Dongkrak Program Melalui Pemilihan Duta

0
1108

www.marketing.co.id – Segala perubahan yang terjadi di era globalisasi telah membawa orangtua dan anak-anak menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah dalam bidang parenting. Ini diperkuat dengan kenyataan bahwa tidak ada sekolah untuk menjadi orangtua dan kebutuhan orangtua akan informasi mengenai parenting pun semakin meningkat di masa sekarang.

Di sinilah Dancow Parenting Center (DPC) dengan program terbarunya memperkenalkan Modul Raising a “Life-Ready” Generation.

“Sejak tahun 2004, Dancow Parenting Center sebagai bagian dari creating shared value ini berkomitmen menjadi mitra orangtua dalam mengoptimalkan tumbuh-kembang anak Indonesia. Kami ingin membantu orangtua mempersiapkan  kebutuhan nutrisi yang dipadu dengan pola asuh yang tepat sejak dini,” papar Pritha, Category Marketing Manager Dancow Growing-up Milk.

DPC merupakan kegiatan yang memberikan inspirasi dan pemberdayaan orangtua untuk membangun kompetensi individu dan kompetensi sosial anak agar siap menghadapi tantangan masa depan. Dia menambahkan, adanya program terbaru DPC ini semakin memperkuat misi Dancow dalam turut mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

“Orangtua dapat memperoleh pengetahuan Modul Raising a ‘Life-Ready’ Generation ini melalui kegiatan DPC, antara lain di booth DPC, Facebook, Twitter, dan situs DPC. Selain itu, ada pula program Duta DPC yang kali pertama diadakan tahun 2012 ini,” imbuh dia.

Pritha mencontohkan, misal kegiatan edukasi di booth DPC menyajikan sarana informasi bagi para ibu maupun permainan yang ditujukan bagi anak-anak, dimana setiap permainan yang ada disesuaikan dengan tingkat usia si anak sehingga tepat sasaran. Kemudian, di Facebook sendiri akan ada jadwal konsultasi langsung dengan beberapa pakar seperti Ratih Ibrahim dan lainnya.

Program Duta DPC sendiri akan mengundang 1.000 ibu sebagai semifinalis yang akan mewakili komunitasnya di lima kota besar, yakni Jabodetabek, Medan, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Kemudian, mereka akan mendapatkan pelatihan mengenai Modul Raising a ‘Life-Ready’ Generation bersama expert dalam sesi kelas Duta DPC.

“Pemilihan kota-kota tersebut dilatarbelakangi oleh jangkauan informasi yang dapat dilakukan maupun diserap oleh para  ibu sebagai target market Dancow. Kemudian, faktor lain yang memengaruhi adalah keterbatasan waktu bertemu antara ibu dan anak di kota besar sangatlah sedikit. Apalagi bagi para ibu yang bekerja,” papar Pritha.

Dia mengungkapkan, memang target yang disasar adalah para ibu yang memiliki anak usia 1 sampai 12 tahun. Adapun kriteria lain yang dibutuhkan untuk menjadi Duta DPC antara lain pendidikan minimum D3 serta memiliki komunitas meskipun dalam skala kecil. Ini bertujuan untuk memaksimalkan proses berbagi pengetahuan, melakukan pemberdayaan, dan dapat menerapkan modul kepada komunitasnya.

Setelah mendapatkan edukasi tersebut, para ibu dapat berbagi pengetahuan yang didapat kepada komunitas mereka. Selanjutnya, akan dipilih 30 finalis dan diperkecil lagi menjadi lima Duta DPC 2012. Adapun puncak acara akan diselenggarakan pada malam penganugerahan award bagi Duta DPC pada Desember 2012 mendatang.

“Bagi kami, tolok ukur keberhasilan program ini bisa dilihat dari sisi berbagi pengetahuan yang dilakukan oleh para ibu di dalam komunitasnya. Misal, berapa banyak orang yang terpapar dengan adanya modul ini.

Modul Raising a ‘Life-Ready’ Generation sendiri membahas dan mengupas berbagai informasi parentingdan memberikan edukasi bagi orangtua dalam mengantarkan putra-putrinya menjadi kebanggaan keluarga. Adapun cakupan pembahasan meliputi parents ready dan life-ready kid. Setiap modul diasuh oleh para pakar yang mempunyai keahlian di bidangnya masing-masing.

“Dalam membuat program-program, kami selalu berkonsultasi dengan beberapa pakar terkait. Tujuannya adalah agar materi yang disampaikan relevan dan tepat. Misal, ketika meluncurkan VCD selain berkonsultasi dengan pakar,  pemilihan materi pun dipertimbangkan,” ungkap Pritha.

Dia menambahkan, sejauh ini semua program yang diselenggarakan Dancow melalui Dancow Parenting Center memberikan hasil kinerja yang memuaskan. Buktinya, para orangtua menyambut baik kehadiran DPC—baik secara fisik maupun materi-materi di dalamnya. “Kami akan selalu melakukan inovasi, tak hanya dari produk tapi juga program-program yang akan digelar di masa mendatang,” pungkas dia. (Fisamawati)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.