DMC2014: Digital Marketing Indonesia Bergerak Lambat

IMG-20141126-WA0001

Digital adalah salah satu kanal teknologi, tapi lebih dari itu digital adalah strategi yang baik di masa yang akan datang.
Handi Irawan, CEO Frontier Consulting Group dalam sambutannya mengatakan bahwa potensi digital marketing di Indonesia mencapai 130 triliun.
Sayangnya, kata Handi, digital marketing di Indonesia bergerak sangat lambat, hanya 3-4% saja dari total 130 triliun potensinya. “Kita mungkin termasuk budget spending marketing-nya sangat kecil,” kata Handi.
Kenapa itu bisa terjadi? Menurut Handi, hal itu bisa terjadi mungkin diakibatkan dari banyaknya hal yang tidak diketahui, strategi yang tidak dipahami, atau knowledge dan skill terutama oleh para BOD atau CEO perusahaan di Indonesia.
Untuk itu, lanjut Handi, dengan menghadirkan Digital Marketing Conference 2014. “Kami ingin membangkitkan digital marketing di Indonesia dengan cara sharing knowledge dari negara-negara yang sudah lebih maju.”
Digital Marketing Conference kali ini tidak seperti 3 tahun terakhir. Di mana, saat ini para pembicara akan lebih banyak berbicara tentang Case Study dari kesuksesan perusahaan-perusahaan di luar negeri, bagaimana mereka bisa sukses membangun merek sekaligus revenue dari digital.
Banyak perusahaan yang memanfaatkan digital marketing untuk menciptakan awareness dan juga traffic. Tapi bagai mana caranya?

Target market

Sebelum terjun ke ranah digital, terlebih dahulu harus mengetahui siapa target market kita. Dari Social Media Award lalu, kata Handi, tidak semua industri sensitif kepada target marketnya. Ada juga beberapa industri yang conversation-nya tidak banyak. Tapi bagi industri, seperti food and beverage, otomotif dan fesyen, media sosial sangat sensitif dan menjadi alat terbaik.
“Mulailah dari siapa customer anda, baru membangun merek, ciptakan revenue, inovasi dan customer experience.

Strategi

Setelah target market dan tim tercipta, barulah menyiapkan strategi. Strategi yang dibuat harus jelas.
“Setelah target market, ciptakan strategi untuk mengembangkan tools-nya,” lanjut Handi. “Saya berharap, acara ini akan menjadi benchmark untuk satu inspirasi dan membangkitkan digital marketing di Indonesia.”

“Selamat menikmati seminar satu hari ini dan mendapatkan inspirasi. Cukup satu dua strategi saja yang bisa diaplikasikan dan membuat merek Anda menjadi lebih baik”, tutup Handi

1 COMMENT

  1. Berguna banget nih, pantes udah nyoba ke digital tapi nggak terlalu berimbas. Klo boleh tahu, klo mau belajar digital marketing secara detail di mana ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.