Dianggap Melakukan Kesalahan, Apple Didenda US$ 32,5 juta

0
759
Apple kena denda

Apple kena dendaApple dianggap telah melakukan sebuah kesalahan. Akibatnya, perusahaan teknologi yang berpusat di Silicon Valley, California itu pun diharuskan membayar denda sebanyak US$ 32,5 juta.

Diberitakan oleh Entrepreneur, kesalahan yang dilakukan Apple adalah karena membiarkan anak-anak mengunduh aplikasi berbayar pada i-device tanpa persetujuan orang tuanya.

“Bayangkan jika anak Anda membeli aplikasi hingga ribuan kali tanpa sepengetahuan Anda,” tulis Entrepreneur pada lamannya.

Dijelaskan pula, bahwa ada seorang anak perempuan yang menghabiskan uang hingga US$ 2.600 karena mengunduh aplikasi ‘Tap Pet Hotel’ berkali-kali.

Tidak hanya itu, bahkan banyak juga orang tua yang ikut melaporkan pembelian yang dianggap tidak sah. Beberapa diantara mereka rata-rata menghabiskan uang hingga US$ 500.

Akibatnya, FTC (Federal Trade Commission) lalu meminta Apple untuk mengembalikan uang yang telah dihabiskan para orang tua tersebut, dengan total anggaran sebesar US$ 32,5 juta. Lembaga independen yang didirikan oleh Undang-Undang Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat itu juga menganggap Apple bersalah karena membuat sistem yang terlalu mudah hingga dapat digunakan oleh anak-anak yang akhirnya membebankan orang tua dalam membayar tagihan dalam jumlah yang besar.

Kasus seperti ini sendiri bukanlah yang pertama terjadi. Pada tahun lalu, Apple terpaksa harus melunasi pembelian aplikasi yang dianggap tidak sah. Total, ada sekitar 37 ribu klaim yang mereka terima.

Untuk tahun ini sendiri, Apple memang sudah sepakat untuk mengganti rugi berbagai tuntutan tersebut. Hanya saja, FTC juga memerintahkan Apple untuk mengubah sistem dalam proses jual-beli di Apps Store. Setidaknya untuk lebih dipersulit dengan pemberian password atau otorisasi tertentu.

Pihak FTC yang ikut campur lantas membuat Apple sedikit kesal, pasalnya menurut Apple, kasus tersebut telah rampung.

“Rasanya tidak tepat bagi FTC untuk menuntut lebih dari kasus yang sudah diselesaikan,” tulis Tim Cook dalam sebuah surat yang diposting oleh 9to5mac.

“Namun, keputusan persetujuan FTC yang diusulkan (mempersulit pengunduhan aplikasi) belum kita setujui. Jadi kami memutuskan untuk menerimanya daripada mengambil pertarungan hukum yang panjang dan mengganggu ,” tambahnya.

Apakah Anda pernah mengalami kasus yang sama? Semoga saja tidak.

 

Sumber: Entrepreneur | Foto: Idsgn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.