Dengan Samsung, Bisnis Jay-Z Tumbuh Pesat

0
866

Shawn Carter, Jay-Z

Kemitraan Jay-Z dengan Samsung untuk album terbarunya – Magna Carta Holy Grail – merupakan bukti bagaimana musisi tersebut berhasil menemukan cara baru untuk mendorong, menjual, dan mempromosikan musiknya. Ini juga membuktikan bagaimana ia terus meningkatkan popularitasnya menjadi sebuah merek yang sukses.

Jay-Z memberikan album terbarunya kepada satu juta pengguna ponsel Samsung Galaxy pada 4 Juli – tiga hari sebelum tanggal rilis resmi album tersebut. Jay-Z menyampaikan kabar tentang album keduabelasnya tersebut dalam sebuah iklan tiga menit selama final NBA berlangsung.

Kemitraan Jay-Z hanyalah cara lain bagi para musisi untuk mempromosikan musik mereka di tengah rendahnya penjualan album dan terus meningkatnya pasar digital dalam industri musik.

Menurut Jim Donio, Presiden National Association of Recording Merchandisers (NARM) dikutip bigstory.ap.org, “Jay-Z dan Taylor Swift memiliki kemampuan untuk meluncurkan album baru dengan cara yang spektakuler dengan berbagai mitra.”

Tahun 2011 lalu, Lady Gaga berhasil menjual 440 ribu kopi album Born This Way di Amazon dengan seharga 99 sen hanya dalam dua hari. Hal itu membantu Lady Gaga menjual 1,1 juta album hanya dalam waktu seminggu.

Taylor Swift salah satu yang musisi terlaris dalam industri musik. Ia berhasil meraih platinum keduanya melalui album Red hanya dalam tempo seminggu setelah peluncurannya tahun lalu. Hal itu didapatkan Swift berkat kemitraanya dengan Target, Walgreens, dan Papa John.

Kemitraan baru yang dilakukan oleh Jay-Z merupakan salah satu dari sekian banyak transaksi bisnis di industri musik. Rock Nation Agency – yang mengelola Rihanna, Shakira, dan musisi lainnya – baru-baru ini memperluas jangkauannya ke dunia olahraga. Tidak hanya industri musik, Jay-Z juga telah memasuki industri fashion.

Dia adalah seorang pencetak sukses yang konsisten dan seorang superstar yang berhasil melampaui industri musik itu sendiri. Itulah yang menjadi pertimbangan Samsung mau bermitra dengan dirinya.

Samsung tertinggal jauh dari Apple di pasar ponsel. Untuk memikat pelanggan baru, Samsung mengandalkan musik. Apalagi, pekan lalu, Apple baru saja mengumumkan debut iTunes Radio – layanan musik streaming.

Pertanyaannya adalah, akankah kesepakatan dengan Samsung menghasilkan 1 juta download di minggu pertama penjualan album tersebut? Kita tunggu saja.

Sumber: AP Photo: Gawker.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.