tower.

“Dalam satu kompleks termonitor dalam fire command centre yang selalu ada petugas yang memonitor selama 24 jam,” jelas Lusida Sinaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.